RAM SODIMM: Perbedaan DDR3 dan DDR3L

LhaGeek.com – RAM untuk laptop disebut juga dengan RAM SODIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module). Sistem kerjanya tidak berbeda dengan RAM untuk PC Desktop. Hanya saja dari segi ukuran RAM SODIMM memiliki ukuran yang lebih kecil, sesuai dengan namanya.

Kalau mau ganti RAM SODIMM sebaiknya juga hati-hati. Jangan asal sembarang beli RAM SODIMM. Karena RAM SODIMM memiliki beberapa tipe yang berbeda meskipun laptop memiliki spesifikasi yang sama, bisa saja RAM nya beda.

Laptop sekarang ini umumnya sudah menggunakan RAM tipe DDR4, tetapi untuk yang masih pakai laptop lama biasanya masih pakai RAM DDR3. Masalahnya adalah, ketika mau upgrade RAM kadang ada yang asal beli saja. Belinya RAM SODIMM DDR3 tetapi pas dipasang tidak bisa.

Bisa jadi spesifikasi tipe RAM untuk laptop kamu bukan DDR3 yang biasa, tetapi DDR3L.

RAM SODIMM Perbedaan DDR3 dan DDR3L
ilustrasi via laptopmag.com

Apa itu perbedaan DDR3 dan DDR3L?

Awas, jangan sembarang membeli RAM. Sebaiknya cek dulu laptop kamu apakah menggunakan jenis RAM DDR3 atau DDR3L.

RAM SODIMM DDR3L adalah RAM SODIMM jenis DDR3 yang memiliki low voltage. Kode L di belakang menandakan kalau RAM tersebut Low Voltage.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apa perbedaan keduanya?

Jika kalian lihat secara fisik keduanya memang tak memiliki perbedaan. Tapi perbedaannya terlalu pada tegangan RAM itu sendiri. Maka dari itu pembedanya adalah huruf “L” yang menandakan Low Voltage.

RAM DDR3L memiliki tegangan yang lebih rendah, yakni 1,35 volt. Sedangkan RAM DDR3 memiliki tegangan 1,5 volt.

Baca juga:  Bagaimana Spesifikasi Notebook ASUS X450JB Seharga Rp 10 Juta?

Mayoritas laptop sekarang ini, khususnya yang memberikan fitur hemat energi menggunakan tipe RAM low voltage. Karena tentu akan menghemat penggunaan energi.

Bisakah RAM DDR3L digunakan di laptop dengan RAM DDR3 atau mungkin sebaliknya?

Ini pertanyaan bagus, dan jawabannya adalah tidak bisa. Mengapa? Karena tegangannya berbeda. Sebenarnya bisa saja dipasang, tapi nanti tidak akan terbaca bahkan ada yang laptopnya restart terus karena RAM tidak cocok.

Lalu bagaimana cara mengetahui laptop kita memakai RAM DDR3L atau DDR3?

perbedaan ddr3 dan ddr3l

Pertanyaan yang bagus lagi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

  • Cek Spesifikasi. Biasanya di brosur spesifikasi atau informasi spesifikasi dari sumber lain akan menyebutkan detail dari RAM yang digunakan.
  • Cek RAM bawaan. Kalau RAM bawaan laptop kamu bisa dicopot coba cek saja informasi yang ada di RAM tersebut. Di label RAM nanti biasanya ada informasi DDR3L atau DDR3 saja.
  • Cek Pakai CPU-Z. Tapi jika ternyata laptop kamu menggunakan RAM onboard, seperti laptop saya ASUS A455L, maka ngeceknya pakai aplikasi CPU-Z. Setelah diinstal dan dijalankan, nanti ada tab SPD, di sana ada informasi tegangan RAM yang digunakan. Kalau tertulis 1,35 volt berarti itu pakainya RAM yang Low Voltage.
  • RAM On Board

    Semudah itu kok caranya.

    Kalau sudah tahu tipenya, jangan lupa ketika membeli bilang yang Low Voltage agar tidak salah beli.

    Jadi kesimpulannya, perbedaan RAM SODIMM DDR3L dengan DDR3 terletak pada tegangannya. Kalau dari segi fisik tidak ada perbedaan sama sekali. Semoga informasi ini membantu kalian yang bingung saat mau ganti atau menambah RAM SODIMM.

    Similar Posts

    19 Comments

    1. Gan mnta solusi dwonk, saya pengen nam bah ram trus saya dh instal cpuz, di tab memori dsitu tertera ddr3, tpi saya belum yakin terus saya lanjut ke tab spd tpi gak ada informasi aapapun soal voltnya alis kosong semua di tab trsebut, laptop saya asul A455l (model X455LNB), ram jenis apa yang cocok sam alaptop sya ddr3 ato ddr3l?

    2. gan mau tanya. tab spd di cpu-z saya gak ada info apapun. laptop saya asus x441n ram 2 gb. saya cek deskripsi di internet ada yg bilang ddr3l ada juga yg bilang ddr3, saya bingung jadinya. di situs resmi asus gak ada deskripsi utk laptop saya. yg bener ddr3 apa ddr3l ya gan?

      1. Gan mau nanya laptop Asus tipe E402MA tipe ram nya apa yh saya cek to cpuz DDR3 tapi lihat lagi di google ddr3L

    3. Kalau untuk laptop lenovo g40-30 pakai ram apa ya DDR3 atau DDR3L ? Saya cek di spek pakai ddr3 tapi di CPuZ low Voltage

    4. Halo, Saya ingin bertanya sebelum membeli ram untuk di tambahkan. Saya periksa Laptop saya ASUS A455L (model X455LD) dengan CPU-Z pada bagian Memori tertulis Type DDR3, tetapi di bagian SPD kosong tidak ada informasi apapun. Saya cari info browsing ada yang bilang menggunakan DDR3L. Jadi Ram jenis DDR3 atau DDR3L yang cocok untuk laptop saya? Terimakasih.

    5. laptop saya ASUS A455L yang tertera di samping touchpad dan yang tertera di CPU-Z model X455LF prosesor intel core i3 dengan spesifikasi 4gb ram DDR3, saya ingin menambah ram kira-kira ram yang cocok yang DDR3 atau DDR3L ? dan saya ingin menambah ram 8gb sehingga total ram dilaptop 12 gb apakah itu bisa ?

    6. saya mempunyai laptop ASUS type A455L, dengan system model X455LD, dan saya ingin mengupgrade memory dengan kapasitas maksimal. untuk type/system model laptop saya ini bisa di upgrade memory sampai kapasitas maksimal berapa GB ?
      saya lihat di infonya ada tersisa 1 slot, nah untuk 1 slot yang tersisa tersebut bisa di tambahkan memory maksimal kapasitas berapa GB ?

      1. Sebelum mengupgrade ke maksimal, memangnya kebutuhan Anda apa sampai ingin mengupgrade ke maksimal? Apakah memang membutuhkan RAM besar banget untuk kebutuhan Anda?

        Saya sih beli tambahan RAM 8GB jadi total di laptop saya (A455LD) jadi 10GB

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *