Cara Mengetahui Fitur Auto Cut-Off Baterai Laptop ASUS

Auto Cut-Off Baterai Laptop Asus
image via digitaltrends.com

Ketika kalian memiliki laptop, yang harus diperhatikan adalah cara pengisian ulang baterainya. Jangan sampai baterai laptop kalian menjadi overcharge yang akan berdampak pada penurunan umur baterai. Selain itu baterai laptop juga tidak bisa bertahan lama (baca: ngedropan).

Tapi untuk pengguna laptop ASUS nampaknya hal semacam itu tidak perlu dirisaukan lagi. Ini bukan pesan sponsor atau mempromosikan ASUS, tapi saya hanya sharing pengalaman pribadi saja. Kebetulan saya memakai laptop ASUS.

Nah, laptop ASUS yang saya pakai ini memiliki fitur Auto Cut-Off Baterai. Yang artinya adalah ketika laptop digunakan dalam keadaan dicharger jika sudah mencapai 100% maka secara otomatis akan memutus arus ke baterai, dan penggunaan daya dialihkan dari adaptor langsung. Sehingga ini tidak membuat laptop menjadi overcharge dan tetap aman digunakan sambil dicolok listrik meski sudah full.

Laptop ASUS yang saya gunakan adalah tipe A455L Series (A455LD-WX1110D). Baca : Review Laptop ASUS A455L Series

Saya rasa untuk laptop ASUS keluaran terbaru semuanya sudah ada fitur ini.

Tapi jika Anda masih ragu dan ingin mengetahuinya, bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

#1 Download dulu software Battery Care. Software ini nanti hanya untuk mengecek jika tidak ada daya yang masuk setelah fitur Auto Cut Off berjalan. Silahkan download di sini.

#2 Gunakan laptop sambil dicharger. Untuk bisa mengeceknya, silahkan gunakan laptop ASUS kalian sambil dicharger hingga kapasitas full. Kalau sudah full, jangan dilepas dulu.

#3 Arahkan kursor ke indikator baterai. Nah, jika kapasitas baterai sudah full, sekarang tinggal arahkan kursor ke atas indikator baterai. Maka jika laptop kalian ada fitur “Auto Cut-Off” akan muncul informasi “(plugged in, not charging)“. Jika muncul seperti ini, berarti laptop ASUS kalian ada fitur ini. Plugged in, not charging ini maksudnya adalah charger tetap hidup, tetapi tidak melakukan pengisian ulang baterai (not charging). Lhoh, jadi arus listrik dari charger kemana? Ya dialihkan ke laptop langsung, jadi laptop pakai daya dari adaptor langsung, bukan baterai. Jika charger dicabut, baru daya diambil dari baterai.

Baca juga:  Spesifikasi Mi Notebook Air, Laptop Pertamanya Xiaomi

Auto Cut-off Baterai laptop Asus

#4 Buka software Battery Care. Untuk lebih memastikan lagi, silahkan buka software Battery Care yang sudah didownload dan install di laptop kalian. Silahkan masuk ke bagian ‘Detailed Information‘ lalu perhatikan informasi tentang ‘Charge/discharge rate‘. Jika nilainya “0 W” artinya tidak daya yang masuk ke baterai, jadi fitur auto cut-off telah berfungsi.

Seperti itu cara mengetahui fitur Auto Cut-Off baterai laptop ASUS. Oh ya, sangat disarankan agar selalu menghubungkan baterai ke adaptop meskipun kapasitasnya masih full, ini untuk laptop ASUS aja lho ya. Soalnya dengan adanya fitur tersebut dan jenis baterai yang Lithium Polymer, justru akan membuat baterai lebih awet dan tahan lama.

Similar Posts

155 Comments

  1. gan terus kok punya ane tulisanya fully charged 100%, itu tandanya aktif nggak nggan auto cut nya

      1. nah yg gw sama kyk gini min .. gimana tuh .. bknnya klo kita mencabut charger dalam keadaan nyala .. bisa berakibat fatal ke batre dan komponen lainnya .. pernah baca sih jadi konslet

  2. gan punya ane udah plugin , not charging , tetapi saya cek di battery care , arus listrik masih masuk , jadi bukan 0 W , gmna gan??

  3. GAN PUNYA ANE PAS UDAH 100 persen malah fullcharge tulisannya. Terus ane cabut udah gt colok lagi,ttep full charge tulisannya. TAPI ANE CHECK BATTRE CARE GADA DAYA MASUK KE LAPTOP “0” itu aktif ttep?

  4. Gan laptop ane asus X455LA, charge/discharge rate 0 W setelah 100%, tapi “fully charged” bkn “plugin, not charging”…..kira2 auto cutoff ny aktif g ??

  5. gan kalo charge/ discharge nya +3.0W dan tapi “fully charged” bukan “plugged in, not charging” gomana ya gan?

    1. Ya wajar. kalau sudah “plugged in, not charging” tapi charge/discharge nya nggak 0 W, itu yang tidak wajar.

  6. Gan mau nanya, ane laptop asus a455ld di charger udah 100% tapi di battery care masih ada +1.1w gimana yah ? Kalau di logo battery ada tulisan not charge

  7. Gan, ane baru beli laptop 3 hari, cuma wear lifenya udah 8,3% aja. Berarti kenapa ya gan? Terus bisa dikurangi ga?

  8. Gan punya ane Asus Seriea a455l (X455LAB). Bener gan punya ane ada tulisan Plugged in, not charging.
    Tapi yakin gan kalau ane Pakai sambil di charging ga bakal ada masalah terhadap baterai, dan malah menambah daya awet baterai?. Keseringan saya Charging + nge Game gan.

  9. gan ane baru pake laptop asus ane kurang dari sebulan, awalnya kalo udah full charge 100% status batrenya langsung berubah jadi “Plugged In, not Charging”. Terus ini sekarang kalau sudah full 100% statusnya tetep aja “fully charged” dan tidak berubah ke “Plugged In, not Charging”.
    Gimana cara ngatasi ini gan..plis help.. oh iya laptop ane asus a456uq.

    1. Sebenarnya sih tidak masalah. Coba pas Fully Charged di cek pakai battery care, nanti charger/discharger nya berapa, kalau 0 W, nggak masalah.

      Kalau mau berubah ke plugged in, not charging, bisa dilepas dulu chargernya, kalau udah < 100% bisa ditancap lagi…. terus cek…

      1. kalau saya sudah melakukan seperti ini tapi tetap tertulis 99% available (plugged in) gimana ya gan? apakah aman? kalau dulu saya pakai bisa plugged in, not charging, sekarang sudah tidak bisa lagi.

  10. gan, punya ane asus X450JB.. setelah ane charge sampai 100% trus ane lepas chargernya hingga baterai 97% kemudian ane charge lagi.. tulisannya memang plugged in, not charging. battery status di baterrycare juga full charge tapi charge/discharge rate nya -13.2W.. itu maksudnya apa ya gan?

    1. Charge/discharge Rate: Apabila baterai Anda belum penuh dan dalam kondisi charge, nilai ini menunjukkan berapa daya yang mengalir yang mengisi baterai Anda. Yang perlu Anda waspadai adalah ketika baterai Anda telah penuh, jika nilai rate ini masih berada pada nilai pengisian normal (tidak mengecil atau tidak nol), maka berarti laptop Anda tidak dilengkapi dengan pengalih arus otomatis. Bila pengisian diteruskan, maka bisa merusak baterai karena akan membuat baterai menjadi over capacity.

      1. Makasih gan balasannya..
        Tadi pas 100% nilainya 1.1W gan kalo gak salah.. sekarang udah gak bisa akses laptop lagi soalnya, besok deh ane cek lagi gan. Trims

  11. gan…lptp sya asus x450jb…baterai masih 88%, tp udh plug in not charging…itu gra2 auto cut off nya atau baterai lptop ny yg udh rusak gan?…status d batrai care nya 0 W..

    1. Seperti sudah ada auto cut off nya. Maaf belum pernah pegang laptop seri ini jadi tidak pernah kasih kepastiannya

  12. Mau tanya. Laptopku asus k401lb, pertama beli daya batre kira bisa sampe 5-6 jam. Trs skg jdi cm 3 jam-an. Pdhl setiap memakai laptop saya selalu sambil cas. Umur laptop udh 6 bulanan.
    Apa mmg sperti itu ya?
    Trims

    1. Perlu diketahui, daya tahan baterai bukan hanya soal berapa lama umur laptopnya, tapi juga pengaruh dari penggunaan aplikasi atau aplikasi yang terinstall dan berjalan. Semakin banyak aplikasi background yang berjalan, maka juga berdampak pada penurunan daya tahan baterai. Wajar jika waktu pertama kali beli bisa sampai 6 jam. Karena waktu itu belum banyak aplikasi yang terinstall dan penggunaan juga belum tinggi.

      1. bang.. kalau baterai jenis li-ion.. bisa berfungsi ga bang.. Auto Cut-Off Baterainya ?.. trnyata yang saya punya baterai jenis li-ion type x200ca bukan li-po

        1. X200CA itu netbook kan ya, sepertinya sudah. Ya dicek aja, kalau muncul “Plugged in, not charging” ya berarti ada auto-cut off nya

        2. Gan mohon pencerahan nya Mode auto cut aku ud beberpa kali aku cek kok keterangan nya avaiable plug in. Ud tes cabut dan colok lagi malah isi daya dari 96% – 100% padahal device nya ada keterangan acpi.. Ini pengaruh apa ya.. Laptop lenovo ideapad 110 amd a9 gan…

  13. punya saya juga asus a455l tapi kok gak sama ya ini ada ss nya
    Apa tidak apa-apa tapi di notif batrai saat 98% dan saya cokokkan chargernya Plugged in, not charging

  14. gan laptop saya merek asus a455l intel core i3 ram 4gb saya kan sering main dota sampai berjam2 biasanya dari malam sampai pagi pakai laptop ini klo saya charger dari malam sampai pagi gpp gk gan? tapi keadaan auto cut udh nyala gan sudah saya check di ikon baterainya dalam keadaan not charger dan di batterycare daya yang masuk 0w? mohon pencerahan nya dan kada om saya laptop apapu klo d charger lebih dari 4 jam bisa overcharger atau drop .. gmana ni gan

    1. Iya, bisa overcharger dan membuat baterai tdk awet, TETAPI jika laptop tidak ada fitur auto cut off baterainya. Nah, karena laptop yang kamu pakai ada fitur auto cut off nya, jadi aman.

  15. gan punya ane asus A455L core i3 tapi pas saya lihat baterai 99% tapi discharger gak 0 W, gmna gan ? ada gak fitur auto cut nya? tapi ane masih bingung laptop agan kan sama dgn saya tapi kok gak 0 W dischargernya?

  16. Gan, laptop saya asus X455DG, kan baterai tanam. waktu saya arahkan ke indikator dia tertulis full charge aja. Apakah laptopnya ada fungsi auto cut off nya? Makasih

  17. Jangan di download baterry cecknya, entar kalo diinstal kna adds dowmloader/malware, walupun udah di disagre instal yg laen , kalo udah kna malah repot kayak ane

  18. hal paling gampang untuk cek laptop kalian ada fitur auto cut atau gak tanpa perlu instal software. pergi ke device manager, trus klik batteries nah kalau ada Microsoft ACPI-Compliant control method battery tanda nya ada auto cut nya :)

    1. wah thx info gan, ane jadi lebih santai :v karena di win 10 RS update malah fully charged mulu klw full, beda sebelum update di build 10240 bisa ada tulisan not charging

  19. Gan, laptop ane udah 100% dan tulisannya plug in, charging, tp wkt ane cek charge/discharge 0 w, brrti auto cut off nya udah jalan ya?

  20. gan ane mke asus rog.. ane bingung… baterai laptop ane dah dicharge teruss tapi mentok nya hanya sampai 88%… gak mau naik lagi smnjak kmrin.. dan tertulis charging…. teruss gimana ya gan biar bsa 100% lagi pada baterai nya… ane takut baterai ane ke charge terus dan jadi bocor krna cmn mentok 88% dan tulisannya charging…

  21. Gan laptop saya (asus a455l), dalam posisi on dan dicharger tapi kipasnya kurang stabil, kadang normal sekitar 2600an RPM kemudian seteah 30detik langsung muter kencang sampai 3800an RPM setelah beberapa detik turun lagi sampai 2600an RPM…. kalo tanpa dicharger kipasnya stabil di 2600an RPM…
    kira2 ini normal, atau gimana ya ???

      1. tapi ini dalam posisi nge-charge, dan gak buka aplikasi apa2.. perputarannya naik turun kadang cepat, kadang lambat dan durasinya hanya berselang beberapa detik..
        Tapi kalau dalam posisi daya Baterai, walaupun buka browser dll, kecepatannya stabil di 2600an RPM.

  22. bang kalo kena cutoff di 59 persen gimna tdi wa sudah saya habisin 30 persen terus saya charge mlah stuck lgi di 59 apa perlu di habisin sampe 0

  23. Gan…saya mau tanya…saya punya NoteBook Asus bateraynya 0% tulisannya plugged in. saat casnya dicabut Notebook langsung mati. mohon bantuannya. terima kasih banyak.

  24. Mantab mhanx , bermanfaat infonya. Lenovo 320 14IKB ada ternyata, jadi bisa nambahin info ke temen” yg biasanya ngeyel kalo cas tanpa batre lebih baik dari ngecharge pake batre pas main game / usage yang intensif.

  25. Gan, baterai laptop saya stuck di 89, notifny plugged in, charging. Kira-kira masalah dmn ya? Sblumnya masih bs nympe 90an 100 gitu, tpi skrg stuck disitu.
    Note : Info scpatny bagi yang pernah mengalami ini dan cara ngatasin, saya tidak mw ke SC sblum cek scara pribadi.

  26. Gan mohon bantuanya laptop ane gak tau kenapa, waktu di cas baterainya ada tulisan plugin, charging. Tapi kok batrainya gak nambah ya padahal udah di cas semalaman ,tetep di 0%. Maka dari itu laptop ane gak ada daya baterainya soalnya kalo di cas tetep aja gak nambah, terus waktu aku cabut cas nya , laptop nya langsung mati,. Tapi saat kondisi mati, laptop ane cas dan bisa nyala tapi baterainya gak nambah. Ane gunain untuk nonton video, eh layarnya mati tapi masih ada suara video yang lagi ane putar, ane pikir ini mungkin karena baterainya 0% jadi gak kuat, solusinya gimana gan, plis. Laptop saya asus x452. Mohon bantuanya,

  27. Gan laptob asus x441uv saya lupa cabut cas semalaman, gimana tu gan ? Katanya kan arus langsung mengalir ke laptob ketika batery penuh, nah ketika laptob tidak digunakan apakah akan merusak laptob ataupun bateraynya gan ?

  28. gan laptop x441uv batre saya sudah 99% dan tidak mau mentok ke 100% tapi dibacaan nya itu (plugged in, charging), kenapa gak (plugged not charging) ya ? terus saya lihat battery care itu aliran listrik nya masuk terus ke batre tapi kapasitas nya ga nambah sampai maksimum misal 32000 (maksimum) cuma mentok di 31203

  29. Gan, ini kenapa ya, padahal udah ada tulisan 98% (colok masuk, tidak mengisi daya), tpi Charge/discharge rate nya -5.3 W, gak 0 W, ini kenapa yaa ?

    Nt: laptop saya pake bahasa indo

  30. gan mau tanya, charge/discharge rate di battery care laptop ane 0 W
    tapi ketika pointer digeser ke ikon battery laptop, tulisaanya “96% available (plugged, charging)” .
    nah kenapa gak not charging ya gan? padahal charge/discharge di battery care 0 W ? mohon pencerahannya gan..

  31. punya saya wear levelnya 12% apa itu normal? klo lebih tinggi lagi dampak nya apa sama laptop saya? asus a456ur-kabylake

  32. punya saya itu setelah baterai mencapai 61%,dia gak ngecas lagi. tulisannya “plugged in, not charging” itu gimana cara ngubahnya ya biar bisa penuh sampe 100%?

  33. Asus A455L. Batre 99% udah saya lepas dan saya colok lagi chrgrannya tp bacaan nya plugged in, charging. Trus di Battery care . “Charger/Discharge rate : +2.2W. itu aman gak ya gan kalo dimainin sambil nge charger?

    1. Settingan apa ya yang dimaksudnya? Auto Cut-Off Baterainya kah? Kalau iya, ini tidak ada settingannya. Ini udah diatur sedemikian rupa dari hardwarenya sendiri.

  34. Laptop saya setiap di charge selalu ada tulisan plugin,not charging dan stuck di 28% dan tidak mau naik,saya pun juga cek keesokan harinya juga tetap sama stuck di 28%
    Kira kira itu kenapa ya,apa fitur cut off nya aktif?

  35. gan punya saya batrenya udah full tapi tulisannya terisi penuh 100% itu tandanya ada auto cut off atau gk pls dijawab ya gan

  36. oke gan saya mau bertanya laptop saya sudah ada tulisan plug in not charging dan saya sudah max in ke 80%, nah pas baterai laptop habis dan dalam keadaan mati di cas sampe semalaman,apakah itu akan auto cut apa tidak?
    (dalam keadaan mati di cas semalaman)

  37. Mau tanya dong ini sy baru beli asus baru 2 hari ini x441b amd a9. Kok btrei ny boros bgt trus kl di charge cuma smpe 99% aj gsampe 100%. Itu gmna y? Tlong dbantu plis

      1. Oh gitu y jdi ga ad masalah y ka? Barusan ke tokony dgnti unit baru juga ttp aj btrei ny boros sama 100% ny lama bgt. Kurang lebih turun persen ny per 1menit.

        1. Ya begitulah prosesor AMD. Kalau mau beli laptop yang prosesornya AMD mending yang pakai AMD Ryzen. Atau beli saja yang prosesornya Intel.

  38. Boss,. Pux sy Asus x441m ko Betrey keterangan cager masuk, tidak terisi Betrey
    Solusi ya gimana bos

  39. Mas mohon infonya nih, saya baru beli vivobook A407U … apa ada cara lain untuk mengecek laptop kita ada fitur cut offnya ada atau tidak tanpa software ? Jika ada mohon arahannya

  40. Bang laptop gue asus X441U , kan lagi gue mainin sambil ga di chas , abis itu gue angkat/dipindahin kok langsung mati , tapi pas gue mainin sambil dichas abis itu gue angkat / pindahin engga knp” , kalo boleh tau itu gara” apa ya bang?

  41. misi numpang bertanya , saya menggunakan asus ROG strix III cuman kok saya colok adapter ke leptopnya tetep 0% ya ga naik2 solusinya begimana?

  42. Kak Asus X453M mentok ngecasnya 96% trus tulisannya plugged in, not charging dan selalu begitu.. trus gmnaa yaa?

  43. Asus x202e saat nge-charge mati hidup mati (indikatornya?), Kondisi laptop off. Itu rusak chargernya atau settingnya ?

  44. bang punya ane autocutnya sudah aktif nah penjelasan diatas kalau charger di cabut baru menggunakan baterai,,, nih masalahnya kalau charger di cabut pasti mati laptopnya… tombol power tidak berfungsi,,, jika di pasang charger baru hidup.. nah gimana cara mengatasinya gan??/ terima kasih

    1. Mungkin ada masalah di bagian baterainya (hardware) dan juga tombol powernya, cara mengatasinya ya harus dicek secara langsung.

  45. Bang, laptop saya asus X455LF (A455LF), harusnya kan sudah ada fitur auto cut-off ya gan?

    Nah akhir-akhir ini indikator baterainya tiba-tiba suka turun drastis. Habis saya charge 100%, pas saya lepas langsung 86%, beberapa saat setelah saya buat kerja tiba2 jadi 20%. AKhirnya charge lagi. Untuk terjadi sekitar kurang lebih 15 menit. Akhirnya saya coba kalibrasi baterai. Dan hasilnya masih sama.

    Oh ya, sebelumnya saya sudah instal dulu baterai care. Wear Baterai saya 71,4 %. Discharge rate: +1,1w (kondisi baterai sudah full 100%).

    Nah ini kenapa ya bang kok arusnya tetap masuk, padahal kan katanya ada fitur auto cut-off? Di pop up icon baterai tulisannya cuma “Fully Charged (100%)” dan “Power Mode (pluged in)” , ga ada tulisan “plugged not charging”

    Apa fitur auto cut-off saya tidak aktif? Karena seingat saya dulu, discharge rate saya: 0w (kondisi baterai sudah full 100%). Tapi itu dulu gan. Hampir satu tahun lalu. Apa fitur auto cut-off ini bisa mati sendiri/ error gitu? Atau memang baterai saya yang sudah harus ganti? Laptop saya beli sejak juni 2016 bang. Hehe.

    Mohon penjelasannya. Terimakasih banyak bang untuk artikelnya.

    1. Oh ya Bang, apakah discharge rate: +1,1w (tidak 0w, padahal baterai 100%, asus a455LF) itu karena kondisi baterainya yang tidak baik, atau karena adaptornya, atau karena sistem power di (hardware) laptop yang bermasalah?

      Mohon pencerahannya. Terimakasih banyak Bang

    2. Kalau dilihat dari Wear Level baterainya yang 71,4 %, sudah saatnya ganti baterai baru. Kalaupun di kalibrasi, saya tidak yakin akan bisa sehat lagi. Itu baterainya juga sudah ngedrop.

  46. Bg laptop gua ni tulisannya plugged in, not charging di 80% gimana cara ngatur biar jadi 100% lagi bg?
    soalnya gua coba coba jd batrainya mentok di 80%.
    balikin lagi gua gk tau.
    mohon sarannya

  47. Bang mau nanya! “curent capacity” punya gw ngelebihi “total capacity” bang! Apa itu aman bang buat maen sambil cas? Dan juga, batrei udah 100% tapi tetep “plugged in” bukan “plugged in, not charging” tapi pas gw liat di batrey care “charge/discharge nya 0W” Minta pencerahan nya bang!

    1. Sebenarnya bisa dilihat daya tahan baterainya bisa bertahan berapa lama kalau tanpa charging, kalau masih lama ya berarti masih sehat

  48. Gan laptop saya ASUS fx505 udah di charge hingga full dan sudah di check di battery care discharge/charge rate nya 0w ttp tulisan di batre nya fully charged bukan plugin not charging, itu ttp berfungsi cutt-off nya?

  49. Kak saya pake laptop Asus. Tiba tiba saya mau ngisi daya , udh tuh ada status (on battery) nah tulisan itu ga muncul cmn sekali, bahkan muncuh terus berkedip² ga ilang ilang , udh gt ada status (on battery) saya liat , daya saya tinggal berapa , tinggal 11% nah ga ngisi ka disitu
    ,Trus saya matikan laptopnya kan biasanya klo lagi nge-charge lampu merah di laptop nyala nandain lagi ngisi ,tapi ini mah enggak kakb
    Gimana ya kak , ada yang tau ga;((

  50. laptop saya asus x543ub gk bisa mentok 100% cuma 99 aja nah setelah saya lepasin charge sbentar di angka 98 saya cas lagi ada tulisan ‘2 minutes until fully charged’ dan setelah saya cek di baterai care ada + 2,9 W solusi dong gan please

  51. kak laptop saya batterynya di 98% tulisannya plugged in tapi di battery care nya charge/discharge nya 0 W. itu aman gk kak?

  52. gan kalo batre nya dah 100 trus di batre care nya -8.9 itu udah aktif belum auto cut nya? sama kalo dibuat main game 2-3 jam an cpet rusak gak?

  53. gan, laptop saya type X441BA abis saya install ulang window 10 pro, tapi kenapa kalo mau dihidupkan harus selalu colok adaptor walaupun baterai sudah penuh ( kondisi laptop masih baru sekitar kurang dari 2 buan )

  54. saya punya laptop ASUS ROG model G501V, status bateray 78% gan dichas ga naik2, laptop saya matikan trus saya hidupkan dalam keadaan tdk dichas dan tdk mau hidup, jika dichas baru mau hidup..kenapa ya gan???
    mohon pencerahannya terima kasih banyak gan

  55. Halo gan, ini saya punya laptop Baru beli pas bulan september lalu, dan sekarang wear levelnya 4%, aoakah normal?

    1. Itu tidak normal tapi masih aman. Hanya saja kalau dilihat dari lama penggunaan yang baru sebentar tapi Wear Level segitu, artinya ada yang salah dengan cara penggunaanya. Mungkin kamu sering menggunakan laptop tanpa charger, terus pas habis baru dicharger. Siklus charge/discharge nya meningkat, alhasil ningkatin juga Wear Levelnya.

      1. Gan notbook asus x441ua di charg 100%plugged in, discharging. Batrecarenya: charge/discharge:+0.6 W, wear level:25.50% itu bgmna ?auto cutnya aktf gak?

  56. Gan apakah wear level bsa diturunkan lebih rendah? Sebelumnya gak tau ada auto cut jadi suka cbt charger klo100%. Dpkai 2,5thn Wear level sdh 25,50%. Apa ada cara agar Wear level tdk naik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *