Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tidak Kuat Beli SSD? Coba Pakai RAM Disk Untuk Mempercepat Kinerja Laptop

RAM Disk

Pakai RAM Disk Untuk Mempercepat Kinerja Laptop | Kalau laptop kamu kinerjanya mulai lambat, bisa jadi karena sering digunakan untuk gaming, atau terlalu banyak menjalankan program aplikasi. Kalau sudah seperti itu biasanya solusi adalah menambah RAM atau bisa juga ganti ke SSD. Jadi untuk sistem operasi dan aplikasi ditaruh di SSD, agar kinerjanya semakin cepat.

Sayangnya harga SSD yang masih terlalu tinggi membuat sebagian pengguna tidak kuat untuk beli SSD. Untuk SSD berkapasitas 256 GB saja harganya di atas Rp 1 jutaan. Tapi ya worth it sih kalau kamu mau beli SSD.

Akan tetapi kalau memang belum ada budget untuk beli SSD, kamu bisa lho memanfaatkan RAM Disk untuk membantu mempercepat kinerja laptop kamu.

Sudahkah kamu tahu apa itu RAM Disk?

RAM Disk itu adalah sebuah blok memori yang ada di perangkat RAM dan memang diemulasikan untuk disk drive. Untuk bisa menggunakan RAM Disk ini syaratnya kamu memiliki kapasitas RAM yang besar. Intinya sisa penggunaan RAM dalam penggunaan normal masih tersisa banyak. Jadi sebagian sisanya nanti bisa dimanfaatkan untuk disk drive.

Baca juga : Jangan upgrade RAM laptop kamu dulu

Manfaat mengaktifkan RAM Disk

Pasti akan yang bertanya-tanya, apa sih manfaatnya jika RAM Disk ini diaktifkan. Apa bedanya dengan fungsi RAM itu sendiri, bukankah RAM juga bisa membantu mempercepat kinerja komputer karena sebagai tempat menyimpan program sementara?

Secara sederhana, nantinya fungsinya hampir sama dengan SSD, hanya saja memang ada kekurangannya, ya karena berasal dari RAM. Akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

  • Kemampuan Baca/Tulis yang lebih cepat. Karena RAM tidak berupa piringan, sehingga waktu akses file pun lebih cepat.
  • Berkah sampah di hard disk berkurang. Hard disk dalam prosesnya pasti akan selalu menghasilkan berkas sampah (temporary files, junk files). Dengan mengaktifkan RAM Disk maka berkas sampah di hard disk bisa berkurang.
  • Membuat hard disk lebih awet. Adanya RAM Disk membuat umur hard disk bisa lebih awet. Hal ini dikarenakan beban tugas dari hard disk bisa berkurang berkat adanya RAM Disk.
  • Fragmentasi berkurang. Apakah kamu sering melakukan defrag hard disk? Bagaimana hasilnya? Apakah fragmentnya banyak? Jika iya, coba gunakan RAM Disk nantinya fragmentasi hard disk berkurang.

dan masih banyak lainnya.

Baca juga : Perbedaan RAM SODIMM DDR3L dengan DDR3

Cara Mengaktifkan RAM Disk

Dengan mudah, kamu bisa mengaktifkan RAM Disk ini dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti DataRAM, AMD RAMDisk, ImDisk Tool Kit, dan lainnya.

Untuk contoh saat ini saya akan berikan caranya dengan menggunakan aplikasi AMD Radeon RAMDisk. Karena aplikasi ini bisa mendukung hingga 4 GB untuk layanan gratisnya.

Pertama-tama kamu unduh dulu softwarenya di sini.

AMD-RAdeon-ramdisk

Setelah diunduh dan install, buka softwarenya kemudian isi bagian Disk Size sesuai yang kamu inginkan. Namun direkomendasi laptop kamu memiliki RAM minimal 6GB.

 

Kemudian tinggal klik Start RAMDisk.

Silakan restart laptop dan coba gunakan seperti biasa, kamu akan mendapatkan perbedaannya. :)

Kalau ada yang perlu ditanyakan, langsung tulis di kolom komentar saja. Terima kasih



Baca juga :



Lhageek Merchandise



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *