Ternyata Friendster.id Menggunakan Social Network Platform Yang Sudah Ada

Friendster ID

LhaGeek.com – Sudah mencoba mengakses dan mendaftar Friendster.id? Iya, social media yang lagi booming itu lho, yang dikira bagian dari Friendster.com itu.

Ternyata nih, Friendster.id dibuat bukan dari coding sendiri, tapi hanya menggunakan CMS (Content Manajement System) atau Social Network Platform yang dibeli di Codecanyon, situs yang menjual berbagai script untuk website.

Untuk bisa mendapatkan script yang dipakai Friendster.id ini ternyata gampang. Cukup akses Codecanyon.net lalu masuk ke kategori PHP Scripts > Social Networking. Di situ ada banyak pilihan script, dan yang digunakan Friendster.id adalah “WoWonder – The Ultimate PHP Social Network Platform“.

WoWonder - Social Network Platform

Apabila Anda lihat demonya, maka tampilannya sama persis dengan Friendster.id, cuma beda warna saja karena di Friendster.id sudah sedikit di custom.

Dengan mengetahui kalau Friendster.id ini ternyata memakai platform yang sudah ada, kebanggaan saya terhadap Friendster.id pun sedikit menurun. Karena kemarin setelah melihat dan membaca halaman “Tentang Kami” Friendster.id saya kira pembuatnya memang sengaja coding dari awal, ya meskipun dibuat seperti Facebook.

Baca juga: Siapa Dibalik Friendster.Id? Apakah Hanya Sekedar Mencatut Nama?

Tapi ternyata hari ini mendapatkan info dari teman jika Friendster.id menggunakan CMS yang sudah ada.

WoWonder - Social Network Platform
Tampilan Dashboard Admin – WoWonder Social Network Platform

Ini artinya, kalian pun bisa membuat hal sama. Tinggal membeli platform tersebut di Codecanyon.net, maka Anda sudah memiliki social media sendiri. Mudah ya :)

Sayangnya, platform ini berat menurut saya. Kemarin mencoba untuk like status kawan saja membutuhkan waktu sekitar 4-5 detik. Entah itu karena server yang dipakai Friendster.id atau karena kinerja script platform tersebut.

WoWonder - Social Network Platform

Padahal platform social media haruslah memiliki kinerja request sistem yang cepat. Soalnya di situ banyak sekali interaksi, kalau lemot tentu akan membuat pengguna tidak nyaman.

Baca juga:  Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Mudah Dihack

Jadi intinya, Friendster.id dibangun dengan menggunakan CMS/Social Network Platform yang bernama WoWonder – The Ultimate PHP Social Network Platform. Dan kamu pun juga bisa membuat seperti itu. :) Harga scriptnya pun cukup murah USD 45 atau sekitar Rp 600ribuan lah…

Similar Posts

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *