Asus X540LJ, Notebook Core i3 Layar 15,6″ Tapi Bobot Ringan

Asus X540LJ

LhaGeek.com – Kali ini saya mau ngajak kalian semua berkenalan dengan salah satu produk notebook dari Asus. Ini bukan promosi, tapi hanya sekedar untuk berbagi informasi semata. Kali aja pembaca LhaGeek memang ada yang lagi nyari notebook dengan layar di atas 14 inci, sehingga ini bisa jadi salah satu referensinya.

Asus X540LJ, notebook yang memiliki spesifikasi layar ukuran 15,6 inci 16:9 HD (1366 x 768), cukup lebar. Ukuran layar laptop segede ini biasanya cocok digunakan untuk para desainer atau yang suka gaming. Tapi saya sarankan dari awal dulu, kalau notebook ini tidak direkomendasikan untuk gaming. Bisa saja sih, tapi memang bukan tempatnya. Kalau pengen gaming, ya beli notebook gaming aja.

Bobot Ringan

Biasanya notebook yang punya ukuran di atas 14 inci itu punya bobot yang besar, ini sudah mutlak. Tapi untuk notebook Asus X540LJ tidak. Meski ukurannya 15,6 inci, bobotnya setara dengan laptop Asus ukuran 14 inci, sekitar 1,9 kg saja. Saya sendiri punya laptop Asus ukuran 14 inci, bobot memang cukup ringan.

Soalnya sekarang ini mayoritas notebook Asus memiliki desain yang tipis, kayak Macbook, tapi beda jauh lho ya, ahaha.

Asus X540LJ

Performa Gimana?

Saya tadi bilang kalau notebook ini tidak saya rekomendasikan untuk gaming. Soalnya notebook ini punya spesifikasi yang standar saja. Bisa digunakan untuk gaming tapi bukan menjadi pilihan utama jika kalian membeli notebook ini hanya untuk gaming. Karena notebook ini cocoknya untuk kegitaan komputasi sehari-hari. Tapi jika ingin digunakan gaming sesekali bisa lah.

Laptop Asus X540LJ ini masih menggunakan prosesor Intel Core i3-4005U @ 1.70GHz.

Intel Core i3-4005U - Average CPU Mark

Intel Core i3-4005U - CPU Mark Relative
sumber : http://www.cpubenchmark.net/cpu.php?cpu=Intel+Core+i3-4005U+%40+1.70GHz&id=2193

Prosesor ini mendapat dukungan dengan adanya SDRAM DDR3L 1600 MHz sebesar 2 GB saja. Tapi, kalau kalian ingin upgrade RAM Asus X540LJ bisa saja, maksimal 16 GB. Tapi ingat, pilih RAM SODIMM yang DDR3L (Low Voltage).

Untuk kebutuhan desain dan grafis, notebook ini lumayan lah. Dukungan kartu grafis NVIDIA® GeForce® 920M dengan 2GB DDR3 VRAM sudah bisa meningkatkan akselerasi grafis. Nah, kalau mau buat gaming seperti PES, Dota, Counter Strike, dll masih bisa lah ya. Tapi ya jangan over mainnya.

Salah satu syarat sebuah laptop layak untuk gaming, selain dilihat dari prosesor, RAM, GPU, juga perlu diperhatikan masalah harddisk yang digunakan. Untuk RPM biasanya minimal 5400 RPM, semakin tinggi semakin bagus. Dan laptop Asus X540LJ ini menggunakan harddisk bukan SSD dengan kapasitas 500 GB dan 5400 RPM.

Fitur & Kelengkapan

Meski terbilang cukup tipis (tapi tidak tipis-tipis amat), laptop ini tetap tersedia DVD-ROM. Masalah kelengkapan konektivitasnya cukup lengkap, ada Microphone-in/Headphone-out jack, VGA port/Mini D-sub 15-pinUSB 3.0, USB 2.0, USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps), RJ45 LAN, HDMI, 3 -in-1 card reader ( SD/ SDHC/ SDXC) dan Bluetooth 4.0.

Karena notebook ini memiliki ukuran layar yang cukup lebar, Asus memberikan fitur teknologi yang cukup membantu kesehatan mata penggunannya.

Fitur Teknologi ASUS Splendid, dimana pengguna bisa memilih mode visual yang nyaman di mata. Ada empat mode, yakni Normal, Eye Care, Manual, dan Vivid.

Asus X540LJ - Eye Care

Selain itu juga ada fitur ASUS Eye Care, yang mampu mengurangi tingkat cahaya biru hingga 33 persen. Sehingga pengguna pun akan tetap nyaman ketika berlama-lama di depan laptop ini.

Secara overall, notebook ini cukup baik untuk digunakan kegiatan komputasi sehari-hari, desain-desain juga oke.

Sayangnya untuk prosesor kecepatan hanya 1,7 GHz dan tidak ada fitur Turbo Boost. Dan RAM hanya 2GB saja, tapi tetap bisa diupgrade sih.

Asus X540LJ ini dihargai sekitar Rp 5,6 juta saja dan yang menarik dari Asus adalah mendapatkan garansi global selama 2 tahun.

Kalau lihat desain body nya, lapisan body bagian keyboard yang putih itu mudah kena gores. Soalnya saya punya Asus A455L bagian body juga seperti itu, dan belum genap satu tahun sudah ada baret (karena penggunaan bukan kebaret benda). Intinya tidak awet bagian body nya, cepat terlihat lusuh.

Menurut kalian notebook ini bagaimana? Komen di bawah ya…

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

  • Fauzy Nur Noviansyah

    mudah kegores gimana? kalo selain keyboard ( cnth bagian depan atau deket touchpad ) itu mudah kgores jg?
    Ohyaa ini saya liat ada yg harganya 4,999,000 . itu bedanya apa mas?

    Makasih soalnya saya minat sm laptop ini

    • virmansyah

      Yang saya maksud bagian depan area samping touchpad. punya saya timbul bintik-bintik kayak kegores.

      Mungkin beda varian saja mas.

  • virmansyah

    Sudah mumpuni. Tinggal upgrade RAM saja, atau kalau mau tambah pakai SSD.