Spesifikasi ASUS ZenFone 3 Max Lebih Rendah Dibanding ZenFone Max Sebelumnya

asus-zenfone-3-max
image via asus.com

Tidak hanya Asus Zenfone 3 Deluxe dan Ultra saja yang diluncurkan oleh Asus. Tapi seri Zenfone Max yang dikenal memiliki kapasitas baterai besar juga dihadirkan di keluarga Zenfone 3 kali ini, yaitu Asus Zenfone 3 Max ZC520TL.

Sayangnya, banyak anggapan kalau Asus Zenfone 3 Max ini justru memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibanding Zenfone 2 Max sebelumnya.

Saya sendiri mencoba untuk membandingkan spesifikasi dari kedua ponsel ini. Dan memang benar, ada beberapa part yang spek-nya turun.

Berikut sedikit ulasan dari saya.

Prosesor

Wajar jika pertama kali yang dilihat dari sebuah smartphone adalah prosesornya. Karena prosesor ini inti dari kinerja ponsel itu sendiri. Jika di Zenfone 2 Max Asus membenamkan chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615, di Zenfone 3 Max ini justru menggunakan chipset dari Mediatek MT6737M.

Coba lihat saja, dari prosesor yang awalnya memakai Octa-core (4×1.5 GHz Cortex-A53 & 4×1.0 GHz Cortex-A53) kini menjadi Quad-core 1.25 GHz Cortex-A53. Dari segi kecepatan pun turun.

Lalu kita juga sudah tahu, bagaimana kualitas dari Qualcomm dibanding MediaTek. Ini bukan soal memihak Qualcomm atau MediaTek ya…

Jelas penurunan ini cukup disayangkan. Mengingat Zenfone Max terkenal dengan kapasitas baterainya yang besar, tentunya akan lebih cocok menggunakan prosesor yang kualitasnya lebih baik dan memiliki kemampuan manajemen sistem atau baterai yang baik. Alhasil nantinya pun ponsel ini akan lebih hemat lagi dengan dukungan dari sistem dan hardware (prosesor).

Baterai

Dari kapasitas baterainya pun ternyata juga mengalami penurunan. Jika Zenfone 2 Max menggunakan baterai yang super besar 5000 mAh, Asus Zenfone 3 Max malah menggunakan 4100 mAh. Selisihnya sedikit sih, tapi untuk ukuran smartphone yang terkenal dengan kapasitas baterai jumbonya, justru akan lebih baik lagi jika kapasitas bertambah atau paling tidak sama dengan seri sebelumnya.

Layar

Ukuran layar juga mengalami penurunan. Kini Asus Zenfone 3 Max memiliki ukuran layar yang sedikit lebih kecil yakni 5,2 inci dengan resolusi yang sama 720 x 1280 piksel dan kedalaman piksel ~282 ppi.

Oke nggak masalah sih lebih kecil, karena dengan ukuran 5,2 inci justru akan semakin memudahkan pengoperasian menggunakan satu tangan. Ditambah desain Zenfone 3 memang cukup tipis dan pas dalam genggaman.

Tapi yang bikin kurang puas adalah di Zenfone 3 Max ini tidak ada lapisan anti goresnya, baik itu Corning Gorilla Glass atau lainnya. Ini mohon diluruskan kalau salah ya, soalnya saya mencoba untuk mencari info soal ini memang tidak ada. Dan dilihat dari spesifikasi yang ada di web resmi Asus nya pun juga tidak dimunculkan.

Baca juga:  Alasan Infinix Note 4 Cocok Untuk Kebutuhan Zaman Now

Padahal keberadaan lapisan anti gores ini sangatlah penting.

Asus Zenfone 3 Max
image via asus.com

Yang masih dipertahankan…

Meski ada bagian-bagian yang memang mengalami penurunan, tapi banyak juga spesifikasi lainnya yang masih dipertahankan.

Misalnya saja untuk kamera. Zenfone 3 Max ini masih tetap menggunakan kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP.

Tapi dari informasi spesifikasi yang saya baca di GSMArena, kamera belakang Zenfone 3 Max ini memiliki aperture f/2.2 sebelumnya memakai f/2.0.

For Your Information, Aperture itu adalah bukaan diafragma pada lensa. Semakin kecil nilai angkanya maka bukaan lensa juga akan semakin besar. Dampaknya adalah banyak cahaya yang masuk dan hasil foto pun lebih terang khususnya jika digunakan di kondisi low light.

Nah di ZenFone 3 Max ini kalau tidak salah pakai aperture f/2.2, artinya adalah dari segi kualitas hasil kamera lebih bagus ponsel yang memakai f/2.0. Soal aperture ini silahkan cari di Google aja penjelasan lengkapnya. Dan ini cuma info aja buat kamu yang memang ingin mencari ponsel yang mengedepankan aspek fotografinya.

Lalu…yang masih dipertahankan lagi adalah dari sisi RAM dan ROM. Untuk saat ini, Zenfone 3 Max yang dijual di Indonesia nampaknya bakal menggunakan RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Ya meskipun nantinya bakal muncul varian lain lagi dengan perbedaan RAM dan ROM ini.

Ada Fitur Tambahannya…

Meski banyak yang dikurangi dan dipertahankan, Zenfone 3 Max ini juga dibekali fitur-fitur tambahan seperti sensor fingerprint. Berat yang lebih ringan, yakni 148 gram. Dan tentunya desain body yang lebih kekinian.

Kesimpulannya, menurut saya untuk smartphone yang terkenal dengan kapasitas baterai yang besar, untuk ZenFone 3 Max kali ini tidak terlalu wah dan justru tidak memperlihat keunggulan dari keluarga ZenFone 3. Karena banyak bagian-bagian vital yang justru dikurangi.

Tapi saya juga menyadari mungkin ini bagian dari strategi Asus untuk memberikan pilihan smartphone di keluarga Zenfone 3 dengan harga yang terjangkau. Mengingat mayoritas Zenfone 3 seperti Zenfone 3 Deluxe, Zenfone 3 Ultra, dan Zenfone 3 memang dibanderol dengan harga kualitas premium.

Tak heran jika Zenfone 3 Max hadir dengan spesifikasi yang lebih rendah untuk dijadikan opsi bagi pengguna yang ingin mendapatkan smartphone dengan harga Rp 2 jutaan tapi mampu bertahan lebih lama dari segi penggunaan baterai.

Similar Posts

20 Comments

  1. maaf gan..kemaren saya beli zenfone 3 max ZC520TL, ternyata sudah di kasih antigores yang melebihi corning gorilla glass 4 gan…

        1. Owh external :) Yang saya maksud di posting itu pelindung layar yang sudah terintegrasi di layarnya. Dan Zenfone 3 Max ini belum ada, jadi ya mesti pakai pelindung layar external….

          1. Xiaomi yang apa dulu :D Yang jelas zenfone 3 max ini belum ada corning gorilla glass atau sejenisnya. tapi bisa diakali dengan pakai external itu tadi…. nggak nunggu yang prosesor snapdragon aja gan? Itu yang mediatek kan

          2. Tapi saya sudah beli gan….dn kalau pake chipset snapdragon dn pake corning gorilla glass…pasti harga agak mahalan gan…kemaren saya beli cuma 2,jt 50rb gan, iya pake chipset mediatek

          3. Untuk zenfone 3 max ZC520TL pake pelindung nya 2,5D glass…maklum harga murah se gan…hahahahaha

          4. gan saya kemaren tanya sama pihak center asus, katanya zenfone 3 max tidak di lapisi corning gorilla glass tidak support, lalu saya jawab…jawaban yang aneh pak…saya ketawa, pas di kasih jawaban gitu..gk masuk akal..tuh gan.

          5. Lhoh lha iya bener kan, zenfone 3 max emang g ada corNing gorillaglass nya.

            Kok g masuk akal?

          6. Gk masuk akal tuh jawaban dari pihak asus katanya tidak support corning gorilla glass gan….

          7. lalu yang masuk akal bagaimana?

            intinya sih zenfone 3 max memang tidak dibekali pelindung layar gorilla glass atau sejenisnya. itu…

          8. Yang maksud saya tidak pake corning gorilla glass asus bilang tidak support, dn yg masuk akal tentunya support pelapis corning gorilla glass, itu akal2an asus aja bilang tidak support corning gorilla glass, tapi ke depannya semoga pakai pelapis corning gorilla glass…krn saya pecinta produk asus…hahahha

          9. Owh, mungkin pihak ASUS cuma salah pemahaman saja gan :) Maksudnya mungkin ingin bilang “tidak ada lapisan gorilla glass” nya.

          10. Coba gan posting lagi untuk Asus Zenfone 3 Max ZC553KL, kekurangan dn kelebihannya…makasih gan..ditunggu.

          11. Siap gan…saya tunggu postingnya kalau agan ada senggang waktu, biar tambah pengalaman nih soal hp asus…makasih untuk berbagi ilmunya.

      1. Cuma yg bikin ribet saat pemasangan 2 sim card dan SD card…krn buat sim card 2 harus di ambil chipnya dan di tempel di atas SD card…seharusnya kan tempat SD card terpisah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *