Review Laptop ASUS A455L Series

ASUS A455LD

LhaGeek.com – Entah apa yang menjadi alasan bagi orang-orang ingin mencari laptop ASUS. Tapi menurut gue, ini dikarenakan efek tren dan pasar. Ketika ada beberapa orang puas dengan salah satu brand laptop, maka ia akan share ke orang lain dan itu memberikan sugesti pada orang tersebut untuk menjadikan brand tersebut yang terbaik di eranya.

Nah, kali ini gue mau nyeritain review singkat dari laptop ASUS A455L Series lebih tepatnya ASUS A455LD Core i3.

Gue pilih laptop ini karena kebetulan beberapa bulan yang lalu beli laptop ini yang sesuai sama budget gue. Overall setelah menggunakan selama kurang lebih 5 bulan, hasilnya cukup puas meskipun ada sedikit kekurangannya.

Oke, di artikel kali ini gue mau ngejelasin kelebihan sama kekurangannya. Perlu kalian ingat, ini bukan artikel promosi, its just my experience….

Desain Body & Layar

Menurut gue, desain body dari ASUS A455LD ini cukup ringan. Bahannya tidak terbuat dari besi, kalau besi ya nyetrum lah, ahhaha. Kayaknya bahannya semacam plastik gitu. So, nggak bikin berat laptop ini. Ukuran ketebalannya juga tipis, meskipun nggak tipis-tipis amat. Beratnya sekitar 2,3 kg saja.

Tapi menurut gue, body di bagian board keyboard tidak terlalu bagus. Maksudnya gini, baru gue pakai 5 bulan cat dibagian pinggiran udah mulai pudar.

Di ASUS A455LD ini memiliki ukuran layar 14″ LED Slim HD Glossy. Karena pengguna gue cuma untuk blogging, dan desain standar jadi sudah cukup oke lah.

Performa

Gue nggak bisa ngasih info performa detailnya seperti dengan test ini itulah. Tapi menurut pengalaman gue, dengan prosesor Intel Core i3-4030U kecepatan 1.9GHz sudah sangat cukup. Sayangnya, laptop ini cuma dibekali RAM 2GB saja yang sudah On Board. Jadinya dulu gue langsung beli RAM tambahan sebesar 4 GB. Total RAM di laptop gue jadi 6GB. Owh ya, buat kalian yang mau upgrade pastikan memilih tipe RAM DDR3L (Low Voltage). Di laptop ini cuma ada 1 slot SODIMM DDR3L saja buat upgrade, agak kecewa…

Back - ASUS A455LD
Gambar Gue comot dari Kaskus

Grafisnya juga sudah dibekali GPU dari NVIDIA GeForce 820M 2GB. Dan sudah gue test buat main game PES 2015, Counter Strike, hasilnya lancar. Soalnya gue bukan anak gamer, ngegame cuma buat refreshing kalau pas blogging aja.

Baca juga: Kamu Game Geek? Pakai Notebook Khusus Untuk Gamers Ini

Hard Disk

Asus A455LD ini memakai HDD merek WDC 500GB. Untuk masalah harddisk, gue punya uneg-uneg di laptop ASUS yang satu ini. Jadi, akhir-akhir ini ketika dipakai tiba-tiba musik “krik” sekali gitu. Nggak tau itu gara-gara apa, yang jelas sumbernya dari harddisk.

Dan suara harddisknya kalau didengarkan lebih dekat, nggak bisa senyap. Gue nggak tau ini normal apa nggak. Tapi dari review-review Kaskusers, ada yang bilang kalau ini termasuk ‘masalah’ di laptop ini.

Sebenere gue pengen ganti pakai SSD. Bukan ganti sih, tapi nambahi pakai SSD. Jadi nanti HDD nya ditaruh di slot DVD-RAM Drive, sedangkan SSD nya ditaruh ditempat HDD nya. Tapi resikonya DVD-RAM mesti dilepas, dan nggak tau ini bakal menghanguskan garansi apa nggak.

Laptop Asus A455LD ini gue install pakai Windows 10 OS. Performa harddisknya oke sih, dalam artinya ketika buka folder-folder gitu nggak lemot, mungkin karena masih baru juga dan kapasitas juga belum banyak.

Baterai

Seperti pada laptop ASUS tipe kekinian, ASUS tipe ini menggunakan baterai non-removable. Yang artinya baterai sudah ditanam di dalam board, kita nggak bisa lepas comot baterainya. Bisa sih, tapi mesti bongkar body laptop. Baterai Laptop ASUS A455LD ini memakai baterai Li-Po 2 Cells 2950 mAh 37 Wh.

Daya tahannya cukup baik. Jika hanya digunakan browsing, bisa mencapai 3-4 jam.

ASUS sendiri menawarkan daya tahan baterai yang lebih efisien karena telah didukung dengan fitur Extended Battery Lifespan yang membuat baterai lebih tahan lama.

Kelengkapan Lainnya

Di laptop ini memiliki kelengkapan port-port yang cukup lengkap, seperti 1x USB 3.0, 2x USB 2.0, port VGA, HDMI, RJ-45, SD Card Reader , 1x Combo Audio Jack. Sayangnya untuk 2x USB 2.0, letaknya terlalu dekat. Jadinya kalau gue mau pasang dua flasdisk yang ukurannya agak lebar nggak bisa dimasukkan bersamaan, karena bakal nggak muat.

Di laptop ini juga sudah ada fitur nirkabel seperti Bluetooth 4.0+HS, Wireless, dan Ethernet.

Keyboard - ASUS A455LD
Gambar Gue comot dari Kaskus

Bagian keyboard gue suka, modelnya kayak make Mac. 😀 Lumayan empuk juga, tapi kalau buat ngetik cepat masih terdengar suara ‘cetak-cetak’. Nah, di bagian keyboard ini nggak ada indikator lampu buat caps lock nya. Jadi kalau gue mencet tombol caps lock nggak ada indikator itu dalam posisi apa.

Jadi menurut gue, Laptop ASUS A455LD ini memang dikhususkan untuk orang awam yang punya sedikit kesibukan dengan urusan desain grafis. Kelas menengah bawah lah, harganya pun cuma sekitar Rp 6 Juta.

Ya lumayan lah buat urusan ngetik, browsing, desain pakai Corel, Photoshop, dan ngegame PES. Intinya gue syukuri aja udah bisa beli laptop ini, yang penting kerjaan gue lancar. :)) Moga aja next time bisa keturutan beli Macbook. Aamiiin.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

  • asmirno

    HDD CADDY yang digunakan utk laptop ini berapa mm ya? tks

  • Septy Nugros

    “Sebenere gue pengen ganti pakai SSD. Bukan ganti sih, tapi nambahi pakai SSD. Jadi nanti HDD nya ditaruh di slot DVD-RAM Drive, sedangkan SSD nya ditaruh ditempat HDD nya. Tapi resikonya DVD-RAM mesti dilepas, dan nggak tau ini bakal menghanguskan garansi apa nggak.”

    ane juga pengen nambah ssd.. apa benar bisa gan?
    soalnya kemarin aku tanya sc pas ganti keyboard katanya a bisa

    • virmansyah

      Bisa aja… tinggal beli HDD Caddy. Tapi jangan sampai salah pilih, ada dua model HDD Caddy, yang buat laptop tipis sama laptop tebel. Soal ini diskusikan dengan penjualnya aja. hahha.

      Kalau masih garansi, setahu saya nanti bisa menghanguskan garansi. Soalnya kan nanti laptop dibongkar….

      • Reska

        gan,, mu nanya,, Laptop ku asus A455L, knapa ya isi charge ga full2,, pling pngisiannya cmn 92%,, itu ga naik2 lgi,, pdahal pas beli,, pngisiannya 6 jm lbih lptop dimatiin seperti biasa,, itu knapa ya?

        • virmansyah

          Karena ada auto cut off

          • Reska

            cara mngatasinya gmna Gan?,, maaf ya bnyak nanya. soalnya masih kurang paham,,, heheh