Review Laptop ASUS A455L Series

ASUS A455LD
Gambar Gue comot dari Kaskus

LhaGeek.com – Entah apa yang menjadi alasan bagi orang-orang ingin mencari laptop ASUS. Tapi menurut gue, ini dikarenakan efek tren dan pasar. Ketika ada beberapa orang puas dengan salah satu brand laptop, maka ia akan share ke orang lain dan itu memberikan sugesti pada orang tersebut untuk menjadikan brand tersebut yang terbaik di eranya.

Nah, kali ini gue mau nyeritain review singkat dari laptop ASUS A455L Series lebih tepatnya ASUS A455LD Core i3.

Gue pilih laptop ini karena kebetulan beberapa bulan yang lalu beli laptop ini yang sesuai sama budget gue. Overall setelah menggunakan selama kurang lebih 5 bulan, hasilnya cukup puas meskipun ada sedikit kekurangannya.

Oke, di artikel kali ini gue mau ngejelasin kelebihan sama kekurangannya. Perlu kalian ingat, ini bukan artikel promosi, its just my experience….

Desain Body & Layar

Menurut gue, desain body dari ASUS A455LD ini cukup ringan. Bahannya tidak terbuat dari besi, kalau besi ya nyetrum lah, ahhaha. Kayaknya bahannya semacam plastik gitu. So, nggak bikin berat laptop ini. Ukuran ketebalannya juga tipis, meskipun nggak tipis-tipis amat. Beratnya sekitar 2,3 kg saja.

Tapi menurut gue, body di bagian board keyboard tidak terlalu bagus. Maksudnya gini, baru gue pakai 5 bulan cat dibagian pinggiran udah mulai pudar.

Di ASUS A455LD ini memiliki ukuran layar 14″ LED Slim HD Glossy. Karena pengguna gue cuma untuk blogging, dan desain standar jadi sudah cukup oke lah.

Performa

Gue nggak bisa ngasih info performa detailnya seperti dengan test ini itulah. Tapi menurut pengalaman gue, dengan prosesor Intel Core i3-4030U kecepatan 1.9GHz sudah sangat cukup. Sayangnya, laptop ini cuma dibekali RAM 2GB saja yang sudah On Board. Jadinya dulu gue langsung beli RAM tambahan sebesar 4 GB. Total RAM di laptop gue jadi 6GB. Owh ya, buat kalian yang mau upgrade pastikan memilih tipe RAM DDR3L (Low Voltage). Di laptop ini cuma ada 1 slot SODIMM DDR3L saja buat upgrade, agak kecewa…

Back - ASUS A455LD
Gambar Gue comot dari Kaskus

Grafisnya juga sudah dibekali GPU dari NVIDIA GeForce 820M 2GB. Dan sudah gue test buat main game PES 2015, Counter Strike, hasilnya lancar. Soalnya gue bukan anak gamer, ngegame cuma buat refreshing kalau pas blogging aja.

Baca juga: Kamu Game Geek? Pakai Notebook Khusus Untuk Gamers Ini

Hard Disk

Asus A455LD ini memakai HDD merek WDC 500GB. Untuk masalah harddisk, gue punya uneg-uneg di laptop ASUS yang satu ini. Jadi, akhir-akhir ini ketika dipakai tiba-tiba musik “krik” sekali gitu. Nggak tau itu gara-gara apa, yang jelas sumbernya dari harddisk.

Baca juga:  Fitur & Spesifikasi ASUS ROG G752VS, Laptop Gaming ASUS Berteknologi Virtual Reality

Dan suara harddisknya kalau didengarkan lebih dekat, nggak bisa senyap. Gue nggak tau ini normal apa nggak. Tapi dari review-review Kaskusers, ada yang bilang kalau ini termasuk ‘masalah’ di laptop ini.

Sebenere gue pengen ganti pakai SSD. Bukan ganti sih, tapi nambahi pakai SSD. Jadi nanti HDD nya ditaruh di slot DVD-RAM Drive, sedangkan SSD nya ditaruh ditempat HDD nya. Tapi resikonya DVD-RAM mesti dilepas, dan nggak tau ini bakal menghanguskan garansi apa nggak.

Laptop Asus A455LD ini gue install pakai Windows 10 OS. Performa harddisknya oke sih, dalam artinya ketika buka folder-folder gitu nggak lemot, mungkin karena masih baru juga dan kapasitas juga belum banyak.

Baterai

Seperti pada laptop ASUS tipe kekinian, ASUS tipe ini menggunakan baterai non-removable. Yang artinya baterai sudah ditanam di dalam board, kita nggak bisa lepas comot baterainya. Bisa sih, tapi mesti bongkar body laptop. Baterai Laptop ASUS A455LD ini memakai baterai Li-Po 2 Cells 2950 mAh 37 Wh.

Daya tahannya cukup baik. Jika hanya digunakan browsing, bisa mencapai 3-4 jam.

ASUS sendiri menawarkan daya tahan baterai yang lebih efisien karena telah didukung dengan fitur Extended Battery Lifespan yang membuat baterai lebih tahan lama.

Kelengkapan Lainnya

Di laptop ini memiliki kelengkapan port-port yang cukup lengkap, seperti 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, port VGA, HDMI, RJ-45, SD Card Reader , 1x Combo Audio Jack. Sayangnya untuk 2x USB 2.0, letaknya terlalu dekat. Jadinya kalau gue mau pasang dua flasdisk yang ukurannya agak lebar nggak bisa dimasukkan bersamaan, karena bakal nggak muat.

Di laptop ini juga sudah ada fitur nirkabel seperti Bluetooth 4.0+HS, Wireless, dan Ethernet.

Keyboard - ASUS A455LD
Gambar Gue comot dari Kaskus

Bagian keyboard gue suka, modelnya kayak make Mac. :D Lumayan empuk juga, tapi kalau buat ngetik cepat masih terdengar suara ‘cetak-cetak’. Nah, di bagian keyboard ini nggak ada indikator lampu buat caps lock nya. Jadi kalau gue mencet tombol caps lock nggak ada indikator itu dalam posisi apa.

Jadi menurut gue, Laptop ASUS A455LD ini memang dikhususkan untuk orang awam yang punya sedikit kesibukan dengan urusan desain grafis. Kelas menengah bawah lah, harganya pun cuma sekitar Rp 6 Juta.

Ya lumayan lah buat urusan ngetik, browsing, desain pakai Corel, Photoshop, dan ngegame PES. Intinya gue syukuri aja udah bisa beli laptop ini, yang penting kerjaan gue lancar. :)) Moga aja next time bisa keturutan beli Macbook. Aamiiin.

Similar Posts

60 Comments

  1. “Sebenere gue pengen ganti pakai SSD. Bukan ganti sih, tapi nambahi pakai SSD. Jadi nanti HDD nya ditaruh di slot DVD-RAM Drive, sedangkan SSD nya ditaruh ditempat HDD nya. Tapi resikonya DVD-RAM mesti dilepas, dan nggak tau ini bakal menghanguskan garansi apa nggak.”

    ane juga pengen nambah ssd.. apa benar bisa gan?
    soalnya kemarin aku tanya sc pas ganti keyboard katanya a bisa

    1. Bisa aja… tinggal beli HDD Caddy. Tapi jangan sampai salah pilih, ada dua model HDD Caddy, yang buat laptop tipis sama laptop tebel. Soal ini diskusikan dengan penjualnya aja. hahha.

      Kalau masih garansi, setahu saya nanti bisa menghanguskan garansi. Soalnya kan nanti laptop dibongkar….

      1. gan,, mu nanya,, Laptop ku asus A455L, knapa ya isi charge ga full2,, pling pngisiannya cmn 92%,, itu ga naik2 lgi,, pdahal pas beli,, pngisiannya 6 jm lbih lptop dimatiin seperti biasa,, itu knapa ya?

  2. Gan .. mao tanya klo di spesifikasinya kan ada bluetooth, tapi punya ane kok gak bisa add yah .. apa harus pake bluetooth external ?

  3. mau tanya min
    laptop asus a455l core i5 sy bermasalah hardisk bad sector, minta solusi min, hardisk type dan merk apa yg harus sy beli, sekalian cantumin harga nya min, yg 500gb. pusing ini mau digaransikan tapi nota pembelian dan buku garansi nya hilang

    1. Yang jelas beli yang 2,5 inci, karena itu buat laptop. Masalah merek, tergantung selera. Bisa seagate, hitachi, WD, toshiba.

        1. Yang namanya kipas muter ya pasti ada suaranya, tetapi sudah cukup hening. Kecuali pas lagi banyak proses yang berjalan.

  4. Gan , ane make laptop A455L , udah ada 1,9 tahun make , kemaren tuh tiba2 Ood/Dvd rom ane macet , kagak bisa keluar tuh kaset dvd nya, terus udh di coba akhirnya keluar juga kaset dvd nya, pas ane masukin lg kaset dvd nya lg eh jadi kagak kebaca uh kaset dvd ( gk running) , itu rusak yah gan dvd rom nya ? Kalau rusak bisa dibenerin ga atau harus ganti ? Merk dvd rom yg cocok dan awet buat laptop A445L apa ya gan ?

    1. Jujur gan, ane kagak tau kalau soal itu :D Bending dibawa ke Service Center saja kalau masih garansi.

  5. Gan, saya make A455L juga. tapi klo make lagi dicolok cargernya sering nyetrum gitu. ini masalahnya dimana ya gan?

    1. yang nyetrum laptopnya apa pas nyoloknya kesetrum? Wah jangan2 ada yang bocor tuh, atau mungkin arusnya besar. coba pakai stavolt kak.

  6. Mau nanya ni
    Klau misalnya bunyi kipasnya gede bnget itu emng atau bermasalah?
    Trus kadang klah udh di matikan ad bunyi “Krek” gtu sebelum padam
    Itu normal atau bermasalah?

  7. Mau nanya niii
    Untuk A455LD-WX105D pake harddiks bawaan nya merek apa ya. Disuruh beli sendiri sama sc katanya biar lebih murah. Takutnya salah beli dan ga cocok tolong infonya heheh

  8. Saya juga pengguna asus A455L, 10 bulan pemakaian, dan ada kejadian lampu indikator powery hidup tapi layar mati, itu kenapa ya? Apakah ada saran untuk perawatan lama penggunaan baterai agar awet?

    Terima kasih

  9. agan, mohon penjelasannya, apa bedanya Asus A455L series, dengan A455LD, A455LJ, A455LN?
    soalnya saya bingung mau download driver lewat website resminya Asus. mana yang harus saya pilih?

    setelah membaca artikel agan, sepertinya laptop saya mirip dengan punya agan.

    untuk itu mohon penjelasannya, karena bingung terhadap driver tsb

    1. Tidak ada batasannya. Lebih bagus di tambah SSD. Nantinya SSD digunakan untuk menaruh drive system & aplikasi, sedangkan HDD untuk data-data. Penempatannya, SSD ditaruh di tempat HDD, sedangkan HDD ditaruh di tempat CD-Room menggunakan HDD Caddy

      1. berarti dvdnya harus pakai yang external??pemasangannya harus ke service centernya ato bisa k reparasi laptop biasa?kalo ram penambahannya cuma bias 1 slot 8gb yah?g bisa16?

        1. Yoi, konsekuensinya adalah DVD-ROM harus dilepas. Kalau mau pakai tinggal beli kabel USB to DVD supaya bisa digunakan secara eksternal. Kalau bisa bongkar laptop, pasang sendiri lebih enak (nggak harus bayar). Tapi kalau nggak pernah bongkar laptop dan takut rusak, bawa ke service center (tapi ya bayar bos, jangan tanya bayar berapa, soalnya nggak pernah ke SC).

          ASUS A455LD karena pakai Intel Core i3-4030U seharusnya maksimal bisa 16GB.

  10. Nemu juga artikel yg bahas a455l, laptop kita samaan, sdh 4 tahun pakai ni laptop, Alhamdulillah sampai skrang awet, cuma sdh lemot diajak editing render, sering not responding. Ramnya juga 6gb hehe, dan yg agak ganggu harddisknya berisik, suara krik krik, tapi status hardisk sehat² saja … Rencana mau tambah ssd dan ram 8gb …

  11. Laptop saya jg A455L,mau nanya ni laptop saya casing ny patah pas di engsel nya,jdi pas buka tutup laptop harus di tahan yg bagian engsel nya,kira” bisa ga casing nya di ganti?

  12. Bang laptop saya asusA455Ltapi ko batre nya boros ya cuma bertahan sejam dua jam langsung abis… Itu kenapa ya

  13. Gan mau nanya, saya pas mau upgrade ram. Tapi ram nya ga kedetek ya. Semula 2GB pengen tambah 4GB DDR3L, dah cba 10 toko gabisa semua

    1. Laptop merek apapun yang namanya prosesor itu nggak bisa diupgrade bosku. Kecuali agan pakai komputer PC, terserah deh mau upgrade prosesor

  14. Gan punya ane asus a455l core i5 ram 4gb. Ane beli samsung evo 870 2,5 sata 3 yg 500gb itu bener ya gan buat di laptop ini? Terus kalo mau upgrade ram harus DDR3 atau DDR3L? Maks ram 8gb juga ya? maaf banyak tanya gan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *