Mengenal Teknologi 3D Secure pada VCC

Apa itu 3D Secure

Di tengah meningkatnya transaksi online sekarang ini, keamanan transaksi online menjadi salah satu prioritas utama. Salah satu inovasi penting dalam meningkatkan keamanan pembayaran online khususnya VCC (Virtual Credit Card) atau Kartu Kredit Virtual adalah 3D Secure.

Teknologi ini tidak hanya memberikan perlindungan tambahan bagi pengguna kartu kredit dan debit tetapi juga memberikan rasa aman bagi merchant dalam bertransaksi. Untuk itu bagi kamu yang sering melakukan pembayaran online menggunakan kartu kredit, sebaiknya simak artikel ini sampai selesai. Kami akan membahasnya secara komprehensif mengenai 3D Secure, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja manfaatnya.

Apa Itu 3D Secure?

3D Secure adalah sebuah standar keamanan yang ditujukan untuk melindungi transaksi kartu kredit dan debit dari penyalahgunaan. Teknologi ini diciptakan oleh organisasi yang dikenal dengan nama EMVCo, yang juga mengelola standar kartu EMV. Sistem ini memerlukan verifikasi tambahan dari pemegang kartu melalui password atau kode yang dikirimkan ke ponsel mereka saat melakukan transaksi online. Dengan begitu, risiko terjadinya fraud atau transaksi tidak sah dapat diminimalisir secara signifikan.

Pada dasarnya, 3D Secure adalah lapisan keamanan tambahan yang bekerja di belakang layar. Saat konsumen melakukan pembelian di toko online, 3D Secure akan meminta verifikasi identitas tambahan untuk memastikan bahwa yang melakukan transaksi adalah pemilik kartu yang sah. Protokol ini telah diadopsi oleh berbagai jaringan kartu kredit besar seperti Visa (dengan nama Verified by Visa) dan Mastercard (dengan nama MasterCard SecureCode).

Cara Kerja 3D Secure

Cara kerja 3D Secure relatif sederhana namun efektif dalam meningkatkan keamanan transaksi. Ketika seorang pelanggan melakukan pembelian di situs web yang mendukung 3D Secure, mereka akan diarahkan ke halaman verifikasi tambahan. Di halaman ini, pelanggan diminta untuk memasukkan password atau kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui SMS atau aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator atau Authy.

Proses ini melibatkan beberapa langkah berikut:

  1. Pemilihan Produk. Pelanggan memilih barang yang ingin dibeli dan memasukkan informasi kartu kredit atau debit mereka pada halaman pembayaran.
  2. Verifikasi 3D Secure. Setelah memasukkan detail kartu, pelanggan diarahkan ke halaman verifikasi 3D Secure. Di sini, pelanggan harus memasukkan password atau kode verifikasi yang dikirimkan ke ponsel mereka.
  3. Penyelesaian Pembayaran: Setelah verifikasi berhasil, transaksi dilanjutkan dan pembayaran dapat diselesaikan. Jika verifikasi gagal, transaksi akan dibatalkan untuk mencegah potensi fraud.

Protokol ini tidak hanya meningkatkan keamanan dengan memvalidasi identitas pemilik kartu, tetapi juga memberikan jaminan tambahan kepada merchant bahwa transaksi yang dilakukan adalah sah dan telah melewati proses verifikasi yang ketat.

Baca juga:  Memahami Perbedaan Zona Waktu PST dan UTC

Manfaat 3D Secure

Penggunaan 3D Secure dalam transaksi online menawarkan berbagai manfaat yang signifikan. Pertama-tama, teknologi ini meningkatkan keamanan transaksi dengan mengurangi risiko fraud. Dengan adanya verifikasi tambahan, peluang bagi penipu untuk menyalahgunakan data kartu kredit atau debit menjadi sangat minim. Hal ini tentu saja memberikan rasa aman tidak hanya bagi pemegang kartu tetapi juga bagi merchant.

Selain itu, 3D Secure juga meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap platform e-commerce. Dengan merasa aman, pelanggan lebih cenderung melakukan pembelian lebih sering dan dengan nilai yang lebih besar. Kepercayaan ini juga berdampak positif pada reputasi merchant yang menerapkan standar keamanan tinggi dalam transaksi online mereka.

Di samping itu, 3D Secure juga membantu merchant dalam mematuhi regulasi dan standar keamanan internasional, seperti PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard). Dengan mematuhi standar ini, merchant tidak hanya melindungi data pelanggan tetapi juga menghindari risiko denda dan sanksi yang mungkin timbul akibat pelanggaran keamanan data.

Mengapa LinkPay.io Menjadi Kartu Kredit Virtual Terbaik di 2024

Di tengah banyaknya pilihan kartu kredit virtual di pasaran, LinkPay muncul sebagai salah satu pilihan terbaik untuk tahun 2024. LinkPay.io menawarkan kartu kredit virtual yang didukung penuh oleh teknologi 3D Secure, menjadikannya solusi ideal bagi pengguna yang menginginkan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi online.

Selain itu LinkPay juga memiliki beberapa keunggulan seperti :

  • Cashback 3% untuk semua pembelian
  • 100 kartu virtual gratis setiap bulan
  • Biaya deposit 0%
  • 0% untuk biaya penarikan
  • 0% menolak biaya transaksi

Yang menarik lagi adalah, LinkPay menawarkan beragam kartu virtual yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk kartu yang tanpa dukungan 3D-Secure atau dengan menggunakan 3D Secure. Jadi pengguna diberikan kebebasan.

Ada kartu yang dikhususkan untuk Pengiklan, ada yang khusus untuk Pembayaran Online, atau yang bisa untuk semuanya.

LinkPay.io juga dikenal dengan proses registrasi yang mudah dan cepat, serta dukungan layanan pelanggan yang responsif. Fitur-fitur canggih seperti pengelolaan transaksi real-time dan pemberitahuan instan melalui aplikasi mobile membuat pengguna dapat memantau aktivitas kartu mereka dengan lebih baik.

Dengan semua keunggulan tersebut, tidak mengherankan jika LinkPay.io menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna yang mencari solusi pembayaran online yang aman dan praktis. Kartu kredit virtual ini tidak hanya mempermudah transaksi online tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya, memastikan setiap pembayaran dilakukan dengan standar keamanan tertinggi.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *