Seagate Firecuda 2TB

LHAGEEK.com – Dulu, kalau ada pengguna komputer ingin membuat komputernya menjadi lebih cepat, yang diupgrade adalah RAM. Ya, RAM besar pasti kecepatan komputer juga akan bertambah. Itu benar tapi faktanya tidak selalu demikian.

Ada perangkat keras yang lain yang juga menentukan. Yakni media penyimpanan, harddisk.

Masih banyak pengguna komputer baik laptop/pc yang kurang paham kalau jenis harddisk yang digunakan sangat berpengaruh pada kecepatan computing komputernya. Untuk itulah kali ini LhaGeek.com ingin memberikan informasi penting untuk kalian mengapa penggunaan media penyimpanan itu sangat vital.

Tak heran sekarang ini banyak bermunculan SSD yang notabene memiliki performa lebih baik dibanding HDD. Sayangnya SSD memiliki harga yang cukup mahal, bisa dua hingga tiga kali lipatnya HDD. Namun itu tidak masalah, karena sekarang ini sudah ada SSHD yang dapat dijadikan solusi untuk mendapatkan media penyimpanan yang cepat, kapasitas besar, tetapi harga terjangkau.

Kebetulan sekali saat ini LhaGeek.com tengah memegang salah satu produk harddisk dari Seagate, yaitu Seagate FireCuda 3.5″ 2TB.

Ini bukan 100% HDD tetapi ini termasuk jenis SSHD, saat ini disebut juga Flash Accelerated Drive.

SSHD (solid state hybrid disk) atau saat ini disebut juga Flash Accelerated Drive merupakan media penyimpanan yang menggabungkan dua teknologi HDD dan SSD. Sehingga pengguna akan mendapatkan berbagai kelebihan dan efektifitas dalam penggunaan storage di komputernya.

1Seagate FireCuda 3.5″ 2TB bukan harddisk biasa

Flash Accelerated Drive ini merupakan ukuran 3.5″ yang artinya digunakan untuk komputer PC. Dari spesifikasinya, Seagate FireCuda 3.5″ ini memiliki kapasitas 2TB yang didalamnya terdapat 8GB NAND Flash Technology (Flash Accelerated Drive) yang memungkinkan storage ini mampu lebih cepat dibanding HDD biasa. Dan mampu menaikan performa 4x lebih cepat dibanding penggunaan HDD biasa.

Karena kombinasi SSD + HDD, maka Seagate FireCuda 3.5″ 2TB sangat worth it digunakan untuk kebutuhan PC Gaming maupun multimedia. Performanya sangat mendukung untuk kebutuhan itu. Apalagi kalau kalian memang seorang video creator atau gamers yang ingin upgrade komputer ke performa yang lebih baik lagi.

Spesifikasi Seagate Firecuda 3.5″ 2TB

Spesifikasi Seagate Firecuda

2Test & Benchmark Seagate FireCuda 3.5″ 2TB

Benchmark result http://hdd.userbenchmark.com/Seagate-FireCuda-SSHD-2TB-2016/Rating/3903

Secara umum, Seagate FireCuda 3.5″ 2TB memiliki performa di atas rata-rata. Hal ini dibuktikan dari hasil benchmark yang telah dilakukan banyak pengguna.


Benchmark Seagate Firecuda 2TB
Benchmark result http://hdd.userbenchmark.com/Seagate-FireCuda-SSHD-2TB-2016/Rating/3903
Seagate_Firecuda_CrystalDiskMark
Hasil Benchmarking via Crystal Disk Mark
Seagate_Firecuda_Transfer_rate
Transfer Speed
Seagate_Firecuda_HD_Tune
Hasil Benchmarking via HD Tune Pro
Seagate_Firecuda_Average_User_bench
Average_User_bench : Kompetitor (kiri) vs Seagate FireCuda 2TB (kanan)

3Why Choose Seagate FireCuda Flash Accelerated Drive ?

Perbandingan Kecepatan Booting Games – Seagate FireCuda lebih cepat, kurang dari 15 detik.

Berdasarkan data dan kebutuhan, keberadaan Seagate FireCuda Flash Accelerated Drive 3.5″ 2TB ini sangat menopang kebutuhan pengguna sekarang ini. Saya yakin untuk mendapatkan sebuah storage jenis SSD itu membutuhkan budget yang besar, apalagi soal kapasitas juga menjadi perhitungan.

Untuk itu Seagate FireCuda 3.5″ 2TB ini memungkinkan pengguna yang memiliki masalah seperti itu bisa mengatasinya dengan menggunakan produk ini.

Multi-Tier Caching Technology dan Adaptive Memory

Pasti banyak yang bertanya, apakah benar-benar lebih cepat dari HDD, kan dari segi fisik sama seperti HDD biasa? Ya, itu fisik memang benar. Tetapi yang menjadi catatan untuk kalian pengguna komputer adalah, Flash Accelerated Drive ini telah dibenamkan teknologi Multi-Tier Caching Technology dan Adaptive Memory.

Teknologi ini yang akan membuat proses booting serta read/write menjadi lebih cepat. Mungkin ketika digunakan satu dua kali belum terlalu terasa, tetapi jika sudah digunakan berkali-kali maka teknologi ini akan dapat dirasakan. Itu berkat teknologi ‘multi-tier caching’ yang ada di Seagate FireCuda 3.5″ 2TB. Menariknya lagi teknologi ini hanya ada di Flash Accelerated Drive ini.

Coba lihat perbandingan kecepatannya di video ini.

4Kesimpulan

Meningkatkan performa komputer sangatlah penting bagi kalian yang memang konsen dengan kebutuhan gaming maupun multimedia. Spek grafis, RAM yang tinggi saja tidak cukup untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Untuk itu masalah storage jangan dianggap sepele. Dibutuhkan storage yang bukan hanya besar kapasitasnya, namun juga memiliki performa kecepatan yang dapat diandalkan.

Melihat performanya, Seagate FireCuda 3.5″ 2TB ini sangat cocok digunakan untu kebutuhan PC Desktop, PC Gaming, Workstations, hingga High-performance direct-attached storage (DAS) devices.

Apalagi dukungan garansi selama 5 tahun membuat Seagate FireCuda 3.5″ 2TB ini layak untuk dicoba. 🙂

So, apakah kamu akan mencobanya? Saya tantang kamu untuk mengirimkan data performa PC kamu yang sudah menggunakan harddisk ini. 🙂 Silahkan kirimkan lewat kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here