Perbedaan RAM SODIMM DDR3L Dengan DDR3

RAM SODIMM

LhaGeek.com – Kalau temen-temen mau ganti atau upgrade RAM SODIMM (RAM untuk laptop) sebaiknya hati-hati, jangan asal pakai sembaran RAM SODIMM. Karena RAM SODIMM itu punya tipe yang berbeda-beda. Meski laptop punya spesifikasi yang sama tapi kadang RAM nya beda.

Laptop-laptop sekarang ini biasanya pakai RAM tipe DDR3. Nah, RAM SODIMM DDR3 ini pun ada dua jenis, yakni DDR3 (yang biasa) dan DDR3L (Low Voltage).

Jadi kalau kalian mau membelinya lebih baik cek dulu RAM yang cocok untuk notebook kalian itu apa.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah kenapa ada dua tipe RAM yakni DDR3 dan DDR3L? Apa perbedaan keduanya?

Jika kalian lihat secara fisik keduanya memang tak memiliki perbedaan. Tapi perbedaannya terlalu pada tegangan RAM itu sendiri. Maka dari itu pembedanya adalah huruf “L” yang menandakan Low Voltage.

RAM DDR3L memiliki tegangan yang lebih rendah, yakni 1,35 volt. Sedangkan RAM DDR3 memiliki tegangan 1,5 volt.

Mayoritas laptop sekarang ini, khususnya yang memberikan fitur hemat energi menggunakan tipe RAM low voltage. Karena tentu akan menghemat penggunaan energi.

Bisakah RAM DDR3L digunakan di laptop dengan RAM DDR3 atau mungkin sebaliknya?

Ini pertanyaan bagus, dan jawabannya adalah tidak bisa. Mengapa? Karena tegangannya berbeda. Sebenarnya bisa saja dipasang, tapi nanti tidak akan terbaca bahkan ada yang laptopnya restart terus karena RAM tidak cocok.

Lalu bagaimana cara mengetahui laptop kita memakai RAM DDR3L atau DDR3?

Pertanyaan yang bagus lagi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

RAM On Board

  • Cek Spesifikasi. Biasanya di brosur spesifikasi atau informasi spesifikasi dari sumber lain akan menyebutkan detail dari RAM yang digunakan.
  • Cek RAM bawaan. Kalau RAM bawaan laptop kamu bisa dicopot coba cek saja informasi yang ada di RAM tersebut. Di label RAM nanti biasanya ada informasi DDR3L atau DDR3 saja.
  • Cek Pakai CPU-Z. Tapi jika ternyata laptop kamu menggunakan RAM onboard, seperti laptop saya ASUS A455L, maka ngeceknya pakai aplikasi CPU-Z. Setelah diinstal dan dijalankan, nanti ada tab SPD, di sana ada informasi tegangan RAM yang digunakan. Kalau tertulis 1,35 volt berarti itu pakainya RAM yang Low Voltage.

Semudah itu kok caranya.

Kalau sudah tahu tipenya, jangan lupa ketika membeli bilang yang Low Voltage agar tidak salah beli.

Jadi kesimpulannya, perbedaan RAM SODIMM DDR3L dengan DDR3 terletak pada tegangannya. Kalau dari segi fisik tidak ada perbedaan sama sekali. Semoga informasi ini membantu kalian yang bingung saat mau ganti atau menambah RAM SODIMM.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG