Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba? Tenang, Lakukan Ini Untuk Menyelamatkannya

Laptop Mati Sendiri

LhaGeek.com – Punya laptop mesti harus dirawat dengan benar, soalnya perangkat yang ada di laptop itu semuanya mahal. Mulai dari monitor LCD, keyboard, harddisk, baterai, dan lainnya. Sayangkan kalau laptop tiba-tiba bermasalah padahal masih belum lama.

Tapi kadang meskipun sudah dirawat dengan benar, ada saja masalah yang datang, misalnya saja laptop mati sendiri secara tiba-tiba.

Iya, saya pernah mengalaminya. Pas lagi enak-enaknya browsing, eh laptop tiba-tiba mati.

Kalau kalian juga mengalami kejadian seperti ini, tenang, jangan khawatir dan panik. Ya meskipun itu nanti mungkin ada kerusakan yang fatal, tapi dengan tindakan yang tenang tidak akan memperbanyak kerusakan.

Jadi yang perlu dilakukan ketika laptop kalian tiba-tiba mati sendiri adalah…

1. Cek Kondisi Aliran Listrik

Kalau laptop kalian ngedropan dan hanya bisa nyala jika disambung pakai adaptor, pastikan cek aliran listriknya. Jangan-jangan listrik lagi padam. Kalau listrik ternyata nyala, wah berarti ada kerusakan di laptop kalian. Kalau kalian pakai laptop tanpa nyambung ke adaptor (pakai baterai), coba lepas dan pasang kembali baterai. Tapi kayaknya ini berlaku buat beberapa merek laptop saja yang masih memakai baterai removable.

2. Coba Hidupkan Kembali Tapi Jangan Dicoba Terus

Kalau laptop tiba-tiba mati sendiri, coba hidupkan kembali dengan menekan tombol powernya. Jika percobaan pertama laptop tidak bisa hidup, coba tekan lagi agak lama. Kalau masih belum hidup lagi, berarti ada hardware yang bermasalah. Bisa jadi itu karena harddisknya yang bermasalah, atau bisa sudah dari mainboard-nya.

Jika harddisknya muter dan muncul bunyi startup tapi layar tak menunjukkan tanda-tanda siuman (mati). Bisa dipastikan ada yang bermasalah di bagian LCD. Entah itu monitor LCD-nya atau komponen pendukungnya seperti kabel fleksibelnya.

Kalau sudah seperti ini perlu dicek lebih lanjut ke tangan ahlinya. Service computer…..

3. Repair Sistem Operasinya

Mungkin ada yang mengalami kejadian laptop mati sendiri ini, tapi ketika dihidupkan lagi layarnya cuma blank hitam. gelap gulita. Layarnya nyala sih, tapi cuma hitam nggak muncul startup OS nya. Kalau seperti ini bisa diasumsikan masalah muncul karena dari sistem operasinya. Entah itu ada file system yang corrupt atau bisa jadi karena virus. Solusinya mungkin kalian bisa mencoba untuk merepair sistem operasinya atau kalau perlu lakukan Inul, Instal Ulang… Cara klasik daripada pusing, :v

4. Colokkan Dengan Adaptor

Jika mati pas tidak pakai adaptor, coba nyalakan dengan posisi laptop nyambung ke adaptor, dan pastikan adaptor nyambung ke sumber listrik. Kadang mati sendiri karena masalah baterai atau komponen powernya yang kurang daya, sehingga perlu didukung dengan listrik dari adaptor. Nah kalau seperti ini ya bisa jadi rusaknya karena dari baterainya yang udah almarhum atau bisa juga dari komponen mainboard-nya.

5. Dinginkan Dulu Laptopnya

Bisa jadi laptopnya mendadak mati karena overhead. Prosesor terlalu kepanasan dan memutuskan untuk mati saja. Tragis ya… Ini dikarenakan terlalu banyak task-task dan program yang dijalankan. Apalagi kalau buat ngegame padahal spek laptop nggak buat ngegame. Kalau udah seperti ini coba dinginkan dulu laptopnya. Tidak perlu dimasukin kulkas, cukup didiamkan dan dibawahkan dipasangi cooling pad.

Yang jelas kalau laptop mati sendiri dengan tiba-tiba, jangan panik. Panggil temen yang punya kemampuan di bidangnya, jangan sok tau dioprek sendiri nanti malah tambah banyak kerusakannya.

 

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG