Ini Manfaatnya Kalau Kamu Punya Modem MiFi

Modem MiFi 4G

Masih pakai modem usb untuk internetan? Ah sudah nggak jaman. Sekarang itu jamannya pakai Modem MiFi 4G.

Aku sendiri sudah beberapa bulan ini menggunakan modem MiFi 4G dan ternyata banyak sekali manfaatnya daripada pakai modem usb yang harus dicolok ke laptop itu.

Tapi, kamu sudah tahu modem MiFi itu kan? Itu lho modem yang pakai baterai, nanti konektivitasnya pakai jaringan wifi. Jadi semacam wifi berjalan gitu deh nantinya. Tapi kalau mau dicolok ke laptop juga bisa kok. Ya memang bisa sih, soalnya kalau baterainya dah habis ya perlu dicolok ke laptop untuk di charger ulang.

Nah, pakai modem MiFi itu banyak sekali manfaatnya. Dari pengalaman ku, ada beberapa manfaat yang bisa didapat setelah menggunakan modem MiFi.

Modem MiFi 4G

1. Satu Alat Bisa Untuk Banyak Device

Iya, pakai modem MiFi ini bisa digunakan untuk banyak device. Karena internetnya dipancarkan melalui jaringan wifi. Mifi tinggal dihidupkan dan bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat, seperti laptop, tablet, dan tentunya smartphone. Jadi lebih efisien kan.

Baca juga : Test Kecepatan Internet Live.On Digital Provider dari XL

2. Hemat Biaya Internet

Bayangkan jika koneksi untuk laptop menggunakan modem usb, berarti harus ada kartu untuk internet sendiri. Karena nggak bisa dishare otomatis smartphone juga harus didaftarin paket internet sendiri juga. Belum lagi kalau punya pakai smartphone. Pastinya bikin boros biaya internet. Nah kalau sudah punya modem MiFi, pakai satu modem saja sudah bisa berbagai perangkat. Toh tidak semua perangkat kadang dipakai bersamaan. Jadinya lebih hebat biaya internet.

Baca juga:  Cara Bypass MiFi Supaya Bisa Digunakan Tanpa Baterai

Aku sendiri sekarang cuma isi paket internet yang ada di modem MiFi saja. Kalau dulu sebelum pakai MiFi, tiap perangkat aku isi paket data sendiri-sendiri, boros deh.

3. Hemat Baterai Smartphone

Nah, karena smartphone ku sekarang pakai internet dari MiFi, otomatis pakainya jaringan wifi terus. Efeknya sangat terasa dikonsumsi baterai. Internetan pakai jaringan wifi lebih hemat baterai katimbang pakai jaringan mobile. Dan smartphone juga nggak panas. Biasanya kalau pakai jaringan mobile , baterai malah jadi panas, soalnya nyari penggunaan sinyal meningkat.

4. Lebih Mobile dan Nggak Ribet

Aku kalau kemana gitu, pas bawa laptop, kalau butuh internet ya tinggal nyalain laptop koneksikan dengan jaringan internet mifi. Intinya lebih praktis dan nggak ribet. Kalau pakai modem usb itu harus nancepin modem, dan nggak nyaman malahan.

5. Bisa Berbagi

Modem MiFi ini bisa digunakan untuk banyak user. Ada yang bisa sampai 32 user, keren kan. Jadi kalau aku pas maen ke mana gitu, terus ada temen yang butuh koneksi ya tinggal pakai koneksi ku saja. Kita pun bisa saling berbagi koneksi dengan mudah kalau pakai MiFi.

Sekarang ini pun sudah banyak produk modem MiFi yang tersebar dipasaran. Saran aku kalau mau nyari, carilah yang sudah support 4G LTE. Soalnya kan sekarang jamannya juga sudah 4G.

Baca juga : Apakah Sinyal 4G Bikin Kuota Internet Cepat Habis?

Sebagai informasi saja, biasanya modem MiFi bisa digunakan selama kurang lebih 5-6 jam. Tapi ya tergantung kapasitas baterai masing-masing mifi nya. Kalau mifi yang aku punya, bisa sampai segitu. Nanti kalau habis ya tinggal colok ke laptop saja atau powerbank. :)

Gimana? Sudah pakai Modem MiFi? Banyak kan manfaatnya.

Similar Posts

90 Comments

    1. Relatif mas, trgantung merk dan provider, ada yang Rp 300rb, ada yang 400rb, ada yang 600rb :)

        1. Kak mau tanya.?modem wifi itu kn di isi pakek kuota.sama hal ya dngan smartphone
          Kmungkinan lbih irit pakek modem wifi atau lbih irit pakek kartu.
          Trus klau wifi rumah kn bayar ya skali dlam 1 bulan bisa buat apa saja tapi bayar ya ttap.g di pakek juga ttep bayar klau modem wifi sistem ya gitu gak sih?

          1. Irit atau tidak itu bukan pengaruh menggunakan modem wifi atau smartphone, itu tergantung dari penggunaanmu.

            Masalah pembayaran itu tergantung kamu beli paket internet provider seluler apa. Sama saja seperti kamu beli paket internet di smartphone. Sepertinya kamu perlu memahami dulu MiFi itu apa.

        1. Mifi bisa digunakan untuk semua provider seluler. Kecuali mifi yang sudah dibundling sama salah satu provider, biasanya dilock buat provider itu saja. Tergantung jenis CCTV nya.

    1. Beli saja yang bisa buat All Operator, jadi nanti bisa ganti-ganti kartu sesuai layanan paket data masing-masing.

  1. Yang ane tau klau mifi yg lumayan lama tahan batrenya itu modem andromax, bsa thn smpai 15 jam hehe cuma kekurangannya mah ga bisa all operator

      1. iya bener min apalagi kalo dibuat tethering laptop atau perangkat lain dalam jumlah (banyak),jadi agak sedikit lemot mending pakai mifi

    1. tanya gan, itu mifi juga butuh jaringan 4g gitu? kalo misalnya didaerah ane blm ada sinyal 4g gmn ya

      1. Gan, Mifi itu adalah Mobile Wifi. Di dalam perangkat mifi itu nanti ada slot untuk SIM CARD (buat kartu Indosat, 3, Telkomsel, dll). Mifi ini hanya perangkat yang berfungsi untuk menyebarkan sinyal provider seluler menjadi WiFi. Mudahnya seperti ketika kamu melakukan tethering di smartphone kamu. Apakah sudah paham gan?

  2. Gan mau nanya nih,
    Klo di daerah kita jaringan yg terkuat smarfren trus para device nya beda2 operator ,mifi tsb bisa dikoneksikan ga?

    1. Di desa temen saya kan susah sinyal ,pake kartu apa aja sinyal nya jelek ,kalau pake mifi apakah sinyalnya bisa lancar ,kayak sprti psang wifi gan

      1. MIFI tidak memperkuat sinyal. MIFI hanya berfungsi untuk menyebarkan sinyal jaringan data dari provider seluler ke jaringan wireless (wifi). Semoga paham ya.

    1. Ya tinggal penggunaanmu. Kalau harga paket internetnya sendiri ya tinggal mau pakai dari provider apa? Indosat kah, Telkomsel, XL, Three atau Smartfren. Semua ada paket internetnya sendiri-sendiri dan silakan disesuaikan dengan penggunaan

  3. kk mau tanya, pake mifi itu kartunya khusus untuk mifi atau bisa pake kartu apa aja? (yg all provider)
    misalnya, aku mau pake mifi tapi pengen pake kartu xl dan pake paketan xl yg sama kayak di hpku, bisa?

  4. Mau tanya gan modem Mifi yg bagus yg recommended bagi agan utk saya yg budget sekitar 500 an merek apa ya gan?

  5. Mas, mau tanya…
    Saya kan tinggalnya di desa yg agak terpencil dan susah jaringan internetnya.
    Jika saya memakai MiFi apakah jaringan internetnya lebih kuat daripada smartphone samsung J7 2016 yg saya pakai untuk sim card dg produk yg sama?
    Terima kasih…

    1. Perlu diketahui dulu, MiFi itu bukan penguat sinyal. MiFi (Modem WiFi) sama seperti modem-modem USB, cuma bedanya cara penyebaran jaringan ke klien menggunakan wifi, bukan dicolok lewat USB.

      Jadi masalah kekuatan sinyal, itu tergantung bagaimana kondisi sinyal di daerah kamu. Kalau mau meningkat jaringannya, beli MiFi atau Modem USB yang ada colokan antenanya, kemudian beli antena untuk modem tersebut.

  6. Saya mau tanya apakah bisa digunakan utk di cafe minimal kapasitas 50 pemakai. Cara mendapatkannya dimana mifi ini kalo di bandung? Terimakasih..

    1. Kurang efektif, mifi menggunakan simcard seluler, jaringannya provider seluler kadang naik turun. Dan beberapa mifi maksimal juga cuma bisa dipakai maks 30 user, ada yang kurang. Beli di toko komputer dan aksesoris banyak. Mifi itu ya semacam modem usb colokan, bedanya penyebaran jaringannya pakai wireless.

  7. saya mau tanya min mifi nya kan mifi 4g LTE tapi smartphone saya jaringan 3g terus saya tinggal nya di desa/pelosok yg notabene jaringan providernya masih suka lemot2 gimana min kasih penjelasan nya dong???…

    1. Ini minta penjelasan di bagian mananya ya? Setahu saya, MiFi 4G LTE itu juga bisa menangkap sinyal 3G. Jadi kalau di daerah mas adanya sinyal 3G, tetap bisa pakai MiFi. Seperti itu

  8. Nanya dobg bang, sebulan habis berapa ribu rupiah buat beli paket?? Memang sih jawabannya relatif, rata2 nya gituu?

    1. Kalau saya Rp 150rb. Dan itu tidak bisa diimplementasikan untuk kebutuhan kamu. Tiap pengguna punya kebutuhan beda-beda. Saya sendiri kerja 100% menggunakan internet, jadi dari pagi sampai malam, mifi on terus.

    1. Maaf, maaf banget nih. Apa tulisan saya di atas kurang jelas ya? Kan saya sudah tulis tuh manfaat dari MiFi. Mending mbaknya baca lagi dengan seksama dan dalam tempo yang jangan singkat bacanya. Supaya paham dan jelas.

    1. Iya, MiFi itu kan cuma perangkat untuk nyebarin sinyal internet dari provider selalu melalui WiFi. Jadi kamu nanti beli simcard provider seluler terus dipaketin, sama kayak maketin internet buat hp.

  9. mwu tanya mas.dtempatku 4gnya gak stabil,apakah ada perbedaan sekalipun hp bagus dan mifinya bagus..yg jd pertanyaan mifi it apakah bsa jd penguat sinyal??

    1. Mifi itu bukan perangkat penguat sinyal, tetapi untuk menyebarkan sinyal internet dari provider seluler jadi jaringan WiFi. Sistemnya sama seperti router.

    1. Sepertinya Bapak belum paham cara kerja mifi. MiFi itu hanya sebuah perangkat untuk menyebarkan jaringan seluler menjadi wifi. Di dalam mifi nanti dikasih simcard dari provider seluler seperti Indosat, Telkomsel, XL, dll.

      Jadi masalah bisa atau tidak dipakai itu tergantung dari kondisi sinyal yang ada di daerah tersebut. Kalau di daerah tersebut tidak ada sinyal provider seluler sama sekali ya tidak bisa digunakan. Kalau misalnya cuma ada Telkomsel, ya tinggal dipasangi simcard Telkomsel, dll

  10. minta saran gan, utk kantor kecil (dgn 3 staff), agar hemat pengeluaran, lebih hemat beli mifi plus kuota atau langganan biznet yg 300rbuan? terima kasih

  11. Kak kekuatan sinyal yg dihasilkan mifi dengan hp itu sama atau nggak, lebih kuat mana. Sekalipun frekuensi jaringanya sama. Misalnya sama” Cat7 nya lebih baik mifi atau hp atau sama baiknya

  12. Sy mau tanya klo mifinya di pakai untuk cafe dan untuk kra² 30 pemakai , bagai mana membuat paswordnya beda². Mohon pecerahan

    1. Saat ini belum ada MiFi yang bisa memiliki fitur seperti itu. Sebaiknya untuk cafe pakai router saja.

  13. soalnya di spesifikasi mifi kecepatan 100mbps.. cepetan mifi ya bang.. ketimbang jaringan hp.. misal nih klw mifi dipake banyak orang dengan mifi yg dipake satu orang. cepetan mana? alasannya

  14. MiFi itu ngrubah data seluler jadi wifi apa bukan? .trs apakah bisa buat nyambungin kamera fpv ke HP , tapi dit4t saya gak ada wifi , apakah bisa buat fpv an,?

  15. Mifi itu merubah data seluler/kuota menjadi WiFi apa bukan?….terus ,apakah mifi bisa buat nyambungin wifi kamera ke HP?…….., tapi di tempat saya gak ada jaringan WiFi, gimana,dan untuk kartunya apakah bisa pake kartu kuota ?……, terimakasih

  16. Kalo di hubungkan ke TL-MR3420 apakah bisa Admin ?
    Karen ingin memperkuat sinyal WIFI lagi . Terima Kasih

      1. Bang di daerah tempatq jaringannya 4G cuman lelet buat maen game on line pasti nge lag,kalo aq pakai mifi apa bisa memperkuat sinyal jaringannya ya?

        1. Mifi itu fungsinya untuk membuat jaringan provider agar bisa akses melalui wifi. Bukan untuk memperkuat sinyal provider. Kalau mau pengen kuat, pakai antena penguat sinyal

    1. Bisa saja karena sinyal provider yang digunakan kurang bagus, sehingga mifi bekerja berat buat nyari sinyal

      1. kak saya pengen make smartfren yg unlimited tapi di desa saya enggak ada signal smartfren nah kalok pake mifi yang andromax bisa kuat enggak bang signal nya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *