Ketika RAM di laptop sudah semakin banyak menjalankan berbagai program / aplikasi, maka kinerja laptop secara keseluruhan akan berdampak lemot. Seketika itu juga kamu pasti ingin melakukan upgrade RAM, dengan harapan kinerjanya menjadi lancar kembali. Namun, jangan buru-buru upgrade RAM, apalagi langsung beli RAM. Pastikan kalau RAM yang akan kamu beli itu sudah cocok dengan spesifikasi laptop kamu.

Ya, ini jarang yang diketahui banyak orang. Biasanya kalau mau upgrade RAM hanya melihat kapasitasnya berapa. Misalnya RAM bawaan laptop 2GB, lantas ingin dijadikan 32GB, karena untuk kebutuhan multimedia. Setelah beli ternyata tidak bisa berfungsi RAM nya.

Yang seperti itu diakibatkan karena ceroboh dalam membeli RAM.

Baca juga : Perbedaan RAM SODIMM DDR3L Dengan DDR3

Sekarang ini RAM berbagai macam jenisnya. Setiap jenis RAM punya jodohnya masing-masing supaya bisa dipasang di laptop kamu. Ini hal yang perlu kamu lakukan sebelum upgrade RAM. Simak dan pahami!

1. Cek tipe prosesor laptop kamu

‘Lhoh, kan mau upgrade RAM, bukan prosesor, kenapa harus cek tipe prosesornya?’.

Tipe atau jenis prosesor yang dipakai, akan mempengaruhi tipe RAM yang akan kamu beli nanti. Sebaiknya sekarang kamu lihat tipe prosesor laptop kamu. Biasanya informasi ada di sisi kanan laptop. Saat ini saya menggunakan laptop ASUS A455L Series, dilabelnya tertulis CPU Intel Core i3-4030U.

Tipe CPU

Intel Core i3-4030U inilah tipe prosesor laptop saya. Kalau sudah tahu tipenya, kemudian :

  • Buka https://ark.intel.com
  • Pilih menu Processors
  • Pilih tipe prosesor mu. Karena laptop saya Intel Core, maka saya pilih Intel® Core™ Processors 
  • Pilih generasi prosesor dan tipenya. Cara melihat generasi berapa adalah dengan melihat angka di tipe prosesornya. Tipe prosesor saya : Intel Core i3-4030U. Angka 4 ini menunjukan Intel Core i3 Generasi ke-4. Jadi saya pilih 4th Generation Intel® Core™ i3 Processors
  • Pilih nama prosesor yang sesuai dengan tipe prosesor laptop. Kalau saya berarti pilih Intel® Core™ i3-4030U Processor

Nah, kalau sudah di halaman tipe prosesor yang sesuai dengan prosesor laptop kita, coba scroll ke bawah hingga menemukan tabel Memory Specifications. Di sini akan tertera beberapa informasi tentang spesifikasi memori yang cocok untuk tipe prosesor ini.

Sampai sini sudah paham ya? Jadi tiap prosesor itu punya spesifikasinya sendiri-sendiri, harus pakai RAM tipe apa dan spesifikasi bagaimana. Oke lanjut.

Berikut spesifikasi memori (RAM) yang direkomendasikan untuk laptop saya dengan prosesor Intel Core i3-4030U.

Spesifikasi Memori

Dari informasi tabel RAM ini, kita bisa menentukan tipe dan kapasitas yang sesuai untuk RAM yang akan kita beli. Mari kita bedah satu-satu dengan mengambil contoh dari laptop saya, silakan disesuaikan dengan informasi RAM kalian masing-masing.

Kapasitas RAM

Dari informasi tersebut, laptop saya hanya bisa menggunakan RAM dengan kapasitas maksimal 16 GB. Artinya kalau saya ingin RAM laptop saya 32GB, tidak bisa. RAM bawaan laptop saya itu 2GB, jadi saya kalau mau upgrade RAM pilihannya adalah beli yang 4GB atau 8GB. Karena kalau beli yang 16GB, nanti totalnya jadi 18GB, sehingga jelas tidak bisa.

Pahami dulu bro sis, sebelum tanya di kolom komentar.

Tipe Memori

Nah ini juga yang kadang jadi masalah ketika mau upgrade RAM laptop. Banyak yang tidak tahu tipe-tipe RAM. Ditabel tersebut tertulis DDR3L 1333/1600, LPDDR3 1333/1600.

Artinya saya harus beli RAM untuk laptop yang tipenya DDR3L. Huruf L di sini menandakan Low Voltage. Sedangkan 1600 itu adalah kecepatannya, 1600 Mhz.

Kalau mau beli RAM biasanya akan tertulis kecepatannya.

  • PC8500 = 1060 Mhz
  • PC10600 = 1333 Mhz
  • PC12800 = 1600 Mhz
  • PC15000 = 1875 Mhz
  • PC16000 = 2000 Mhz

Memory Channels

Di baris ini untuk menginformasikan prosesor laptop support memori channel berapa. Kalau di kolom spesifikasi RAM saya di atas, tertulis 2. Artinya prosesor saya mendukung RAM Dual-channel.

Jadi kalau nanti mau beli RAM biasanya ada dua tipe RAM yang sama, bedanya yang satu ada tulisannya Dual-channel, yang satu tidak. Nah, kalau prosesor kita sudah support Dual-channel, maka beli RAM yang ada informasinya Dual-channel tidak masalah.

Kalau pengen tahu apa itu channel pada RAM, mending googling saja, soalnya saya belum buat ulasannya soal ini. :)

Saya rasa bagian tabel hanya itu saja yang perlu diperhatikan. Tetapi mungkin kamu akan bertanya, kira-kira berapa kapasitas RAM yang cocok untuk saya beli?

Jawaban pertama adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Namun, ada satu hal lagi yang bisa jadi patokan kamu sebelum membeli RAM, yaitu soal :

Sistem Operasi

Sistem operasi yang kamu gunakan ini juga mempengaruhi besaran atau kapasitas RAM yang harus kamu beli. Arsitektur sistem operasi ada 32bit dan 64bit. Kamu pakai mana? Masing-masing punya limit memorinya.

Silakan kamu lihat di alamat ini : https://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/desktop/aa366778(v=vs.85).aspx#physical_memory_limits_windows_10 (maaf bagi pengguna non Windows, cari referensinya sendiri ya)

Lihat tabel sistem operasi yang kamu pakai. Kalau saat ini menggunakan Windows 10 Pro 64bit.

Physical Memory Limits Windows 10

Tertulis Limit on X86 (32bit) adalah 4GB, dan Limit on X64 (64bit) adalah 2TB.

Artinya sistem operasi Windows 10 Pro 32bit hanya bisa mengakomodir RAM maksimal 4GB saja, sedangkan untuk yang 64bit bisa sampai 2TB. Jadi kalau misal kalau pakai sistem operasi Windows 10 Pro 32bit, tidak perlu beli RAM yang lebih dari 4GB, karena itu bakal sia-sia.

‘Lhoh itu limit yang 64bit kok sampai 2TB, tapi di prosesor cuma 16GB?’

Iya, betul. Ini kan limit yang versi sistem operasinya. Tetapi nanti jika ingin beli RAM untuk sistem operasi 64 bit, disesuaikan dengan kapasitas maksimal yang direkomendasikan prosesor, seperti tabel yang sebelumnya tadi.

Seperti itu, gimana tambah puyeng atau mudeng? :D Tapi semoga ini menjadi tambahan informasi yang bermanfaat buat kamu.

Nah, yang terakhir adalah masalah :

Budget

Kalau sudah mengecek dukungan prosesor, sistem operasi, dan kebutuhan yang seperti apa, selanjutnya tinggal disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Sekarang ini harga RAM beraneka ragam tergantung merek, kapasitas dan tipe tentunya.

Link rekomendasi harga RAM & diskon : di sini

Jadi kamu tinggal sesuaikan saja beberapa kriteria di atas. Semoga dapat RAM yang sesuai dan membuat kinerja laptop jadi ngebut lagi. Kalau ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung tulis di komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here