Keunggulan Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+

  • Whatsapp

Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+ merupakan salah satu varian laptop Asus seri VivoBook yang memiliki desain yang tipis dan premium. Meskipun harga yang dipatoknya di bawah Rp 10 juta, tetapi laptop ini memiliki kesan yang mahal. Untuk tipe A516 ini memiliki banyak sekali varian yang dijual di pasaran. Bedanya cuma terletak pada spesifikasi prosesor, RAM, Storage, dan Graphic Card nya saja. Selebihnya dari sisi desain sama.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+ dengan spesifikasi Prosesor Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz, 2 cores), RAM 4GB DDR4 (on board), Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD dengan 32GB Intel® Optane™, dan Graphic Card Intel UHD.

Untuk spesifikasi detailnya seperti berikut :

Spesifikasi Asus VivoBook A516JAO-VIPS353

Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+

Laptop Asus ini menggunakan prosesor Intel Core i3-1005G1, yang mana ini merupakan prosesor generasi ke-10. Sayangnya laptop ini baru menggunakan kartu grafis bawaan Intel, UHD Graphic. Jadi jangan berharap banyak laptop ini bisa digunakan untuk kebutuhan multimedia dan grafis yang tinggi. Karena sejatinya laptop ini lebih ditujukan untuk kebutuhan office saja.

Detail spesifikasinya.

  • Prosesor : Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz, 2 cores)
  • Graphic Card : Intel UHD
  • Display : 15.6-inch LED Backlit FHD (1920 x 1080) 16:9 250nits anti-glare IPS-level panel
  • RAM : 4GB DDR4 on board (Free 1 slot)
  • Storage : 512GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD with 32GB Intel® Optane™ Memory + HDD housing for storage expansion
  • Ports : 1x 3.5mm Combo Audio Jack 1x HDMI 1.4//1x USB 3.2 Gen 1 Type-A 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C 2x USB 2.0 Type-A//N/A
  • Konektivitas : Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.1 (Dual band) 1*1
  • Fitur : Fingerprint
  • Dimensi : 36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm
  • Berat : 1.8 kg
  • Garansi : 2 tahun

Keunggulan VivoBook A516JAO-VIPS353+

Dengan melihat spesifikasi di atas, laptop Asus ini memiliki beberapa keunggulan dibanding tipe lain yang harganya selisih sedikit. Keunggulan ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih laptop ini. Apa saja keunggulannya?

#RAM Upgradable

Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+ ini memiliki RAM bawaan sebesar 4GB DDR4. Meskipun RAM tersebut bertipe on board alias sudah ternanam di motherboard nya, tetapi kamu masih bisa menambahkan RAM lagi karena ada 1 slot kosong untuk RAM SODIMM. Maksimal kamu bisa menambahkan RAM berkapasitas 8GB, sehingga nanti total 12GB.

Untuk jenis RAM nya adalah DDR4-3200, LPDDR4-3733.

Untuk menambahkan RAM ini kamu harus membuka cover bawah laptop, dan ini harus dilakukan hati-hati jika laptop kamu dalam kondisi baru, karena nanti bisa menghanguskan garansi jika terjadi kerusakan ketika membuka laptop. Jika ragu, mending bawa ke Asus Service Center agar dibantu untuk menambahkan laptopnya.

#Storage Upgradable

Selain RAM, bagian storage juga bisa ditambah. Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+ memiliki storage bawaan berkapasitas 512GB dengan jenis M.2 NVMe PCIe SSD. Akan tetapi jika kapasitas ini kurang, kamu bisa menambahkan SSD/HDD ukuran 2.5″, karena di laptop ini sudah ada slot kosong untuk HDD/SSD 2.5″.

Makanya di setiap pembelian akan diberi braket untuk HDD/SSD 2.5″.

Sebagai informasi saja, tambahan slot HDD/SSD 2.5″ ini hanya ada di VivoBook A516 (yang ukurannya 15.6″), kalau di Asus VivoBook A416 yang 14″ tidak ada.

#Intel Optane 32GB

Sebenarnya SSD M.2 NVMe sudah cepat, tetapi Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+ ini ternyata juga sudah disematkan Intel Optane 32GB yang akan membuat akselerasi baca tulis data semakin cepat.

Buat yang belum tahu, Intel Optane adalah salah satu produk dari Intel yang fungsinya sebagai akselerator data yang tersimpan di harddisk. Sebenarnya fungsi dari Intel Optane ini akan sangat terasa jika kamu menggunakan HDD, tetapi karena di laptop ini sudah menggunakan SSD, jadi tidak terlalu terlihat pengaruhnya. Namun, adanya Intel Optane akan sangat meningkatkan kecepatan.

Mungkin ini akan lebih terasa jika kamu menambahkan HDD di slot HDD yang ada.

Lebih lanjut tentang Intel Optane kamu bisa membacanya di sini.

#Layar Luas Sudah IPS Panel

Bagi sebagian orang mungkin ukuran layar sangat berpengaruh. Tapi karena ini memang tipe yang ukuran 15.6″, jadi terkesan lebar. Tapi jangan khawatir, desainnya yang tipis tidak membuat laptop ini terasa berat. Justru ukuran laptopnya yang lebih lebar membuatnya lebih nyaman saat digunakan.

Yang penting adalah layarnya sudah menggunakan panel IPS, sehingga membuat tampilan grafis lebih tajam.

#Numpad

Numpad Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+

Laptop ini memang cocok untuk anak kuliahan atau para pegawai kantoran yang suka menghitung di komputer. Karena keyboardnya memiliki numpad di sisi kanannya. Ini akan memudahkan pengguna untuk mengoperasikan komputerisasi hitungan dengan mengaktifkan numlock.


Kekurangan Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+

Ada keunggulan pasti ada kekurangan, menurut kami laptop memiliki beberapa kekurangan yang seandainya bagian ini diperbaiki atau diperbarui akan jauh lebih maksimal lagi laptopnya.

Salah satu kekurangannya adalah di bagian konektivitas, yakni Wi-Fi. Laptop ini baru menggunakan perangkat wireless Wi-Fi 5. Seandainya laptop Asus ini menggunakan Wi-Fi 6 tentu akan jauh lebih menarik. Karena laptop sekarang ini rasanya sudah wajib pakai generasi Wi-Fi 6.

Bagi pengguna awam mungkin ini tidak terlalu penting, karena yang penting sama-sama bisa terhubung ke internet. Tapi sebenarnya Wi-Fi 6 itu jauh lebih stabil. Kalau yang sudah pernah pakai perangkat laptop dengan Wi-Fi 6 pasti akan bisa merasakannya.

Baca juga : Kekurangan ASUS Vivobook K413EA-AM551 Seharga Rp 11 Juta


Harga Asus VivoBook A516JAO-VIPS353+ per Oktober 2021 ini sekitar Rp 8.499.000, ini harga di salah satu toko komputer di Jogja, di kota lain mungkin selisihnya berbeda. Harga ini karena sudah dibundling dengan paket Anti Virus dan layanan purna jual dari toko tersebut.

Apakah laptop ini worth it? Kalau melihat dari spesifikasi dan harga saat ini, ya layak untuk dibeli. Tapi dengan catatan penggunanya lebih memprioritaskan penggunaan laptop ini untuk komputerisasi hitungan, misalnya mahasiswa akuntansi, perpajakan, dan lainnya.

Okay itu saja yang bisa kami informasikan, kalau ada yang ingin ditanyakan silakan tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *