Jangan Beli USB Bluetooth Music Receiver BT-163

  • Whatsapp

Ini pengalaman saya menggunakan Bluetooth Music Receiver BT-163, dan setelah dicoba hasilnya tidak memuaskan. Saya membeli perangkat ini karena ingin menjadikan speaker F&D  A111 yang saya miliki sudah lama, agar bisa memiliki fitur bluetoothnya. Sehingga saya tidak harus mendengarkan lagu dengan smartphone yang dicolok dengan audio jack 3.5mm.

Sebelum membeli perangkat ini, sebenarnya saya sudah lihat-lihat model lain dengan berbagai fitur dan harga. Tetapi akhirnya saya putuskan untuk membeli perangkat ini dengan alasan harganya yang murah sekali. Kemarin beli melalui salah satu marketplace dan harganya hanya Rp 22.500 bahkan ada yang harganya di bawah Rp 20 ribu.

Bluetooth Music Receiver BT-163 ini cuma ada port audio jack 3.5mm saja yang nantinya dijadikan sebagai output ke speaker. Dan fitur konektifitasnya cuma ada Bluetooth 2.1.

Sumber dayanya langsung lewat USB yang dicolok ke sumber listri dengan daya 5V DC. Tidak ada baterai, masa harga Rp 20ribuan ada baterainya. :D

Ketika barang ini datang, saya coba lihat kualitasnya. Hmm, ternyata memang sesuai dengan harganya. Ukurannya dan modelnya sama seperti flashdisk dan untuk covernya sangat tipis, terbuat dari plastik. Bahkan kita bisa dengan mudah membuka covernya dan melihat dalemannya.

USB Bluetooth Music Receiver BT-163 3

Uji Coba Bluetooth Music Receiver BT-163

Tanpa menunggu lama, saya langsung coba menggunakannya. Pertama-pertama saya hidupkan dulu speakernya kemudian kabel audio 3.5mm saya colok ke perangkat ini. Setelah itu saya hubungkan perangkat ini ke sumber listrik dengan kepada colokan yang saya pinjam dari charger (universal) dengan output 5V 1A.

Nah setelah dicolokan ke listrik, bunyi suara ‘ting tung’, yang artinya Bluetooth sudah aktif.

Kemudian saya buka ponsel kemudian aktifkan Bluetooth dan hubungkan dengan bluetooth perangkat ini. Nama bluetoothnya “BT-163”.

Terhubunglah, kemudian saya buka Spotify dan putar lagu, alhasil suara sudah keluar ke speaker. Dari sini saya asumsikan perangkat ini work 100%. Meskipun baru digunakan mutar 1 lagu. Saya pun membawa ponsel menjauh, ternyata dalam jarak 10 meter masih bisa terjangkau.

Saya coba buat mutar beberapa lagu lagi, sembari saya tinggal mandi. Selesai mandi, saya matikan, karena saya sebenarnya tidak suka lama-lama mendengarkan lagu.

Petaka datang

Karena saya ingin coba mutar lagi dari laptop, akhirnya saya hidupkan lagi. Ketika mau nyari Bluetoothnya, kok di laptop tidak terdeteksi. Saya coba berkali-kali untuk mematikan menghidupkan perangkat ini juga sama saja. Saya cek lewat ponsel juga tidak terdeteksi.

Waktu saya coba lepas perangkat ini, lha kok panas banget. Akhirnya saya coba lihat-lihat dan seperti bau gosong. Ternyata plastik (cover) pelindungnya agak ‘ndledek’.

USB Bluetooth Music Receiver BT-163 2

Saya coba colok lagi, tidak ada lagi bunyi suara ‘ting tung’. Dan pada akhirnya saya putuskan dan ikhlaskan kalau perangkat ini sudah mati. hahaha.

Padahal durasi perangkat ini sampai di rumah, uji coba, dan rusak, belum ada 1 jam. Tetapi sudah rusak saja.

Saya tidak kecewa, karena saya menganggap ini hal wajar. Harga Rp 20ribu terus rusak, ya wajar. Apalagi kalau lihat kualitasnya seperti ini. Saya pun iseng melihat review-review produk ini dari beberapa pembeli, ternyata banyak juga yang komplain demikian. Bahkan ada yang tidak bisa dipakai sama sekali.

Ya beruntunglah saya yang bisa menggunakan perangkat ini untuk satu dua lagu. :D

Inilah yang saya maksud jangan beli Bluetooth Music Receiver BT-163. Harganya sih murah, tetapi ya jangan berharap bisa dapat kualitas yang bagus dan awet.

Nah buat kalian yang kebetulan mau nyari barang seperti ini, saya sarankan tidak perlu beli yang model ini. Mending beli yang bagus sekalian, saya sudah buat 5 Rekomendasi jika ada yang ingin mencari perangkat seperti ini.

Sila baca : 5 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Berkualitas dan Awet

Semoga review pengalaman saya menggunakan perangkat ini bermanfaat untuk kalian semua. :D Hikmah yang bisa diambil adalah, jangan beli karena harga, karena harga akan menentukan kualitasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

33 Komentar

  1. Saya sudah berbulan-bulan pake bluetooth receiver yang sama persis kaya itu sampek sekarang masih aman & nyaman dipake. Tidak ada problem sama sekali.

      1. Sama sya bele di sopi pun gituu…datang gak bisa di gunakan.. suarang bengung di salon..blutootnya putus nyambung… setelah saya komplein ke penjual ..katanya bisa berfungsi dngan baik… ternya saya sadar…saya di bohongi tokk…. suekkk…

    1. Sama mas ,… donglge bluetooth saya sudah 6 bulan lebih tidak bermasalah, bahkan kadang ttp nempel di chargher hidup sampai 24 jam juga adhem ayem,.. ttp bisa berfungsi dengan sumber smartphone maupun laptop, hanya barangkali beda harga saja,.. saya beli 50 rb tapi kalau online hanya sekitar 18 rb. tapi barangnya sama

  2. Lah gue kok parah bluetooth receiver saya gak ada kendala pas di sambungin ke hp fine aja, dari headset oke juga dan pas denger lagu jeh kagak keluar suaranya. Terus saya ganti ke hp yang lain malah bisa dan fine untung 1 minggu dan setelah itu kayak gtu lagi gak keluar suara di headset. Dan saya simpulkan bluetooth receiver saya murahan suka gonta ganti hp -_- bluetooth jablay dasar

  3. saya beli gpp, cuma driver laptop gakbisa ….ini hardare idnya

    BTHENUM\{0000111e-0000-1000-8000-00805f9b34fb)_LOCALMFG&000a

    blm kketemu :D

  4. Mungkin ampere dari charger terlalu besar buat bluetooth receivernya. Alhasil icnya panas terus mati. Coba pake yg 500mA / 0,5A / colokan usb laptop.

  5. Sya pernah beli harga skitar 35rb wkt itu hnya 2jm sy pake trus mati.
    Di pikir pikir mungkin bluetooth sprti ini tidak tahan dengan daya 5vol 1 amper
    Trus sy bli lagi karna dah gosong hrganya 19 rb dimarketplace ya sukur” masih awet yg sy ganti cuma colokkn usb nya dayanya 5vol 500mah stengah amper lebih rendah atau bisa juga 0,7 amper jg boleh asal jgn lebih melebihi 2amper nggk akan awet pastinya.

  6. Klo saya baru bbrp bulan masih bagus aja tuh barang…bahkan d modif ke spekeraktif d pasang d dalemnya pake travo pula…. sampai sekarang fine2 z…. hehehe

    1. Beli banyak lebih murah ooiii…
      Klo ga fungsi 1 atau 2 ya anggap itu yg pas ga bener.
      Aku 10 x pakai gituan baru 1 yg error. Utupun beli di penjual yg asal²an, karna pas promo dan cuma ngabisin sisa saldo saja.
      Dan belinya jangan asal²an di penjual yg kurang bonafit. Harus jeli klo pingin dapet murah tapi bagus.

  7. Saya juga pakai tipe yang sama sampai sekarang udah hampir 1tahun aman aman aja cuma kekurangan nya volume aga kecil

  8. BT-163 saya pasang pada Home Theater & speaker multimedia semua berfungsi normal, tapi pada saat saya pasang pada mini amplifier rakitan dengan tegangan dari baterai charger ( +/- 4V), power bluetooth on tapi sinyal suka mati bahkan saat dipair dgn HP tidak terdeteksi, apakah BT-163 ini tegangan kerjannya harus 5V? Bisakah digunakan dgn tegangan 3,7 – 4 V ??

  9. Punyaku harga 15rb Tak tanam didalam simbadda CST 7000 Aman Saja. power nyolok terus 24 jam 7 Hari seminggu

  10. Punyaku malah dah 1 tahun baek2 aja
    Cuma kalo beli yg kode bt nya BT163 suara yg di hasilkan hanya mono. Carilah yang kode bt nya YET-MI. Lebih bagus jadi detil2 suara tidak hilang. Harga juga sama kok. Bentuk juga sama.

  11. Saya juga mengalami hal yang sama bang,si bluetooth receiver nya tiba tiba mati dan panas,dan sekarang tidak bisa di pakai lagi

  12. setahu saya mungkin raiasaknya karaena arus yg terlalu besar, jadi asumsikan saja arus supply kisaran 5v 500mA itu sudah cukup…
    punya saya (seri BT-163) outputnya memang mono bukan stereo, sudah 1th masih aman2 saja, tapi semua itu kembali lagi ke kualitas komponen, namanya elektronik gak bisa diprediksi apakah awet ataupun cepat rusak,,, yang brand ternama saja kadang kecolongan produknya ada yang gagal, makannya berani ngasih garansi yang cukup wah (3-5tahun).

  13. Dari ic yg dipakai utk bt163 memang max arusnya kecil, saya pake 7805, udh 3tahun ga papa, bbrp device yg saya pasang ke bbrp mobil klient jg ga ad masalah.. yg jelas untung”an, tpi makainya jg harus dengan spek volt dan amper yg dianjurkan..bgtu mnurut saya..

  14. Sama persis kaya beli lampu hemat energi yg harganya murah,,, ada yg 2jam dipake mati,, ada yg sampe tahunan…
    Namanya elektronik gak bisa ditebak bagus atau tidaknya, sekelas brand ternama aja bisa dipake beberapa jam langsung soak.