Jangan Upgrade RAM Dulu, Baca Ini Agar RAM Cocok dengan Laptop Mu

upgrade ram

Ketika RAM di laptop sudah semakin banyak menjalankan berbagai program / aplikasi, maka kinerja laptop secara keseluruhan akan berdampak lemot. Seketika itu juga kamu pasti ingin melakukan upgrade RAM, dengan harapan kinerjanya menjadi lancar kembali. Namun, jangan buru-buru upgrade RAM, apalagi langsung beli RAM. Pastikan kalau RAM yang akan kamu beli itu sudah cocok dengan spesifikasi laptop kamu.

Ya, ini jarang yang diketahui banyak orang. Biasanya kalau mau upgrade RAM hanya melihat kapasitasnya berapa. Misalnya RAM bawaan laptop 2GB, lantas ingin dijadikan 32GB, karena untuk kebutuhan multimedia. Setelah beli ternyata tidak bisa berfungsi RAM nya.

Yang seperti itu diakibatkan karena ceroboh dalam membeli RAM.

Baca juga : Perbedaan RAM SODIMM DDR3L Dengan DDR3

Sekarang ini RAM berbagai macam jenisnya. Setiap jenis RAM punya jodohnya masing-masing supaya bisa dipasang di laptop kamu. Ini hal yang perlu kamu lakukan sebelum upgrade RAM. Simak dan pahami!

1. Cek tipe prosesor laptop kamu

‘Lhoh, kan mau upgrade RAM, bukan prosesor, kenapa harus cek tipe prosesornya?’.

Tipe atau jenis prosesor yang dipakai, akan mempengaruhi tipe RAM yang akan kamu beli nanti. Sebaiknya sekarang kamu lihat tipe prosesor laptop kamu. Biasanya informasi ada di sisi kanan laptop. Saat ini saya menggunakan laptop ASUS A455L Series, dilabelnya tertulis CPU Intel Core i3-4030U.

Tipe CPU

Intel Core i3-4030U inilah tipe prosesor laptop saya. Kalau sudah tahu tipenya, kemudian :

#Cara Browse (Agak Lama)

  • Buka https://ark.intel.com
  • Pilih menu Processors
  • Pilih tipe prosesor mu. Karena laptop saya Intel Core, maka saya pilih Intel® Core™ Processors 
  • Pilih generasi prosesor dan tipenya. Cara melihat generasi berapa adalah dengan melihat angka di tipe prosesornya. Tipe prosesor saya : Intel Core i3-4030U. Angka 4 ini menunjukan Intel Core i3 Generasi ke-4. Jadi saya pilih 4th Generation Intel® Core™ i3 Processors
  • Pilih nama prosesor yang sesuai dengan tipe prosesor laptop. Kalau saya berarti pilih Intel® Core™ i3-4030U Processor

#Cara Search (Cepat)

Kalau pengen lebih cepat, caranya dengan memanfaatkan kotak pencarian di website berikut :

Ark Intel
  • Ketik tipe prosesor kamu, silakan tulis yang lengkap. Misalnya : Intel Core i3-4030U
Ark Intel
  • Nah nanti kalau sudah muncul seperti di atas, klik saja. Maka kamu akan bisa melihat detail soal prosesor laptop kamu.

Nah, kalau sudah di halaman tipe prosesor yang sesuai dengan prosesor laptop kita, coba scroll ke bawah hingga menemukan tabel Memory Specifications. Di sini akan tertera beberapa informasi tentang spesifikasi memori yang cocok untuk tipe prosesor ini.

Sampai sini sudah paham ya? Jadi tiap prosesor itu punya spesifikasinya sendiri-sendiri, harus pakai RAM tipe apa dan spesifikasi bagaimana. Oke lanjut.

Berikut spesifikasi memori (RAM) yang direkomendasikan untuk laptop saya dengan prosesor Intel Core i3-4030U.

Spesifikasi Memori

Dari informasi tabel RAM ini, kita bisa menentukan tipe dan kapasitas yang sesuai untuk RAM yang akan kita beli. Mari kita bedah satu-satu dengan mengambil contoh dari laptop saya, silakan disesuaikan dengan informasi RAM kalian masing-masing.

2. Kapasitas RAM

Dari informasi tersebut, laptop saya hanya bisa menggunakan RAM dengan kapasitas maksimal 16 GB. Artinya kalau saya ingin RAM laptop saya 32GB, tidak bisa. RAM bawaan laptop saya itu 2GB, jadi saya kalau mau upgrade RAM pilihannya adalah beli yang 4GB atau 8GB. Karena kalau beli yang 16GB, nanti totalnya jadi 18GB, sehingga jelas tidak bisa.

Baca juga:  Hindari Kesalahan Saat Merakit Komputer Berikut Ini!

Pahami dulu bro sis, sebelum tanya di kolom komentar.

3. Tipe Memori

Nah ini juga yang kadang jadi masalah ketika mau upgrade RAM laptop. Banyak yang tidak tahu tipe-tipe RAM. Ditabel tersebut tertulis DDR3L 1333/1600, LPDDR3 1333/1600.

Artinya saya harus beli RAM untuk laptop yang tipenya DDR3L. Huruf L di sini menandakan Low Voltage. Sedangkan 1600 itu adalah kecepatannya, 1600 Mhz.

Kalau mau beli RAM biasanya akan tertulis kecepatannya.

  • PC8500 = 1060 Mhz
  • PC10600 = 1333 Mhz
  • PC12800 = 1600 Mhz
  • PC15000 = 1875 Mhz
  • PC16000 = 2000 Mhz

4. Memory Channels

Di baris ini untuk menginformasikan prosesor laptop support memori channel berapa. Kalau di kolom spesifikasi RAM saya di atas, tertulis 2. Artinya prosesor saya mendukung RAM Dual-channel.

Jadi kalau nanti mau beli RAM biasanya ada dua tipe RAM yang sama, bedanya yang satu ada tulisannya Dual-channel, yang satu tidak. Nah, kalau prosesor kita sudah support Dual-channel, maka beli RAM yang ada informasinya Dual-channel tidak masalah.

Kalau pengen tahu apa itu channel pada RAM, mending googling saja, soalnya saya belum buat ulasannya soal ini. :)

Saya rasa bagian tabel hanya itu saja yang perlu diperhatikan. Tetapi mungkin kamu akan bertanya, kira-kira berapa kapasitas RAM yang cocok untuk saya beli?

Jawaban pertama adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Namun, ada satu hal lagi yang bisa jadi patokan kamu sebelum membeli RAM, yaitu soal :

5. Sistem Operasi

Sistem operasi yang kamu gunakan ini juga mempengaruhi besaran atau kapasitas RAM yang harus kamu beli. Arsitektur sistem operasi ada 32bit dan 64bit. Kamu pakai mana? Masing-masing punya limit memorinya.

Silakan kamu lihat di alamat ini : https://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/desktop/aa366778(v=vs.85).aspx#physical_memory_limits_windows_10 (maaf bagi pengguna non Windows, cari referensinya sendiri ya)

Lihat tabel sistem operasi yang kamu pakai. Kalau saat ini menggunakan Windows 10 Pro 64bit.

Physical Memory Limits Windows 10

Tertulis Limit on X86 (32bit) adalah 4GB, dan Limit on X64 (64bit) adalah 2TB.

Artinya sistem operasi Windows 10 Pro 32bit hanya bisa mengakomodir RAM maksimal 4GB saja, sedangkan untuk yang 64bit bisa sampai 2TB. Jadi kalau misal kalau pakai sistem operasi Windows 10 Pro 32bit, tidak perlu beli RAM yang lebih dari 4GB, karena itu bakal sia-sia.

‘Lhoh itu limit yang 64bit kok sampai 2TB, tapi di prosesor cuma 16GB?’

Iya, betul. Ini kan limit yang versi sistem operasinya. Tetapi nanti jika ingin beli RAM untuk sistem operasi 64 bit, disesuaikan dengan kapasitas maksimal yang direkomendasikan prosesor, seperti tabel yang sebelumnya tadi.

Seperti itu, gimana tambah puyeng atau mudeng? :D Tapi semoga ini menjadi tambahan informasi yang bermanfaat buat kamu.

Nah, yang terakhir adalah masalah :

6. Budget

Kalau sudah mengecek dukungan prosesor, sistem operasi, dan kebutuhan yang seperti apa, selanjutnya tinggal disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Sekarang ini harga RAM beraneka ragam tergantung merek, kapasitas dan tipe tentunya.

Link rekomendasi harga RAM & diskon : di sini

Jadi kamu tinggal sesuaikan saja beberapa kriteria di atas. Semoga dapat RAM yang sesuai dan membuat kinerja laptop jadi ngebut lagi. Kalau ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung tulis di komentar.

Similar Posts

268 Comments

  1. Bg, kalau intel core i5 generasi ke2 ram 4gb , kira kira sudah lumayan gak untuk disainer?
    Tolong jawabannya bg!

      1. Saya punya RAM bekas merek Samsung 4GB. Itu bekas saya, karena kemarin habis upgrade ke 8GB. Kalau mau silakan balas nanti saya email.

        1. Prosesor saya supporr ddr4 2133,ddr3l 1600.bawaan dari laptopnya ddr3l.kalo beli ddr4 2133, apa bakal jalan?

      2. Bang saya dh cek, memory typenya: DDR3L/LPDDR3 up to 1866 MT/s;
        LPDDR4 up to 2400 MT/s
        Jadi nmbh ramnya yng DDR3L atau DDR4

          1. Bang, laptop saya Intel Core i5-6200U, Up to 2.8Hz, RAM 4GB. mau tambah yang 4GB/8GB dan saya cek memory typenya :
            DDR4-2133, LPDDR3-1866, DDR3L-1600. worth it yg mana ya bang?

          2. Bang, kalau tulisnya gini 2 x DIMM DDR3 Support DDR3 memory, Max. Memory 4GB. maksudnya gimana ya? Itu maximal total 2 slot 4GB ataukah per slot maximal 4GB jadi klo pake 2 slot jadi 8GB.
            Makasih

  2. Bang mohon Bantuan nya di specifikasi memory tertulis DDR4-2133,LPDDR3-1866,DDR3L-1600,,laptop saya hp 14-bs001tx,,klo saya mau tambah ram kira kira yang mana ya bang,,DDR4 apa DDR3L…???

      1. Izin bang mauu nanyaa kan Di leptop saya HP sama dengan yg di atas dengan ddr4 ram 4 GB,, klo sya tambah 8 GB jdikan 12 GB Ram saya apakah gpp bang???
        Atau saya tambah 4 GB aja bang Biar performa lebih stabil??

  3. Bang Broohh, Mau Tanya.
    Leptop gw merk ASUS X455L mo Tambah Ram.
    terkait dengan Sistem Operasi.
    kira2 berapa Giga ya nambahnya.
    Tipe Ram nya DDR3L kah?

    1. Mau nanya gan, tentang os nya, kaloyg x32 kan 4gb maksnya ya, maksudnya gimana? berarti kalo ada 2 slot ram masing masing slot cuma bisa di isi 2gb? Atau masing masing slot 4 gb?

  4. Halo selamat malam, mau tanya dong, saya anak baru yg mau upgrade memory laptop. saya pake asus a451l 4GB up to 8Gb.
    kalo baca dari atas, saya pake yg ddr3l 4gb / 1600Mhz. Ada saran untuk beli merk apa dan dmn gak kalo online?

    1. saya juga mau upgrade ram..
      hasilnya pakai ram yang berapa GB dan merekya apa…
      saya coba pasang pakai ddr3 malah jadi black screen

  5. Gan, saya pakai laptop A455L i5 sudah pakai NVDIA GEFORCE dgn RAM 4GB, kira2 bisa ga pakai RAM tambahan yg 8GB jadi mngkin nanti nya 12GB,
    nah kira2 RAM yang cocok apa? terima kasih

      1. bro mau tanya misalkan saya skrng pake win 10 32bit kan ga bisa lebih dri 4gb ramnya
        kalo saya up menjadi 6gb dan windows ya saya ganti win 10 64bit ga akan sia sia kan ram saya hehheh tkutnya nti malah saya ganti windows dan beli ram taunya sia sia makasih bro mhon masukanya

  6. Kok saya cek di dua web berbeda hasilnya berbeda?.
    Proci saya Intel Core i5 5200U, web pertama max memory-nya 16gb, sedangakan satunya lagi 32gb.
    web pertama : ark.intel.com
    web kedua : intel.com

    1. Cek di ark.intel.com. Kalau pun Anda membuka intel.com, pilih Spesifikasi Produk, nanti akan dilempar ke ark.intel.com juga.

  7. Bang mau tanya, Laptop saya model ASUS X455LF, Intel Core i3 5005U @ 2.00GHz, 4 GB, Nvidia Geforce 930 M
    Kenapa instal tencent untuk main PUBG Masih Lag ya bang?

      1. Bang laptop saya sama tipenya seperti si Ardian.D ini, bisa gak yaaa di upgrade RAM lagi ? sblmnya trmakasih bang virmansyah

        1. Tinggal buka slot RAM yang ada di bawah, kalau masih ada slot atau RAM bawaannya bisa dilepas, artinya ya bisa diupgrade.

  8. Klo laptop saya asus x43u dg prosesor AMD Brazos dual core E350 1.6 Ghz memory bawaan 2 gb ingin uprgrade maksimum brp ya pak ram ddr3

  9. bang , kalo ram DDR3L 1333/1600 di tambahin ram DDR3L 12800/1600 bisa ngga . sekalian tolong jelasin apa perbedaannya yng 1333 sama 12800

    1. 1333 MHz, 12800 Mhz itu kecepatannya. Secara teori bisa saja ditambahin pakai RAM DDR3L 12800/1600, tetapi nanti speed mengikuti speed terendah, yakni 1333 MHz.Saran saya beli yang frekuensinya sama.

      1. Bro gw pke ram jenis ini merk visipor udh baik, tpi beberapa bulan kemudian laptop saya gk bisanya, dan masalahnya ad pd ram ketika ram 8gb tersebut di lepas laptop gw aman” aja. Gimana menurut Lu bro apa ram 8gb itu bermasalah karena merk-nya gk familiar seperti Samsung atau cossair atau gimana tuh bro?

        1. Maksudnya “nggak kayak biasanya” tuh gimana? Masalahnya gimana, dan apa yang dirasakan? Saya rasa merek RAM tidak terlalu berpengaruh. Mungkin saja tipe RAM tidak sesuai, bisa jadi.

    1. Silakan ikuti cara di atas, dengan melihat tipe CPU / Prosesor kamu terus cek di ark.intel.com

      1. Gan,, laptop saya asus a455ln core i7
        Ram bawaan 4gb onboard dan slot ke dua kosong gan.
        Kalu di upgrade ram bisa 16gb di situs art.intel di atas,, saya mau nambah ram di slot 2 8gb lagi ap tidak jadi masalah sama ram onboard 4gb? Kan biasanya klau upgrade ram harus ke duanya sama ukuran? Misalnya onboard 4gb slot 2 4gb
        Gan gimana ap akan ad kendala bila ram onboard 4gb dan ram slot 2 8gb =12gb ? Karena beda ukuran kapasitasnya? Kalu tipe ram sma ddr3L1600.

  10. Laptop saya seri asus a455L, CPU 3-5010U 2.1GHz Ram bawaan 2gb HDD 500GB…

    nah untuk penggunaan ram untuk seri ini yang cocok ap ya bang. … Soalnya saya cek di marketplace kadang tdak ada spek lengkapnya..

    Terima kasih

  11. laptop saya asus x455l.. cpu intel core i3-4005u. 1.7 Ghz.. kira-kira ram yang cocok dengan laptop ini apa ya.. sebab cari di market place gak ada

  12. Bang mau tanya, saya pake laptop asus a455l ram 2gb, ini mau upgrade ram, waktu saya cek ram bawaan nya pake ddr3l 800mhz, kalau saya upgrade pake yang ddr3l 1600mhz itu gimana bang? Soalnya di pasaran ram ddr3l 800mhz sudah jarang eg bang,,
    Tolong kasih solusi bang,,

  13. Bang mau tanya nih, kan udah cek pros amd e1 + R2 Radeon ram bawaan ddr3l 1333mhz. Tulisan cuma ada memory channel 1. Nah ram bawaan itu bisa diganti tidak ya ? Ty sebelume

    1. Kalau RAM bawaannya On Board (menempel tidak bisa dilepas) berarti ya tidak bisa diganti. Tapi kalau berupa slot bisa-bisa saja. Lebih jelasnya bisa dilihat langsung saja.

      1. Berarti kalau misal ada slot ram 2 slot. Terus ram bawaan bisa dilepas. Bisa diganti dua duanya bang berarti ? Misal yg pertama ram bawaan 4GB itu dilepas mau diganti Ram 8Gb 2 biji jadi nanti kebacanya 16GB bang ? Soalnya saya pernah coba waktu slot ram bawaan dilepas diganti 2 biji ram bukan bawaan alhasil laptop malah tidak mau menyala heheheh

  14. Bang..laptop saya Asus X455LA..kmrin sy sudah beli ram Corsair corsair ddr3 pc12800 1600mhz 2x4gb… Ternyata pas mau dipasang laptop sy cm ada 1slot utk ram (sblm nya sy ga cek dulu slotnya .cm info dr tmn type spt itu biasanya 2slot)..dan kecewanya lg..RAM ga bs kebaca ama laptop sy..mslhnya knp ga mas.. sy beli ram online…jd sy lbh baik retur brg sj..

    1. Untuk seri X455 itu setahu saya slot RAM (yang bisa diupgrade) hanya ada 1 slot. RAM bawaannya On Board. Dan X455 itu pakainya DDR3L (Low Voltage). DDR3 sama DDR3L itu beda. Kalau kamu belinya yang DDR3 ya wajar kalau tidak terbaca. Maka sebaiknya sebelum beli RAM itu dicek dulu laptopnya support RAM yang seperti apa.

  15. Sy pemilik laptop Hp 1000 i3 2gb, yg lagi nyari referensi upgrade ram.
    Terimakasih ulasannya, sangat bermanfaat sekali.

  16. kalo merknya gimana gan? ada saran ga yang paling recommended yang mana? banyak banget soalnya ane bingung

    btw page ini ko gabisa di ctrl+f ya gan

    1. Tidak bisa kasih rekomendasi merek. Tapi biasanya yang mahal yang bagus. Ada harga ada rupa.

  17. bang saya mau tanya laptop saya Asus X407UF dengan ram 4GB processor intel Core i5 8250U nah saya mau upgrade ram 8GB lagi menjadi 12GB kira kira itu bisa gak bang upgrade nya soalnya saya lihat spesifikasi di webiste resminya asus punya saya itu ada 2 spesfikasi ram nya untuk diupgrade yang satu upgrade maxnya 8GB yang satunya lagi 16GB nah saya bingung yang mana seharusnya saya upgrade max antara 2 pilihan itu dan juga saya udah search spesifikasi processor nya tertulis max memory size 16 GB bang, menurut bang rekomendasi tambahin ram bagusnya tambah ram 8GB menjadi 12 GB ato tambah ram 4 GB lagi menjadi 8GB?, maklum saya kurang ngerti spesifikasi ram ini , sebelumnya terima kasih

  18. Saya cek di ark.intel, tipe memori saya ddr4-2400, lpddr3-2133. Tapi ternyata kalau cek di e-commerce, harga ram ddr4 menyentuh jutaan lebih. Ada saran gak ya? Apa bisa pakai yg ddr3 aja? Atau beli lepasan atau second? Thank you

    1. Halo Cimit,

      Kalau DDR4 ya beli yang DDR4. Masalah harga itu terserah Anda, mau nabung dulu, atau beli second. Tapi kalau beli second ya harus tahu risikonya, supaya bisa benar-benar bisa beli yang second tapi masih bagus.

  19. Permisi om saya mau nanya laptop saya ASUS X441N,intel 2core N3350,up to 2.4GHz HDD 500GB Ram 4gb Processor Intel (R) Celeron(R) CPU N3350 @ 1.10Ghz, Processor speed 1094 MHz Nah saya pengen nambah 4gb ram lagi untuk menjadi 8gb ram apakah bisa? Kalau bisa cocok nya beli seri yang apa ya om.
    Sekalian donk om minta nama fb nya atau no wa biar bisa nanya nanya juga biar lebih cepat hehehe

    1. Halo,

      Kalau mau tanya-tanya langsung tulis di kolom komentar ini saja, supaya yang lain juga bisa baca. Jika Anda bertanya melalui email atau kontak pribadi, tidak akan saya balas.

      Mengenai pertanyaan soal tipe RAM, di artikel ini sudah ditulis cara mengetahui seri apa yang cocok. Silakan dibaca lagi.

      Saya akan memberikan jawaban dari pembaca jika jawabannya tidak ada di artikel, tetapi kalau sudah dijelaskan di artikel, saya akan rekomendasikan untuk dibaca dan dipraktekkan caranya. Kalau ada kendala baru bisa ditulis di sini.

      Silakan lakukan yang ada di poin nomor 1. Cek Tipe Prosesor

      Terima kasih,

    2. Bang coba tambahin petunjuk bagi yang mau upgrade atau ganti hdd menjadi ssd dong banyak yang nanyain

  20. Mau nanya, saya ingin up ram dari 2 gb ke 4gb-8gb,intel core i3-2348,2,30 GHz DDR 1066/1333,max memory 16 gb channel 2 tapi masih 32 bit.bisa nggk di up ramnya dan rekomen mending up ram jadi brp. Mksh

  21. Saya memakai laptop yg sama dg mimin review Asus A455L Core i3-4030U, dg RAM 2GB.

    Saya sudah coba upgrade dg RAM Corsair 8GB DDR3L 1600 dan menggunakan windows 8.1 pro 64bit.

    Masalahnya RAM yg terbaca hanya 2GB sesuai bawaan laptop. Mohon solusi dimana letak kesalahannya mimin.

  22. Mas mau tanya nih, saya punya laptop dengan tipe sama persis sama yang si mas, mau tanya nih saya sebagai orang awam, ini laptop sy ko berat banget ya buka aplikasi seperti contohnya buka chrome, sy belum di upgrade si laptopnya, apa ini ngaruh dari kmspco? Thnaks

      1. K mau Tanya laptop saya asus x540y
        AMD Dual Core E1-7010
        Saya mau Cek procesor tp gak bisa gmn ya, saya mau upgrade krn lemon pdhal blm lma belinya

          1. Maaf mas Virman, Menyambung pertanyaan tsb, klo bisa diupgrade trs solusinya utk mempercepat kinerjanya bgmna mas? apakah tambah/ganti perangkatnya mas

          2. Kalau slot RAM nya masih ada yang kosong, ya bisa ditambah. Kalau cuma 1 slot, ya ganti yang kapasitasnya lebih besar.

  23. Assalamu,alaikum. saya punya lektop merek asus A43s
    cpu intel core i3 2330m 2,2 ghz. memory 2 gb Nvidia geforce 1gb. pertanya saya :
    1 berapa kapasitas buat up memory ram ?
    2 bila saya upgread beli 4 gb di tambah yang ada terpasang 2 gb menjadi total 6GB , dengan slot berbeda yang slot bawaan 2 gb slot new 4 gb . jadi masalah apa tidak ?

    1. 1. Artikel di atas sudah saya kasih tahu caranya, jangan malas membaca dan mempraktekannya. Baca poin ini >> (https://www.lhageek.com/2017/12/3742/jangan-upgrade-ram-dulu-baca-ini-agar-ram-cocok-dengan-laptop-mu#Cara_Search_Cepat)
      2. Saya tidak paham maksudnya. RAM 2GB bawaannya itu ada slot sendiri yang RAM nya bisa dicabut atau tidak? Kalau RAM bawaannya model onboard (tertanam, otomatis slot RAM kosong hanya ada 1). Dan yang kosong itu bisa kasih RAM tambahan. Yang jelas tipe RAM harus sama.

  24. Kalo punya saya mau upgrade RAM maximalnya 8GB,nah itu kalo di ganti RAM 8GB apakah akan terbaca 10GB,Seperti yang Max 16GB lalu akan di ganti 16GB juga tapi terbacanya 18GB.

  25. Halo bang, saya mau nanya nih. Laptop saya Asus A456UF processor i5-6200U. Saya mau upgrade RAM, dari artikel di atas saya coba cari tipe RAM saya, ketemu DDR4-2133, LPDDR3-1866, DDR3L-1600, ini maksudnya saya bisa pake salah satu tipe ram dari 3 tipe di atas? Kalo iya, saya minta saran dong pake tipe ram mana yg terbaik. Terima kasih sblmnya.

    1. Yang terbaik ya jelas DDR4-2133 dong. DDR4 kelasnya di atas DDR3. RAM itu dulunya DDR1 > DDR2 > DDR3 > DDR4

  26. Bangg,, laptop saya asus x441ua processor i3-7020, saya mau upgrade RAM renncananya, tipe ram saya DDR4-2133, nah tapi saya bingung ka masalah harga dan cara pemasangan (maklum saya masih baru dalam hal ini)….. mohon pencerrahannya kaa..

    1. Harga bisa cek di marketplace online, tinggal pilih merek apa.
      Cara pasang, tinggal cari tutorialnya di YouTube. Jika masih ragu, bisa minta bantuan teman yang bisa.

      1. berarti search di marketplace online nya misal “ram 8gb DDR4-2133” gitu ya bang?

    1. Nggak bisa. Soalnya RAM ASUS X540Y on board (tertanam di mainboard) bukan yang berbentuk slot.

  27. Kaak, gini saya mau update ram PC. Ram pertama saya 2GB 1600mHz. Nah saya mau ganti jadi 8GB 1600mHz. Kira kira berpengaruh besar buat kecepatan ga kak?

  28. Laptop kita sama bg,sekarang masih standrt pabrik. Saya mau meupgrade untuk editing video apa yang harus saya lakukan ?
    Mohon info bg,untuk pemakain alat2 yang harus di upgrade ?
    Untuk editing saya rencana saya pakai pinneacle 18.

      1. Agar laptop bekerja dengan baik dan maksimal,bagusnya ram dan ssd nya diupgrade yang berapa bos ?
        Mohon pencerahannya bos

  29. Halo, permisi mas Virman saya mau tanya untuk RAM yang cocok buat Asus A456U Core i5-7200U. Udah coba cek di link yang mas kasih kata nya max 32GB, cuma saya kurang ngerti RAM yang cocok buat laptop saya yang apa. Makasih mas

  30. Kak saya mau tanya laptop saya asus TP230N untuk cpu pke yg intel pentium series N4200, udah cek sesuai langkah2 diatas. Laptop masih standar pabrik dgn ram bawaan 4gb,max ram yg terinformasi setelah di cek website intel 8GB. System pke windows 10 home 64bit. Saat ini laptop bawaannya lemot. Kira2 lbh baik upgrade ram ato ssd ya kak? Terimakasih kak

    1. Dicek dulu, RAM Usage nya berapa? Kalau RAM Usage udah tinggi dan sisanya sedikit terus, berarti perlu upgrade RAM dulu.

  31. Gan kalo ram tipe ini yg ddr2… 2rx16 pc2-6400s-666-12-a3
    M470T2864QZ3-CF7 0850 itu tipe ram saya gan.. Cara belinya harus cari yg sama atau tidak gan

  32. maaf mas mau nanya, saya punya laptop asus x550jx yg ram 4gb, nah kemarin saya tambah ram yg corsair ddr3l 8gb 1600, pas main game kok malah keluar sendiri ya,tulisannya “driver irql not less or equel” sama “unexpected kernel mode trap” padahal sebelum ditambah ram 8 gb gak kenapa-kenapa mas, tau solusinya gak mas?
    terima kasih

  33. gan mau nanya, kan prosesor saya i3 6006u yg dimna itu maximal memory / ramnya 2, jadi dilaptop saya itu ada dual slot untuk ram kan? mohon jawabannya

  34. Bang mau nanya laptop sy Sony Vaio, procesor core i5-3210M (2,5 Ghz) ram 4 GB, udah di cek intel.com max memori 32 GB, memory chanel 2, DDR3/L/RS-1333/1600, rencana mau nambah Ram 8 GB biar jadi 12 GB kira2 yg cocok apa ya Bang ?, chanel 2 brrti slotnya 2 apa gimana bang ? mohon infonya

  35. Bang PC aku ram DDR3 kalo di update ke ram 16 gimana perosesor Intel windows 7unlimeted gimana kalo buat main pubg grafik ultra lag gk

  36. Bang mau tanya Processor laptop saya Intel core i5-8250U , saya sudah lihat di tabel maksimal upgrade ram 32GB, saya mau upgrade ram 16GB + 4GB ram (Oanboard) jadi total nya 20 GB. Apakah bisa bang ? Soalnya pas saya cek di spesifikasi laptop saya maksimal upgrade ram itu 12 GB, sedangkan Processor saya mendukung hingga upgrade 32 GB.

    Tolong bang saran nya .. terima kasih

    1. Sebelum di upgrade pakai RAM 16GB atau 8GB (total 12GB), mending lihat dulu kebutuhan RAM laptop kamu berapa. Kalau 12GB cukup, mending beli RAM tambahan 8GB saja, jadi total 12GB.

  37. Utk laptop saya menurut Intel cocok sama DDR4-2133 tapi menurut sumber lain kalo liat performance task manager speed memorynya 2400MHz. apakah ram tambahan bisa 2400MHz ? trims

  38. gan saya pakai rog ge 503 ram ddr4-2666 rekomen ram yang bagus donk gan support sampe 64 gb processornya inter core i7 8th generation 8750h

    1. Bang kalo leptop asus A556U,, ram 4GB,, prosesornya intel core i5 + Nvidia Geforce 930m,, mau saya upgrade jadi 8GB,, bisa nggak bang,, mohon sarannya bang??

      Sekian terimakasih

  39. Gan kalo ram bawaan 4 GB dan slot satu nya di pasang ram 8 GB jadi total 12 GB bisa ?. Apakah ada efek sampingnya ?

  40. Bang saya mau tanya, laptop saya ASUS X453MA, RAM 2GB, Processor Intel Pentium CPU N3540 saya cek di ark.intel.com max memory nya 8GB. Berarti klo sy mau upgrade RAM langsung ke 8GB bisa bang?
    Kebutuhan saya buat editing video/photo (adobe photoshop, adobe premier) kira-kira support nggak ya bang ?

  41. Laptop saya sama dg agan yaitu ASUS A455LD.
    Setelah baca artikel ini bisa disimpulkan Kapasitas RAM maksimal nya 16GB ya gan.

    Jadi kalo saya mau upgrade 8GB berfungsi normal kan ? (Total nya 10GB ditambah RAM bawaan 2GB)

    Terimakasih :)

  42. Bro sekarang kan dah susah bener cari ram yang PC10600=1333 karena kebanyakan sekarang jual yang ddr3L dan ddr4, kalaupun di labelnya tertera PC10600 banyakan setelah di pasang jadinya PC12800, boleh gak pakai yang PC12800=1600 sekalian?

  43. bro, kebetulan laptop kita sama, nah gua mau upgrade ram karena buat render video, gaenak minjem laptop adek mulu tiap ngedit video.. nah mending upgrade jadi 6gb apa 10gb ya bro, trs yg lu pake buat laptop lu merk apa yg compatible bgt.. thank you..

    1. Bisa di upgrade jadi 6GB, tinggal beli RAM yang 4GB (saya punya second, masih work, kalau mau balas komentar ini). Atau upgrade jadi 10GB, tinggal beli RAM yang 8GB. Yang jelas tipenya DDR3L bukan yang DDR3.

  44. Bang nanya dong, ram laptop bawaan saya ddr4 PC1700 2133hz. Nah ini baru beli ram ddr4 PC 1920 2400hz, ini nanti kira2 efeknya dimana ya bang?

  45. Gan, laptop saya asus x411qa dengan spesifikasi amd a12 integrated vga r7, kapasitas ram sudah 4 gb, namun vram yang terbaca hanya 80 mb, yang ingin saya tanyakan, apabila saya upgrade ram menjadi 8 gb atau 12 gb, apakah vram saya nanti bisa 512 mb ke atas?

  46. Bg saya mau nanya ni saya punya asus X441U dan yang mw saya tanyakan bg.Ram jenis n tipe. Brpa yang cocok utk laptop itu bg.

    1. Bang, laptop kita sama nih. Bang Awan sudah berhasil upgrade RAM belum? kalo udah, jadinya pasang yang berapa GB dan pakai yang DDR4 atau DDR3L ?
      Pakai merek apa upgrade RAM nya?
      Semoga cepat dibalas. Terima kasih Bang!

  47. Gan laptop saya asus x454y ram asli 4gb s mau upgrade ram , kira2 ram jenis gimana yg cocok, kalo pake hyperX fury bisa ga yang 8gb jidnya kan 12 gb

  48. Gan, RAM Laptop ane DDR3 4 GB PC-8500 1066 MHz (2 Slot), mau upgrade ke yang 8 GB (2 slot) jadi 16 GB, udah cek di website sih Max sampai 16 GB. Pertanyaan saya, apakah bisa di ganti dengan yang bukan PC-8500 ? soalnya saya cari di toko online ngga ketemu.

  49. Hallo Bang, Prosesor saya sama dengan abang, i3 4030U. Disitusnya itu digunakan tipe RAM DDR3L tetapi di laptop saya saya (acer E5 471) pakai RAM DDR 3, pilih ygana kalau mau upgrade bang ?

  50. Bang, saya pernah baca ulasannya. katax klo mau upgrade RAM harus kelipatannya. misal bawaan 2GB diupgrade dg 4 GB jadi total 6GB.
    Nah, abang upgrade lgsg 8GB apa gak ada trouble?

  51. trimakasih artikelnya sangat bermanfaat..
    mau tanya untuk laptop sy merk HP core 15-8250u ram 8gb,, VGAnya bawaan ya??,, bisakah pasang vga yg lain,, kalau mau tambah ram bagusnya gimana? Trimakasih

  52. Tanya min, Saya sudah beli RAM DDR4 8gb 2666Mhz sudah saya pasang ke laptop tapi monitor laptop tidak menyala tapi lampu indikator menyala. Itu solusinya bagaimana ya??? Apakah perbedaan kecepatan berpengaruh??
    Spesifikasi laptop:
    Asus A442UR i5 8250u
    RAM DDR4 2400Mhz 4gb

  53. Laptop saya prosesornya “Intel® Core™ i5-6198DU”, saya cek Memory Typesnya “DDR4-2133, LPDDR3-1866, DDR3L-1600” dan jumlah slot RAM-nya 2.
    Jadi kalau saya mau input RAM baru, DDR3L atau DDR4 ya?
    dan juga kecepatan yg benarnya itu 2133MHz atau 1600MHz

  54. permisi , om virmansyah … izin tanya
    laptop saya CORE I3-2370M ..
    2 slot memori , 1 memori di diagnosis rusak ,
    jadi tinggal 1GB.
    klo saya beli 8GB single , apakah optimal om ? , max laptop-16 GB ..
    mohon pencerahannya , om

  55. Bang, mau nanya opininya nih.
    Netbook sana Dell N3162. Prosesor Intel Celeron N3700. RAM bawaan 4 Gb. RAM tipe DDR3L-1600 bisa di-upgrade smp 8 Gb (ini udah saya cek ke web ark intel spt tulisan diatas). Pas saya bawa ke toko komputer utk upgrade RAM ke 8 Gb, yg jaga toko bilang kalo prosesor kayak celeron begitu sia2 aja upgrade RAM smp 8 Gb, gak akan kepake katanya, walaupun support utk upgrade. Apa benar begitu, bang?

    1. Kalau penggunaan aplikasi mu banyak, dan memang butuh resource RAM besar, ya kepakai. Memangnya saat ini RAM Usage mu berapa persen

  56. Mas mau tanya laptop saya asus X 550 VXK dengan processor Intel® Core™ i7-7700HQ Processor, laptop tersebut bisa di upgrade ram kan ya? berarti tipe ram yang cocoknya adalah
    DDR4-2133MHz karena bawaan ram nya di spesifikasi pake 2133MHz? jika saya pake yang 2400 apa tidak apa2 gan? terima kasih jawabannya dan di tunggu jawabannya hehe

  57. Jadi gini min laptop Acer saya kan ram bawaan nya 2gb onboard lagi nah kalau saya tambahin ram 8gb otomatis jadi 10gb kan sedangkan cpu Celeron cuma support 8gb kalau saya paksakan up pakai yg 8gb apakah akan terbaca 8gb atau gk kebaca sama sekali

  58. Mas Virman klw RAM bawaanya DDR3 4 GB PC-10600/1333Mhz trus nambah RAM DDR3 16 GB tapi untuk Kecepatannya Beda jadi di atasnya DDR3 16 GB 12800/1600 Mhz, Apa bisa di gunakan klw beda di kecepatannya…???

  59. Halo mas vir, mau tanya. Saya pakai processor intel i5 dengan ram 8gb dia suport sampai 32gb sudah saya cek, nah disini klau saya mau Nambahin ram mending beli yang 32 gb atau yg 16gb ya karena kalau pakai yg 32 totalnya nanti 40 dan g jelas apa memang harus lepas yg 8gb dan pasang yg 32 gb ? Kira2 tetap optimal kah jika ram besar seperti ini dan tidak terjadi crass atau lainnya ?

    1. Sebelum membeli yang 16 atau 32 GB, sebaiknya lihat dulu kebutuhannya apa. Apakah memang kamu benar-benar butuh RAM dengan kapasitas sebesar itu? Kalau pakai 16GB cukup, ya beli saja yang itu.

  60. Bang laptop saya Acer Apspire E1 471, Intel core 13-2348M, 2 GB DDR 3 Memory. Saat ini gunakan windows 7 ultimate 32 bit, tapi lambatny sudah melebihi batas kesabara.
    menurut bang virman gmn solusi itu ??
    apa ckup saya tambah ram 2 GB lagi di slot 2 ??
    atau updrage ke windows 7 46 bit, dengan tambah ram 8 GB di slot 2 ??
    karena max 16 GB klo baca dari atas.

    Mohon bantuannya bang
    terima kasih

  61. Mas mau tanya, sekarang posisi ram saya di 1600 mHz nah, yang jadi pertanaan waktu saya cek di intel untuk spesifikasi memori saya itu 1066/1333.

    Nah, saya mau upgrade ke 8 gb, itu lebih baik saya beli 8 gb 1066/1333mHz atau beli ra, yg 1600mHz lagi.

    sampe detik ini sih ga begitu bermasalah untuk pemakaian nya mas? Pengaruh banget ga sih?

  62. Spek laptop *i7 9750H *GTX1650 4GB *Ram 8GB. Rencana mau upgrade Ram, bisakah tambah ram 16gb (8GB+16GB) atau harus identik 8GB+8GB? Terimakasih sebelumnya .

  63. Saya baru beli laptop bekas type x453m, processor intel “coleron”. Kalau saya upgrade ke 8 gb bermasalah nggak ya maklum laptopnya agak lemot…. Maaf saya kurang paham tentang laptop.

    1. Bisa diupgrade. Pakai RAM tipe DDR3. Tapi harus membongkar casing kalau mau upgrade karena tidak ada penutup slot khusus RAM.

  64. bang laptop sy HP core i3 5005U RAM 4GB DDR3L 1333/1600 LPDDR 1333 /1600.
    mau sy upgrade RAm 4/8 GB.
    seri nya yg kyk mn bg??

    1. Lha itu sudah ada seri RAM bawaannya “DDR3L 1333/1600 LPDDR 1333 /1600”, tinggal beli yang seri itu saja.

  65. Selamat siang om virman
    Terimakasih atas ilmu nya dan kebetulan saya ingin upgrade laptop saya agar visa instal aplikasi aspen hysys, superpro dan beberapa aplikasi keteknik kimiaan sbg penunjang dalam kuliah saya nanti..
    Laptop saya toshiba dg prosesor intel core i3-2328M, CPU 2,2 GHz, dg Ram 2 Gb serta system type 32 bit..
    Setelah saya baca dan telusuri artikel om, saya mendapati info dari situs intel kalo untuk prosesor saya: maks 16 GB memori, dg tipe memori DDR3 1066/1333, dg memory channel dual channel, dan setelah saya telusuri spesifikasi memori berdasarkan tipe operasi window saya (windows 7 ultimate 32 bit) bahwa limit ramny 4 GB..
    Dari situ saya ambil kesimpulan bahwa ram yg harus saya beli dg spek:
    1. Kap memory 4 giga
    2. Dual channel
    3. Tipe memori DDR3
    Yg jdi pertnyaan saya ialah:
    1. Apakah perkiraan saya ttg ukuran ram yg akan saya beli sudah benar??
    2.apakah setelah saya upgrade, aplikasi2 yang ingin saya instal tersebut bisa “jalan”?
    Mohon arahannya om

  66. Kalo salah beli di kecepatan efek nya apa? Saya udah bener soal tipe RAM dan maksimal kapasitas RAM, beli yg DDR4 dan tambah 8GB (maksimal 12GB) tapi saya salah di kecepatan nya, di spek prosesor batasnya 2400 MHz, tapi saya beli yg 2666 MHz.

  67. halo bang, ulasannya sangat membantu sekali,
    tapi saya ada pertanyaan ni,
    laptop saya ASUS S14 X430U, terinstal Intel® Core™ i7-8550U Processor,
    mohon bantu jawab, untuk ram pabrikan laptop seperti saya, merk apa ya?
    karena saya mau tambah ram dengan merk yg sama, barangkali mimin tau :D
    atau ada rekomendasi ram apa yg cocok,
    terima kasih min

  68. Hallo Virman, laptopnya sama dengan saya A455L core i3-4030u Ram ddr3l 2gb saya mau upgrade ddr3l 8gb tapi masih bingung dengan kecepatannya. Pakai 1333mhz atau 1600mhz harusnya?
    Mohon bantuannya…
    Terimakasih.

  69. Mas numpang nanya, saya menggunakan laptop Asus core I5-3317U dengan spec seperti dibawah.

    Max Memory Size (dependent on memory type) : 32 GB

    Memory Types : DDR3/L/-RS 1333/1600

    Max # of Memory Channels : 2

    Mohon saran saya bisa upgrade RAM di berapa yang disarankan dengan sistem operasi windows 10?

    Thank you sebelumnya mas.

    1. Lha kebutuhannya RAM berapa giga mas? Upgrade itu sebaiknya disesuaikan sama kebutuhan penggunaan laptop untuk apa saja, aplikasi yang sering dijalankan butuh RAM berapa, dll.

  70. saya beberapa bulan lalu beli ram ddr4 merk vgen 19200 4gb, buat upgrade ram laptop asus a442ur yg bawaannya ddr4 4gb 2400mhz dan onboard. setelah ram dipasang, laptop hanya muncul layar hitam (blank). mohon bantuannya?

  71. Halo bang, laptop saya asus A442U, kapasitas ram bawaan 4 gb intel corr i5 8250U. Unruk kebutuhan desain ini masi termasuk lama. Dan saya bingung antara beli ram 8gb + ssd atau 16 gb tanpa ssd. Mending saya pilih yg mana kalo diantara 2 itu. Makasih sebelumnya

  72. Bang Laptop sama Asus x450c
    Max Memori Size = 32GB
    Tipe Memori = DDR3/L/-RS 1333/1600
    Sebaiknya upgrade RAM yang 8GB atau 16GB ya Bang??
    Terus tipenya yang DDR3 atau yang DDR3L??

    Ditunggu informasinya Bang.
    Oh iya kalo,
    Max # of Memory Channels = 2
    Itu maksudnya ‘2’ Slot RAM Bang??

  73. Bang mau tanya rekomendasi pasang vga external untuk asus X455L cocoknya pakai type apa? Terimakasih

  74. gan..laptop gw rog gl503ge, di officialnya ram up to 16, trus ane cek pke metode diatas max capacity ram 64gb. ad pula yng mngtakan up to 32 . nah ini gmn gan? makasih…

    1. Metode pengecekan melalui situs Intel itu untuk mengetahui prosesor tersebut bisa menggunakan maksimal RAM berapa GB. Nah, kembali lagi ke pihak pabrikan laptopnya, meskipun prosesor bisa up to 64GB misalnya, tapi pihak pabrikan melakukan limit karena pengaruh hardware pendukung lainnya.

  75. bang laptop saya asus Asus A451L i5 NVIDIA GT 740 4gb ram. apakah alptop saya masih bisa upgrade ke ram 8 gb?

  76. Bang saya mau nanya..saya punya laptop merek asus x441b, kemaren saya mau upgrade,jadi saya beli ram ddr4 8gb ..cuman pas dipasang ke laptop saya nggak bisa bang..cuman speed yang saya beli itu 2666 Mhz,sedangkan speed ram dilaptop saya 1866mhz kalo nggak salah…jadi kalo saya mau beli ram lagi yang speed berapa yang cocok ya bang..atau ada rekomendasi gitu bang??

  77. mas, laptop saya asus tuf gaming fx505dy yang varian 512gb ssd, prosesor amd ryzen 5 3550H, sudah support dual channel, ram bawaan 8gb, saya mau tanya Ram yang paling compatible dengan prosessor laptop saya apa ya mas?? mahal juga ok mas yang penting paling cocok dan bagus

    1. Cari saja RAM SODIMM dengan spek DDR4 PC-19200 2400MHz. Kapasitas maksimal RAM di laptop tersebut 32GB. Merek terserah, bisa Corsair, Team Elite, VenomRX,

  78. Urgen ….Laptop saya thinkpad L412, proci nya Intel® Core™ i3-370M, tipe ram (menurut intel) DDR3 800/1066 , mau tanya arti angka 800 = kec 800 Mhz dan 1066 = kec 1066 Mhz ? atau artinya apa mas ? tanda garis miring itu pilihan salah satu ? terima kasih….. kasusnya adalah. ..lapto sy ganti ram nya dgn ddr3 pc-3 12800….ram nya ke detek dan run normal tapi terus laptop sering mati sendiri…apakah karena tipe memori yg bisa menyebabkan overheat krn tidak sesuai tipe yg dianjurkan, sehingga sering mati sendir ? padahal windows baru install baru

  79. Bg…
    Laptop saya jadul nih…
    Masih processor Intel Core i3-2330M…
    Trus pakai Windows 10 pro 32bit…
    Rekomendasinya upgrade RAM berapa, Bg?
    Trus bisa ya klau windowsnya yg diupgrade supaya bisa tambah gede RAM nya?

  80. Untuk RAM saya sudah paham dengan urain yang di jelaskan, bagaimana dengan Grapichnya bang ?, saya mau upgrade grapich PC saya Dell 390 Optiplex apakah cara upgradenya harus cek seperti uraian di atas itu ??

    Mohon bantuan penjelasannya
    terimakasih

  81. Maaf gan numpang tanya Laptop saya samsung 7 ultra, cpu Intel c i5 3337U, ram DDR3 4 gb PC3-12800 (800 MHz), Windows 10 pro, klo ditambah ram 8 gb yg direkomendasikan tipe apa saja gan? Terima kasih sblmnya

  82. Admin mau tanya, kira-kira info max supported RAM yang lebih rekomendasi yang mana ya? saya pakai laptop mobo X450LCP keterangannya max 8GB, tapi di processor i5-4200u keterangannya max 16GB.
    Mobonya punya 4GB onboard, sekarang plus 1 keping 4GB (4+4=8GB) jalan normal, pengen iseng beli ram 8GB (4+8=12GB) tapi sayang juga kalau gak jalan jadi gak kepake RAM nya hehe. Trims.

  83. Laptop saya Asus Intel® Bay Trail-M Dual Core Celeron N2840 Processor,

    Memory Specifications

    Max Memory Size (dependent on memory type) 8 GB
    Memory Types DDR3L 1333
    Max # of Memory Channels 2
    Max Memory Bandwidth 21.32 GB/s
    ECC Memory Supported ‡ No

    Saya mau upgrade RAM, dari bawaan 2GB menjadi 8GB gimana caranya mas? Kalau bawaan 2GB berarti tinggal 6GB. Kira-kira bisa gak mas?

    1. 2 + … = 8, hayo kira-kira butuh tambah berapa :) itu kalau laptopnya masih ada slot RAM ya. Kalau cuma 1 slot ya yg 2GB diganti 8GB.

  84. Kak…,saya mau tanya…
    saya berencana untuk meng-upgrade laptop saya untuk kebutuhan teknis (pengolahan data), laptop saya Dell G3 i7 RAM 8Gb dan 1TB HDD, saya berencana untuk upgrade memory dan juga storagenya kak. Ada rekomendasi merk apa dan bagaimana kak?

    Terima kasih sebelumnya ya kak….

    1. RAM 8GB masih kurang kah? Upgrade Storage itu tujuannya untuk apa? Apakah mau ganti SSD atau ya HDD? Kalau mau nambahin HDD untuk penyimpanan, mending beli HDD Eksternal.

  85. Min saya mau tanya kalau di memori spek saya di intel ada 3, DDR4-2133, LPDDR3-1866, DDR3L-1600
    Nah ini saya kalau mau upgrade beli yang ddr4 atau ddr3L?
    Laptop saya intel i3-6100u 2.3 ghz min sekarang ramnya 4 gb

      1. Itu spek dari website intel min, dikasi 3 gitu
        Saya baca di internet sih pakenya ddr3L min,jadi saya beli yg ddr4 kah min?

  86. bang laptopku asus series A456U, trus processornya gen ke 7 intel core i5, kira-kira kalau tambah ram adata yang 2666 mhz cocok ga ya?

  87. Bang mau tanya, rencana mau upgrade ram, laptop saya HP 1000-1308TX, processornya intel i3 2348M.
    tapi saya bingung pas saya cek di situs ark.intel memory type nya DDR3 1066/1333, tapi pas saya cek pake app CPUz voltage ramnya 1,35v.
    pertanyaannya jadi saya harus beli ram yang DDR3 apa yang DDR3L bang?
    terima kasih sebelumnya.

  88. saya punya laptop core i5 6200u ram 4 ddr4 2133 saya tambah slot sbelah nya dengan ram venom ddr4 2666.
    kenapa ya laptop saya jadi lemot dan setelah saya lepas juga ram nya, lemot nya tetap ngikut.
    solusi nya kang

    1. Lemot itu karena apa dulu? Bisa dicek pas lemot. Di process manager mungkin bisa dilihat, terus kinerja RAM nya juga bisa dilihat apakah berfungsi normal semua atau tidak

  89. Bang, laptop saya core i3-370M. Sodimm yang terpasang hanya ada 1 buah uk 2 GB DDR3 1066 Mhz. Kalo ingin dinaikkan lg, berarti butuh 1 sodimm lg ukuran yang sama kah? atau beli 1 buah uk 4 GB pengganti yang 2 GB td?

    1. Lha slot RAM nya ada berapa? Kalau cuma 1 slot (yang terpasang 2GB itu), ya beli di atas 2GB. Tapi kalau ada 2 slot, ya bisa beli minimal 2GB, jadi nanti total 4GB.

      1. Slot ram ada 2, jd nganggur 1 slot.
        Oke, kalo seandainya diisi pake 2 buah ukuran 4 gb, apakah bisa maksimal atau malah percuma ya? Klo menurut saran bang Virman bagaimana? Saya instal Os Windows 7 64 bit soalnya..

        1. Yang namanya upgrade/nambah RAM itu fungsinya untuk menambah performa. Jadi kalau pertanyaannya apakah malah percuma itu, percuma di sisi mananya? Sebaiknya pelajari dulu RAM itu apa dan sistem kerjanya untuk apa.

        2. Memang benar, tujuan saya ingin menambah ram supaya bisa maksimal performa ataupun kinerjanya. Yang saya tanyakan, dengan spek yang telah saya sebutkan tersebut, dan melihat di ark.intel.com, kapasitas ram maksimalnya hanya 8 gb. Awalnya hanya 1 slot 2gb, 1 slot kosong. Agar maksimal nih performa ataupun kinerjanya, apakah 2 slot ram itu bisa diisi 3 pilihan seperti (2gb+2gb , 2gb+4gb , 4gb+4gb , 1 slot 8gb atau adakah saran lain)? . Terima kasih.

          1. Yang terpenting jangan melebihi 8GB, karena nanti akan sia-sia kalau melebihi 8GB, bakal mentok di prosesornya. Lebih baik ya dibuat 4GB+4GB

  90. bang untuk laptop lenovo type v330 core i5 8th yg cocok ram merk apa ya?
    takut salah milih, ntar malah gak berungsi karna gak cocok gitu. makanya minta rek dari bang-bang.

  91. Bang laptop saya laptop aspire a314-4142pe
    Processor : AMD A-Series dual-core processor A4-9120e (1 MB L2 cache, 1.5 GHz with Turbo Core Technology up to 2.2 GHz, 6W)
    Display : 14″ HD 1366 x 768 resolution, Anti-Glare.
    Memory : 4 GB DDR4.
    Storage : 1TB HDD.

    Nah saya mau uprade ke ram 8 cocok ga mas? Sama satu lagi laptop saya kan merek acer trus saya beli ram merek Samsung itu masuk ga ya? Kan itu merek nya berbeda dengan laptop + ram nya

  92. Permisi admin, numpang tanya.
    Sebelumnya spec singkat laptop saya
    merk : Samsung
    model : NP355V4X-A02ID
    proccessor :AMD A6-4400M APU with Radeon(tm) HD Graphics
    Chipset : AMD A70M

    ram bawaan saya 2 GB, sudah upgrade menjadi 4 GB ( 2 x 2GB )

    sekarang mau tambah lagi menjadi 8Gb ( 2 x 4GB )
    masalahnya, bulan lalu sempat beli disalah satu marketplace, dan ternyata tidak compatible dengan laptop saya. padahal merk sama dan spec sama, hanya saja beda module chipset yang lama menggunakan 1r8 dan yang baru menggunakan 2r8 apakah memang tidak bisa ?

  93. Permisi gan numpang tanya. Laptop saya Asus X441UB, processor Intel Core i3 7020u, sudah ada RAM onboard DDR4 2133MHz 4gb, masih ada 1 slot RAM kosong. Saya berencana tambahkan RAM Corsair Vengeance 8GB 2666 MHz, sehingga totalnya 12 GB. Apakah RAM Corsair tersebut akan kompatibel dengan laptop saya?

  94. Halo bang, saya mau bertanya. Saya kan punya laptop asus x452c core i3 dengan ram bawaan 2gb on board. Kalau saya ingin tambah ram 4gb biar jd 6gb apakah bisa? Dan apakah akan berpengaruh terhadap performa laptop? Terimakasih

  95. Permisi gan, numpang tanya.

    Laptop ane ASUS X45C
    Prosesornya i3-2370M
    Dual channel (1 onboard)

    Niatnya ane mau tambah RAM jadi dual channel. Ane bingung harus beli DDR3 atau DDR3L gan.
    Di web intel rekomennya DDR3 1066/1333, tapi ada juga yang bilang DDR3L. Ane cek pake CPU-Z gak kedetek gan karena onboard.

    Bagusnya ane harus pake yang mana ya gan?
    Terima kasih untuk jawabannya.

  96. Bang saya make laptop Asus a43s Intel® Core™ i5-2430M Processor ddr3 1066/1333 ram bawaan 2gb, saya beli ram yg mana ya gan? yg ram 8gb rata2 ddr3l smua. Mohon pencerahannya

  97. gan,.. laptop sy jadul baru beli sesuai kantong…,(urgent harus punya)
    Hp compac presario CQ43
    spec.. prosesorcore : i3 M380@2,53 Ghz
    ram : 1GB ( 886Mb usable )
    system type : 64-bit operating system
    install : window 7 profesional
    harddisk : 300gb

    sy bekerja dgn aplikasi utama dgn Autocad 2006 dan sketchup pro 2013

    mohon pencerahan :
    sebelumnya ram 2gb (2 keping DDR3 , pc-8500 & pc 10600).
    sekarang ram 1gb (1 keping DDR3, pc-10600 yang pc-8500 bermasalah jadi dilepas karena laptop terkadang mati sendiri) lumayan bisa standby hampir +/- 6 jam.

    rencana sy mo tambah ram 4gb dan SSD 120gb.
    (rencana selanjutnya )klo rizki cukup mo cari laptop spek agak tinggi dgn vga nvidia

    sebaiknya: 2 keping@2gb DDR3L atau 1 keping 4gb DDR3L dan pcnya pc-10600 atau pc-12800?
    sebaiknya: dahulukan RAM atau SSD?

    SEBELUMNYA TRIMAKASIH PENCERAHANNYA GAN…

  98. Terimakasih infonya boss.
    Saya mohon pencerahan, anak saya beli laptop Asus A516JAo-FHD3211
    Intel : i3-1005G1/UMA

    -Processor: Intel Core i3-1005G1 / Intel Core i5-1035G1
    -Memory: 4GB on board
    -Storage: 1TB HDD + 256GB PCIe SSD
    -Graphic: Intel® UHD Graphics 600
    -Display: 15.6-inch LED Backlit FHD (1920 x 1080) 16:9 200nits anti-glare panel
    -Operating System: Windows 10 Home

    Kalau mau ditambah Ram, pilih Ram yang spesifikasinya seperti apa Boss?
    Pengennya sih nambah RAM 16GB + bawaan 4GB, jadi total 20GB

    1. Laptop ini maksimal RAM nya 16GB.
      Jadi kalau mau upgrade, ditambah 8GB, tipe RAM DDR4. Lebih mudahnya bawa ke Asus Service Center biar dicek

    1. Ya tinggal cari RAM SODIMM dengan tipe yang sama. Untuk kapasitas disesuaikan saja, mau total 8GB atau berapa

  99. bang berarti laptop ane ASUS X441U Intel Core i3-6006U bisa support sampe 32gb ya? soalnya kata temen kalo laptop lama gabisa nyampe segitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *