Pilih Upgrade RAM atau SSD Dulu?

Upgrade RAM atau SSD

Kalau laptop mulai lemot, sebenarnya tidak harus beli baru. Laptop yang kinerjanya sudah mulai lemot bisa disebabkan karena faktor tingkat penggunaan yang tinggi sedangkan kemampuan atau performa dari perangkat keras seperti RAM dan Harddisk (HDD) tidak optimal lagi.

Jadi kalau mau kinerja kembali mumpuni, bisa melakukan upgrade RAM atau SSD. Tapi, sebaiknya upgrade RAM atau SSD dulu?

Kalau yang punya budget tak terbatas, langsung upgrade dua-duanya tak jadi masalah. Tapi yang budgetnya pas-pasan (hanya cukup buat beli salah satunya) ya tentu harus memilih RAM atau SSD dulu.

Supaya tidak sia-sia, kamu perlu tahu dulu apa kebutuhanmu. Apakah laptop kamu akan digunakan untuk kebutuhan desain, edit video, gaming, atau sekadar untuk pekerjaan office dan browsing saja. Ini yang perlu kamu pastikan dulu.

Karena masing-masing kebutuhan itu nanti memiliki alokasi yang berbeda terkait penggunaan RAM atau SSD nya.

Upgrade RAM atau SSD

Tapi sebelumnya kamu juga perlu tahu dulu tentang fungsi dari RAM dan SSD itu. Kedua perangkat ini memang sama-sama media penyimpanan, tetapi apa yang disimpan itu berbeda.

RAM itu menyimpan cache aplikasi dan file system yang sudah dikerjakan oleh prosesor / CPU. Sehingga RAM yang kapasitas besar akan membantu meringankan beban CPU atau prosesor dan mempercepat aksesnya. Selain itu akan semakin banyak cache file yang disimpan dan ketika pengguna melakukan multitasking ini lebih cepat. Karena beban prosesor akan berkurang.

Sedangkan SSD fungsinya ya sebagai media penyimpanan data atau file-file system dan aplikasi yang terinstall di komputer. Tugasnya ya hanya membaca (Read), tulis (Write), dan Hapus (Erase) data/file yang diminta pengguna.

Kami akan berikan dua opsi, nanti silakan disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Upgrade RAM dulu, jika…

Jika kebutuhan penggunaan laptop kamu lebih untuk membuka banyak aplikasi (multitasking) dalam waktu yang bersamaan, misalnya saja browsing dengan membuka tabs yang banyak, aplikasi office, edit Photoshop ringan, sebaiknya kamu upgrade RAM dulu.

Karena kebutuhan itu membutuhkan RAM yang besar untuk mengakomodir multitasking yang lebih cepat. Bisa saja selama ini laptop kamu lemot karena RAM sedikit tapi banyak program atau aplikasi yang berjalan. Sehingga membuat beban prosesor semakin tinggi.

Baca juga:  Perbedaan Chipset dan Prosesor CPU pada Komputer

Lalu harus upgrade RAM berapa GB? Kalau kamu pakai sistem operasi Windows 10, kami sarankan total RAM laptop kamu minimal 8GB. Jadi misalnya sekarang laptop kamu RAM nya 4GB, cukup beli 4GB lagi jadi total 8GB. Dengan catatan kebutuhanmu hanya browsing, office, dan editing foto ringan.

Baca juga : Jangan Upgrade RAM Dulu, Baca Ini Agar RAM Cocok dengan Laptop Mu

Upgrade SSD dulu, jika…

Kalau kamu pengen kecepatan dalam membuka aplikasi, rendering video, gaming ringan, sebaiknya upgrade SSD dulu. Karena kelebihan SSD dibanding HDD adalah kemampuan baca/tulisnya yang lebih cepat. Kecepatan baca/tulis SSD 4x lebih cepat dibanding HDD.

Jadi ketika nanti kamu upgrade ke SSD, booting akan lebih cepat, membuka aplikasi akan lebih cepat.

Baca juga :


Seperti itu penjelasannya, silakan disimpulkan sendiri ya. Intinya harus disesuaikan sama kebutuhanmu dulu untuk apa. Jangan upgrade RAM atau SSD hanya karena ikut-ikutan tren, masing-masing itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tapi kalau kamu tidak mau bingung pilih mana dulu, ya sebaiknya nabung dulu kemudian upgrade dua-duanya langsung. Ya minimal punya budget Rp 1 juta lah. RAM SODIMM yang 8GB ya kurang lebih Rp 400-500ribu, sisanya tinggal belikan SSD yang 250GB. Sekarang SSD murah-murah kok, harga Rp 400-500ribuan sudah dapat yang kapasitas 250GB, atau kalau nggak nyampe ya beli yang 120GB saja.

Seperti itu semoga informasi ini bermanfaat ya. Kalau ada yang perlu ditanyakan langsung tulis di kolom komentar saja. Tulis sekali saja, nanti komentar mu tidak langsung muncul tapi harus kami moderasi dulu, dan jangan lupa centang di bagian bawah komentar agar kamu dapat notifikasi lewat email jika pertanyaanmu sudah kami balas.

Similar Posts

3 Comments

  1. Mas, worth gk upgrade SSD buat laptop asus A455L. Takutnya bottle neck di processornya. Jadi performa SSD gk bisa maksimal. Nuwun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *