Yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Ganti HDD ke SSD

  • Whatsapp

Emang sih ganti HDD ke SSD itu bisa membuat kecepatan Read/Write jadi cepat. Tapi sebenarnya dengan ganti ke SSD, kamu tidak bisa menikmati kemampuan maksimal dari SSD itu. Jika kamu gantinya asal-asalan tanpa memperhatikan aspek penting lainnya.

Soalnya banyak yang terpikat untuk ganti ke SSD dengan alasan ingin lebih cepat, tapi pas sudah diganti dan dicek ternyata hasilnya kurang maksimal. Kurang maksimal di sini adalah SSD tidak bisa bekerja secara optimal setelah dilakukan cek atau benchmark.

Akhirnya yang sudah ganti merasa ditipu dengan produk SSD yang dibelinya, karena tidak memiliki kecepatan seperti yang diinformasikan. Misalnya SSD merek A kecepatan Read bisa sampai 500 MBps, pas dicek cuma 200 MBps.

Baca juga : Penyebab HDD Cepat Rusak

Padahal ya, itu bukan salah SSD nya, tetapi salah usernya yang asal-asalan ketika memutuskan untuk ganti ke SSD.

Untuk itu sebelum kamu benar-benar mengganti HDD ke SSD, ada yang beberapa hal yang wajib kamu perhatikan. Diantaranya adalah :

Apakah Laptop/Komputer kamu sudah mendukung SATA III?

Kabel konektor untuk hard disk itu sekarang ada SATA III, selain SATA I dan SATA II. Nah dari segi fisik sama, tetapi memiliki kecepatan yang berbeda.

SATA I, adalah generasi SATA pertama yang memiliki interface yang mampu berjalan hingga kecepatan 1.5 Gb/s. Dan untuk bandwidthnya bisa sampai 150MB/s.

SATA II, adalah generasi SATA kedua yang memiliki interface yang mampu berjalan di kecepatan hingga 3 Gb/s. Dan untuk bandwidthnya bisa sampai 300MB/s.

SATA III, adalah generasi SATA ketiga yang memiliki interface yang mampu berjalan di kecepatan hingga 6 Gb/s. Dan untuk bandwidth bisa sampai 600MB/s.

Nah masalah jenis SATA ini jarang diperhatikan. Jadi konkritnya gini, misalnya saja kamu ingin ganti HDD di laptop yang mana laptop kamu hanya mendukung SATA I/II, lantas diganti dengan SSD, maka nanti kecepatan bandwidth yang kamu dapatkan dari SSD itu yang maksimal 300MB/s. Tidak bisa 600MB/s. Ini artinya SSD yang sudah mendukung SATA III tidak bisa bekerja secara optimal. But, kecepatan 300MB/s juga sudah sangat cepat dibanding HDD.

Sampai sini semoga paham ya?

Sehingga kalau kamu mau ganti SSD dan supaya tidak menyesal kalau dicek nanti cuma dapat 200-300MBps, maka dicek dulu apakah laptop kamu sudah mendukung SATA III atau belum. Kalau belum ya tidak masalah, kamu tetap bisa menggantinya dengan SSD, tapi tidak bisa mendapatkan kecepatan maksimalnya. Begitu.

Jangan Salah beli SSD

SSD SATA vs PCIe

Kalau kamu berpikir SSD itu bentuknya kotak seperti HDD 2.5″, maka kamu salah. Karena SSD yang saat ini ada dipasaran itu ada 2 jenis. Yang pertama adalah SSD SATA dan yang kedua adalah SSD PCIe.

SSD SATA itu SSD yang fisiknya seperti HDD 2.5″ dan konektornya menggunakan konektor SATA.

Sedangkan SSD PCIe adalah SSD yang dari segi fisik seperti RAM, untuk pemasangannya menggunakan konektor M.2. Tak jarang SSD PCIe ini disebut juga dengan SSD M.2 atau NVME.

Dari segi kecepatan, lebih cepat SSD PCIe. Untuk kecepatan Read nya saja bisa sampai 3.500 MB/s.

Nah kadang user ketika membeli SSD salah memilih jenisnya. Misalnya di laptopnya sudah ada slot SSD M.2, ternyata malah beli SSD SATA. Sebenarnya bisa saja dipakai, tapi nanti mengorbankan HDD. Kalau sudah ada slot SSD M.2 nya ya beli saja SSD PCIe.

Jadi perlu dilihat dulu laptop/motherboard komputer kamu mendukung konektor mana.

Jangan Salah Beli HDD Caddy

HDD Caddy

HDD Caddy ini adalah tempat yang digunakan untuk menaruh HDD di slot DVD-ROOM pada laptop. Jadi kalau pengen ganti SSD tapi HDD tetap ingin digunakan, maka SSD ditaruh di tempat HDD, kemudian HDD ditaruh di tempat DVD-ROOM menggunakan perangkat yang namanya HDD Caddy. Otomatis DVD-ROOM internal tidak akan terpakai.

Jika kamu ingin menghendaki kondisi seperti itu, pastikan dalam membeli HDD Caddy disesuaikan dengan ukuran.

HDD Caddy itu ukurannya ada yang 9.5mm dan 12.7mm. Biasanya yang 9.5mm untuk jenis laptop yang tipis-tipis. Tapi akan lebih baik kamu bisa mengukur dulu ketinggian DVD-ROOM internal laptop kamu berapa milimeter, agar tidak salah membeli HDD Caddy.

Dan HDD Caddy itu jenisnya banyak. Untuk laptop merek IBM, Mac, memiliki jenis HDD Caddy sendiri. Ada yang membedakan dari segi fisik.

Tapi biasanya yang sering salah itu, adalah salah beli ukuran. Laptop yang sebenarnya memiliki ukuran HDD Caddy 9.5mm tapi beli yang 12.7mm.

Owh ya, perlu kamu tahu, HDD Caddy itu juga ada yang memiliki konektor SATA to SATA, ada juga yang SATA to SATA III. Kalau laptop kamu sudah mendukung SATA III, berarti kamu perlu beli HDD Caddy yang SATA to SATA III.

Baca juga : 1 Indikator Penting yang Jarang Diperhatikan Saat Membeli SSD:

***

Supaya kamu tidak salah dalam membeli, berikut saya berikan link rekomendasi pembelian SSD dan HDD Caddy.

  • Beli SSD SATA : di sini
  • Beli SSD PCIe / M.2 / NVME : di sini
  • Beli HDD Caddy 9.5mm (SATA to SATA) : di sini
  • Beli HDD Caddy 12.7mm (SATA to SATA) : di sini
  • Beli HDD Caddy 9.5mm (SATA to SATA III) : di sini
  • Beli HDD Caddy 9.5mm untuk Mac : di sini

Sepertinya itu saja yang bisa saya sampaikan. Karena ketiga hal ini yang sering salah dalam memilih atau membuat salah pemahaman ketika sudah mengganti SSD. Kalau masih ada hal lain yang perlu diperhatikan sebelum ganti HDD ke SSD, bisa kamu tulis di kolom komentar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

127 Komentar

  1. Min tanya nih

    apa PC biasa bisa pake SSD ? konektornya sama nggk? ane pengen beli, tapi ragu apa Mainboardnya support apa nggk

        1. ASUS A455L menggunakan SATA II. Kalau mau coba diganti SATA III ya silakan. Risiko tanggung sendiri. *Jangan tanya cara gantinya bagaimana, soalnya saya nggak pernah ganti konektor SATA laptop.

        2. Min mau nannya saya udah ganti ram, terus ssd dan dvd roomnya udah di tumbalin jadi hdd lalu saya download game steam itu disk write error terus dan sering dc apakah ngaruh dengan pemasangan itu atau ada yang salah dalam pemasangan, saya masih neubi sebelum saya upgrade normal2 aja memang pas diupgrade semua lancar tapi banyak kendala tolong hidayahnya min bingung ini

          1. Tidak ada yang salah dengan upgradenya, jika semua sudah berjalan lancar ya artinya normal2 saja. Cuma masalah “Steam Disk Write Error” itu memang banyak yang terjadi. Coba kamu googling saja “Steam disk write error” nanti ada yang kasih solusi. Kami belum bahas soal masalah itu soalnya.

        1. Kalau seri ini hanya bisa menggunakan SSD Sata, dan itu perlu mengganti HDD yang sudah ada. Nantinya HDD tidak bisa dipakai lagi, karena Asus seri ini tidak ada DVD-ROM yang nantinya bisa digunakan sebagai tempat HDD

    1. Gan, cara melihat pc/notebook kita support SATA 1,2 atau 3 di dari aplikasi / command apa ya? saya cba cek di CPU-Z tidak ketemu

    2. halo bang, mau nanya, laptop saya support m2, tapi saya mau ganti hdd ke ssd juga, jadi saya mau masang m2, dan mengganti hdd ke ssd apa kah worth it?

      1. Sebaiknya kombinasikan M2 dengan HDD saja. M2 untuk System, HDD untuk penyimpanan data pribadi mu

        1. Bisa cek pakai software hdtune, lihat di bagian info.

          Bisa juga lihat di device manager, ketik seri hddnya

        2. Mau tanya dong
          Bagaimana caranya setelag mengganti SSD dan HDD tapi tetap tidak bisa ?
          Dan didiagnosis semua sukses .
          Apa yang harus dilakukan

  2. Bro, SSD apa yg cocok utk laptop saya ya? Merk ASUS X450JN. Rencana mw pake SSD n HDD sekalian. SSD utk Sistem, HDD utk nyimpen Dokumen.

    1. Yang jelas SSD Tipe SATA. Kalau masalah merek silakan pilih sendiri. Untuk ukuran kapasitas disarankan beli yang dua kali total penggunaan drive C. Misalnya drive C (System) saat ini total penggunaan 70GB, mending beli SSD kapasitas 250GB jangan yang 120GB.

    1. Ada varian yang pakai SSD, ada yang juga yang HDD. Tetapi ada juga yang versi hybrid, yakni ada dua-duanya.

    1. Kalau mau ganti, HDD dilepas terus dipasang SSD, ya tidak perlu caddy. SSD tinggal dipasang di tempat HDD. Kecuali jika ingin menambahkan SSD, maka SSD dipasang di tempat HDD, kemudian HDD di taruh di tempat DVD Drive. Nah naruhnya HDD ke DVD Drive ini pakai HDD Caddy.

  3. Min, mau tanya donk klo Acer 4730Z beli kabel apa aja ya yang maksimal buat gantiin HDD-nya. Baca blog satunya bilang klo ACER 4730Z gak bisa ganti SSD. Makasih gan

  4. mau tanya dong gan, kalo laptop ane lenovo legion Y530. rencana intel optane ganti SSD NVMe M.2 corsair 480gb. nah yg storage nya mau skalian upgrade dari HDD 1tb jadi SSD 1tb. kira2 kelebihan dan kekurangannya apa ya? mohon pencerahannya gan

    1. Mengapa harus diganti? Kan sudah pakai Intel Optane? Apakah masih kurang cepat untuk Read/Write nya?

      Kalau mau upgrade, saran saya sih coba ganti Intel Optane ke SSD M2 dulu saja, untuk HDD biarkan dulu kan cuma buat nyimpen data. Nanti untuk system taruh di SSD M2 nya. Kalau HDD diganti SSD dan cuma buat nyimpen data, sayang aja sih SSD nya.

  5. mau bales yg nanya upgrade SSD tpi ga ktmu kolom balasnya disini.

    masih merasa kurang sih sama intel optane 16gb, akhirnya setelah ngeliat youtube corsair untuk harga ga mahal dan cukup meningkatkan peforma dari boating, loading aplikasi & R/W nya cukup gede.

    kalo soal HDD ganti SSD, yaudah ga jadi upgrade aja kalo gitu hehe. benernya jadi sia2 juga kalo upgrade HDD jdi SSD

  6. Laptop saya sudah pakai SSD SATA tapi masih ada slot ssd m2, apakah bisa berjalan semuanya SSD nya kalau saya pasang SSD M2 ?

  7. min, mau tanya untuk type Acer G4820 itu pakai caddy ukuran berapa ya, saya takut salah beli. dan ukuran 120Gb utk system lebih dari cukup ya? Thanks

  8. Min, laptop Acer Aspire ES1-432-C6AH itu SATA berapa? apakah laptop tersebut bisa menggunakan Samsung SSD 860 EVO 500GB?

  9. min .. laptop ku asus aspire a 315 ryzen 3 .. itu g ada dvd roomnya .. nah klo misalkan udh make ssd kn otomatis hhdnya kebuangkn ? trus pertanyannya kalo mau hdd nya d pake buat storige penyimpanan ke2 caranya gimana ya ?? apa hddnya pake eksternal ?? emang ada y min ? makasihh

    1. Acer Aspire 3 A315 itu punya Dual Storage, M2 dan SATA. Kalau mau pakai SSD, tinggal beli SSD M2 terus pasang di slot M2 nya. HDD tetap berada di tempat semestinya. Silakan cek spesifikasi laptop kamu itu lagi dan coba buka bagian belakang penutup HDD nya, nanti ada slot M2.

  10. min.. mohon bantuan.. laptop jadul sya black screen..dell inspiron 1470..prediksi yg rusak hdd nya.. mao saya ganti aj jadi ssd..suport ssd g y,sata berapa.. dan klo misal g suport ssd,saya harus beli Hdd tipe apa.. Mohon pencerahan nya min..

  11. Laptop saya asus x453m HDD bawaan sata 3 tapi setelah ganti ssd kecepatan baca hanya 280 mbps kenapa ya

      1. Min ane pake laptop Dell Inspiron 15 5000 itu udah support sata berapa ya? Terus apakah sudah ada slot NVMe nya min?

  12. Min.. Mau tanya serius: laptop sy Asus S46CB thn. 2014, spek Core I7 2.0 Ghz, SSD 24 GB, HDD 1TB.. Rencana mau upgrade SSD nya aja, type SSD laptop sy itu Sata berapa ya..? Apakah ada slot SSD M2 nya..? Maklum masih newbie bngt, Terima kasih..

    1. Asus S46CB itu SSD nya SSD Cache. Modelnya bukan seperti SSD SATA ataupun M.2. Coba lihat video ini https://www.youtube.com/watch?v=2FwNzxnSZnw. Laptop kamu SSD nya seukuran itu. Kalau mau pake SSD SATA, ya harus mengorbankan HDD nya, nanti HDD ditaruh di DVD-Drive.

      1. Bismillah, tanya mas….asus x441ub
        DVD/RW mau saya lepas, trus jadikan seken hdd dengan caddy (dr hdd bawaan 1tb). Mau pasang ssd m2 pcie nvme di tempat hdd bawaan yg dipindah td, berarti perlu beli adapter ssd m2 nvme to sata. Bisakah klo seperti itu mas? Support gak laptopnya? Ditunggu jawabannya, Terimakasih

        1. Kalau bapak belum punya/beli SSD M2 nya, mending beli SSD yang tipe SATA.Tapi kalau saat ini memang sudah punya SSD M2, ya solusinya beli adapter M2 to SATA. Saran saya beli yang bagus adapternya.

    1. Support bos, langsung saja cek websitenya : https://store.hp.com/id-id/default/hp-notebook-14-cm0077au-4rj33pa.html

  13. Min Mau Minta Tolong dong,Lapyop saya Lenovo jadul Y510P dual VGA SLI,naah terus kondisi Saat beli terinstall HDD,kalau booting Kok lemot baaanget gaada bedanya sama notebook spec low gan :(
    Nah ane bingung ,apa mungkin ane Harus upgrade ke ssd gan harddisk nya,?
    Kalau gasalah Ada slot m2 nya ya gan,kalau pake ssd di m2 terus hdd nya tetap yang lama,kalau main game Bisa lancar gan?
    Atau gamenya Harus di copy ke ssd itu Juga?
    Soalnya and Juga main ayodance aja(game)patah patah gan ,Blum coba pakai wifi yg CPT sih emang Baru pakai wifi bolt kartu telkom :(
    Makasih sebelumnya,,

    1. Kalau ada slot M2, tinggal beli SSD M2 bukan yang SATA ya. Nanti SSD digunakan untuk partisi C (system), sedangkan HDD untuk menyimpan file-file dokumen saja

  14. Min Mau Tanya Dooonggg,,
    Laptop aku lenovo Y510 P,lupa lupa ingat Tapi kyaknya Ada slot m 2 nya,,
    Menurut mimin gmana,beli ssd. M.2 atau replace hdd Jadi ssd,atau beli m.2 and replace hdd,,?
    Jadi ntah kenapa lemot banget booting and kadang lemot browsing n ngegame ,spec tinggi menurutku Tapi kok sama aja sama yg rendah :(
    Aku pikir sih beli m.2 terus pindj is and browser n beberapa game ya gan,,?
    Soalnya harganya Juga gajauh beda m.2 nya :(
    Makasih ya gan tolong dibantu,,

  15. Min, mau tanya. Untuk laptop asus e202s kan ga ada slot dvd tuh. Berarti hanya bisa ganti SSD ya? HDD internal terus dimanfaatin jadi HDD eksternal apa gimana bagusnya? Sekalian minta saran SSD yang cocok untuk laptop ini. Terima kasih

    1. Menggunakan SSD SATA 2.5″, SSD SATA jenisnya hanya satu. Hanya saja performanya menyesuaikan soket SATA motherboard laptop. Socket SATA motherboard laptop ada yang sudah mendukung SATA 3 atau SATA 2 bahkan SATA 1, itu biasanya untuk laptop2 lama.

      Semoga jawabannya membantu.

    1. Menggunakan SSD SATA 2.5″, SSD SATA jenisnya hanya satu. Hanya saja performanya menyesuaikan soket SATA motherboard laptop. Socket SATA motherboard laptop ada yang sudah mendukung SATA 3 atau SATA 2 bahkan SATA 1, itu biasanya untuk laptop2 lama.

      Semoga jawabannya membantu.

    2. Kak mau tanya, laptop saya merk HP14s-CF1046TU HDD 1 TB. Ada keterangan support SSD NVMe. Nah saya pengen nambah SSD utk meningkatkan perfotma laptop saya, tapi saya bimbang mau beli SSD yg jenis M.2 SATA atau M.2 NVMe. Bedanya SSD M.2 SATA sama M.2 NVMe apa ya kak?
      Diantara 2 jenis SSD itu, mana yg harus saya pilih??
      Mohon jawabannya kak..

      1. Beli saja yang sesuai keterangannya ‘support SSD NVMe’, ya tinggal beli yang M.2 NVMe. SSD Sata itu yang modelnya seperti HDD 2.5″, kalau NVMe modelnya kayak RAM

  16. Kira2 recommended ga yah untuk taruh ssd di socket hdd caddy yang ditaruh di socket dvd rom? Apakah akan ada penurunan performa dari sdd tersebut?

  17. Bang admin mau tanya, ssd m2 pcie nvme gen 3×4 apakah bisa dipake di laptop yg hanya support pcie nvme gen 3×2?

  18. Tolong infonya untuk laptop toshiba satellite l740 apakah akan bagus pakai SSD? Karena kebetulan HDDnya rusak saya rencana mau ganti pakai SDD.

  19. Bang gini bang minta pendapat, saya punya HP OMEN 2019 dh0105tx punya 512 GB SSD M.2 NVME dan HDD 1 TB 7200 rpm. Lagi bingung bagaimana setelannya untuk OS dan penyimpanan, dan kalo mau ganti saya bingungnya hdd diganti ssd 2.5″ atau saya biarkan seperti setelan awal dengan membeli ssd eksternal, mohon dijawab ya bang

  20. Min laptop ane asus A407UF ga ada tekpat dvdnya nah kalo mau pasanh ssd tp mempertahankan hddnya, apa tetep perlu HDD Caddy

  21. Gan, untuk daya SSD, apakah tiap merk itu beda?
    soalnya ane ada 2 laptop ASUS Vivobook X442URR.

    laptop 1 pake merk K*******, lancar jaya.

    laptop 2 pake merk V***. setelah SSD dipasang, batre laptop langsung mati, dan harus pake charge itu laptop, padahal daya batre masih 55%an. coba ganti batre yg normal, malah ikut-ikutan mati juga itu batre baru.

  22. halo laptop sy asus a456uq, mau nanya kak misalkan hdd kita tetapkan di posisi bawaannya tapi ssd nya yang kita taruh di cady, apa ngaruh ke performa? thanks mohon balesannya.

  23. Pak untuk Lenovo Y50-70 pasang ssd apakah bisa tanpa menjadikan hdd bawaan jd eksternal ?
    Sebab Y50-70 tdk ada slot DVD room nya

  24. Axioo Mylite 14 pas di buka ternyata tidak ada hdd nya hanya eMMC, cuma 32 GB kecil sekali utk win 10.. Apakah bisa ganti atau tambah ke SSD???

  25. Mas mau tanya laptop saya hp 1000 notebook rencana mau nambah hardisk ssd dan ram DDR4 yaitu merk Adatasedangkan Hdd saya jadikan untuk penyimpanan documen itu gimana mas apa bisa

  26. Bang mau nanya, laptop saya asus X450LCP, hddnya saya cek dari laptop (blm bongkar) itu HGST. Kalo mau ganti ke SSD, cocoknya yg mana ya bang? Makasih

  27. ijin tanya min, sy baru beli laptop asus a412fl, sudah dengan SSS M2 512gb, dan HDD 1TB,

    apakah kompatibel jika HDD 1TB sy ganti dengan SSD SATA 120GB ?

    1. Kompatible saja, kan HDD juga pakai sata. Tapi apa nggak malah sia-sia? Kan sudah ada SSD M2?
      Saran saya biarkan seperti itu saja sudah bagus, SSD M2 nanti untuk menaruh installasi OS dan aplikasi, sedangkan HDD untuk menyimpan data-data statis seperti dokumen, foto, dll.

  28. bang mau tanya, saya baru saja beli ssd NVME WD Blue, nah setelah saya coba pasang di slot m.2 kok laptop saya kayak gak kuat idup ya, tekan power lampu power nyala 1-2 detik doang lalu mati, kira kira kenapa ya, cara ngatasinnya gimana.

  29. bang mau tanya. Laptop saya HP 240. ini kan udah SATA 3 ( udah saya cek di hdtune) kapasitas 500gb (masih ada 100gb) kalau di ganti SSD, wajib 2 kali lipat dari yang pertama atau gimana bang? terus, kalau mau ganti SSD, type berapa bang? dan lebih baik di lepas hdd nya, atau di pakai di DVD ? makasih sebelumnya

    1. 1. Tidak wajib, yang penting kapasitasnya cukup menampung data system yang ada di HDD
      2. HP 240 G7 memiliki spesifikasi NVMe™ M.2 SSD. Lebih jelasnya dilihat sendiri saat dibongkar.
      3. Memangnya HP 240 G7 adalah DVD-ROM nya? Setau saya tidak ada. Tapi nggak tau, ini HP 240 G7 apa bukan laptop kamu?

  30. Kalau untuk Asus X441s itu, saya rencana mau ganti ke SSD dari HDD.
    Mohon infonya jenis SSD apa yg cocok untuk type laptop tsb ya?

  31. Mas, saya gak tau type HP 14-CM0068AU kira2 sudah suport SATA keberapa… Barang kali sampean sudah ngerti. Mau bongkar takut malah rusak… Mohon pencerahannya

    1. Cek sendiri saja, pakai aplikasi HWiNFO. Download di sini. Nanti dibagian Drives, ada list HDD/SSD laptopmu, tinggal lihat saja speednya. Kalau SATA 6 Gb/s, berarti SATA 3. Kalau SATA 3 Gb/s berarti SATA 2.

  32. Gan, tolong tanya dong.. laptop saya Asus x505za, ada slot SSD M.2 2280 (kosong) + ada 1TB HDD, nah pada saat ke service center, si customer service blg “hanya support SSD 256GB, teknisinya rekomen segitu. kalau terlalu besar nanti error” nah saya jadi bingung.. bisa tolong berbagi pencerahan? niat saya 1TB SSD + 1TB HDD di laptop itu.
    terimakasih.

      1. iya sih, cuma dari segi harga/gb dan performa.. yang 1 TB lebih bagus, maksud pertanyaan saya.. apa bener laptop hanya “support” SSD sampai size tertentu saja?
        thanks sebelumnya