ACER E5-473G, Laptop Acer Core i5 NVIDIA

Acer E5-473G

LhaGeek.com – Dulu sekitar tahun 2009 an, laptop Acer ini sangat banyak dicari. Tapi semakin kesini namanya tak lagi menggaung seperti dulu kala. Mungkin disebabkan karena munculnya kompetitor baru yang menyuguhkan layanan dan produk yang lebih baik.

Meski demikian, produsen laptop yang satu ini tak mau putus asa. Acer masih tetap memproduksi laptop-laptop mumpuni yang siap menjadi pilihan bagi para pengguna, khususnya yang mencari laptop untuk kebutuhan grafis.

Nah, kali ini aku mau kenalkan salah satu laptop Acer Core i5 NVIDIA. Iya, laptop ini memang di desain untuk keperluan grafis. Artinya buat kamu yang suka desain, atau nge-game, sangat cocok dengan laptop ini.

Acer E5-473G - 2
Image via http://www.acerid.com/

Acer E5 473G – NX.MXJSN.008, emang agak njlimet sih tipenya. Tapi kamu bisa catat itu di smartphone kamu jika sewaktu-waktu mau nyari laptop ini.

Laptop Acer yang satu ini menggunakan prosesor Intel Core i5-5200U, yang merupakan generasi ke-5 dari Intel. Prosesor ini juga lebih dikenal dengan nama Intel Broadwell. Nah, prosesor ini kelebihannya adalah memiliki kinerja grafis yang lebih baik. So, buat keperluan grafis, si prosesor ini udah dukung banget.

Baca juga: Kamu Game Geek? Pakai Notebook Khusus Untuk Gamers Ini

Kecepatan dari prosesor ini bisa mencapai 2.2 GHz dengan 3M Cache (with Turbo Boost up to 2.70 GHz).

Owh ya, untuk tipe Acer E5-473G ini sebenarnya ada 3 varian, yakni Core i3, Core i5 dan Core i7. Untuk kali ini, yang dibahas adalah Acer E5-473 Core i5.

Dan yang Core i5 ini ada dua jenis lagi. Dibedakan dengan tipe prosesornya, yang pertama memakai Intel Core i5-5200U, dan yang kedua Intel Core i5-4210U (3 MB L3 cache, 1.7 GHz with Turbo Boost up to 2.7 GHz).

Dukungan dari GPU NVIDIA GeForce GT920M 2GB of dedicated DDR3 VRAM sudah sangat membantu kinerja grafis. Meski GPU ini bukan yang terbaik, tapi sudah sangat standart untuk laptop-laptop grafis. Banyak juga merek laptop lain seperti ASUS yang memakai tipe GPU NVIDIA yang satu ini.

Karena prosesornya sudah Core i5, maka RAM nya adalah 4GB DDR3. Ini ukuran standar sih menurut ku. Tapi yang jelas jika ingin digunakan untuk keperluan grafis dan gaming, sebaiknya lakukan upgrade RAM lagi. Maksimal RAM untuk Acer E5-473G ini adalah 16 GB. RAM bawaannya tidak on board, jadi kamu bisa menggantinya sesukamu tapi pastikan tipenya sama. Untuk slot RAM SODIMM nya aku kurang tau, apakah cuma ada satu slot atau dua.

Untuk media penyimpanan masih menggunakan HDD, meski sekarang eranya sudah SSD. Sayangnya, kapasitas HDD hanya 500 GB. Aku kurang tahu apakah laptop ini bisa dimodif dengan ditambahkan SSD dengan memanfaatkan ruang DVD-ROM.

Ukuran layar laptop ini 14″ HD dengan resolusi 1366 x 768 berteknologi Acer ComfyviewTM LED-backlit TFT LCD. Aku rasa sudah mendukung kebutuhan grafis, karena sudah HD.

Dan yang jelas tidak membuat mata kamu cepat lelah ketika berlama-lama di depan notebook ini. Mengingat fitur Acer Bluelight Shield Technology yang ada di laptop ini mampu mengurasi emisi cahaya biru yang keluar dari layar. Sehingga pengguna tetap nyaman memandangi layar laptop ini.

Fitur dan kelengkapan juga komplit, mulai dari Bluetooth 4.0, USB 3.0, HDMI port, HD webcam (720 HD), SD Card Reader, Wireless LAN, dan DVD-Super Multi double-layer.

Acer E5-473G - 3
Imgae via http://www.acerid.com/

Notebook Acer E5-473G memiliki tampilan fisik yang menarik. Bagian atas, atau sisi luar layar bertekstur cantik.

Sayangnya laptop ini agak tebal. Padahal laptop-laptop sekarang ini menyajikan tampilan desain yang semakin tipis tapi tidak mengurangi performanya.

Tapi itu ya terserah Anda, selera orang beda-beda. 🙂

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

  • Arief Rakhman

    Gan mau tanya, klo acer ini bisa di install windows 7 ga..saya pas beli di installny windows 8.1..

    • virmansyah

      Bisa gan.