5 Rekomendasi Harddisk Eksternal 1TB Murah

Rekomendasi Harddisk Eksternal 1TB

Harddisk eksternal sangat dibutuhkan untuk kamu yang ingin memiliki cadangan file selain di laptop atau komputer. Biasanya orang-orang beli harddisk eksternal memang untuk tempat backup. Selain itu juga karena harddisk di laptop/komputer sudah menipis.

Kalau mau beli harddisk eksternal, aku saranin beli yang kapasitasnya besar sekalian, minimal harddisk eksternal 1TB. Lagipula sekarang ini harga harddisk eksternal berkapasitas segitu sudah murah-murah.

Rekomendasi Harddisk Eksternal 1TB

Rekomendasi Harddisk Eksternal 1TB

Kali ini aku mau kasih 5 rekomendasi harddisk eksternal 1TB yang bisa kamu jadikan pilihan. Rekomendasi ini tidak hanya soal harga, tetapi juga kualitasnya. Dan urutan rekomendasi ini random, tidak berdasarkan urutan terbaik.

1. Seagate Backup Plus Slim 1TB

HDD-Eksternal-Seagate-Backup-Plus-Slim-1TB

Siapa yang tak kenal dengan harddisk merek Seagate. Pabrikan ini memiliki produk seri Backup Plus Slim. HDD Eksternal ini menggunakan USB 3.0 5GB/s tetapi juga mendukung USB 2.0. Sesuai dengan namanya ukurannya slim (tipis) dan ringan. Bobotnya sekitar 225gram. Owh ya, ini HDD Eksternal 2.5 inch ya.

Untuk penggunaannya sangat mudah, tinggal Plug & Play saja. Mendukung sistem operasi Windows, Mac, Linux, dan Android dengan disambung menggunakan OTG.

Ada pilihan 6 warna, diantaranya Hitam, Merah, Biru, Gold, Silver, dan Rose Gold.

Harddisk Eksternal Seagate Backup Plus Slim 1TB ini memiliki garansi resmi dari Seagate Indonesia selama 3 tahun. Lama juga ya. Untuk harganya sendiri berkisar antara Rp 700.000 – Rp 800 Ribuan. Cari saja di online marketplace banyak yang jual dengan harga bervariatif.

Ingat, beli yang resmi.

2. WD My Passport 1TB

Harddisk Eksternal WD My Passport 1TB

HDD Eksternal 2.5″ dari WD (Western Digital) ini juga salah satu yang paling banyak diminati. Dari spesifikasinya hampir-hampir sama yang nomor 1. Mendukung USB 3.0 dan ukurannya pun sangat portable ringan.

HD Eskternal ini memiliki fitur keamanan data yang menggunakan enkripsi perangkat keras AES 256-bit internal yang bisa diakses melalui WD Discovery. Ini merupakan aplikasi antar muka untuk memaksimal harddisk eksternal WD My Passport.

Garansi yang diberikan juga 3 tahun, resmi dari WD. Ingat, kalau beli di online pastikan cari yang garansi resmi WD.

Bisa langsung berjalan di semua sistem operasi. Tetapi untuk penggunakan di Apple/Mac OS, HDD Eksternal ini perlu diformat dulu.

Untuk harganya sendiri juga sekitar Rp 800 Ribuan.

3. Toshiba Canvio Basic 1TB

Harddisk Eksternal Toshiba Canvio Basic 1TB

Rekomendasi harddisk eksternal lain adalah dari Toshiba. Karena dari pengalaman aku, harddisk dari Toshiba ini juga termasuk salah satu yang awet. Untuk seri Toshiba Canvio Basic 1TB ini tidak ada fitur yang istimewa. Ya sebatas harddisk eksternal berukuran 2.5″ saja.

Konektornya sama-sama menggunakan USB 3.0 dan sudah mendukung berbagai sistem operasi.

Untuk garansinya selama 3 tahun juga.

Oh lupa, untuk harddisk eksternal ini memiliki proteksi data yakni built-in internal shock sensor dan ramp-loading technology. Intinya akan meminimalisir kerusakan dari sisi hardware karena guncangan.

Untuk harganya sendiri sekitar Rp 700rb – Rp 800ribuan.

4. Seagate Expansion 1TB

Seagate Expansion

Seagate memiliki produk harddisk eksternal lain, yakni Seagate Expansion 1TB. Antara Seagate Expansion dan Backup Plus sebenarnya sama-sama harddisk eksternal. Tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Diantaranya adalah soal ukuran. Backup Plus memiliki ukuran yang lebih ramping dan ringan. Tapi bobotnya hanya selisih sekitar 50 gram saja.

Kemudian perbedaan yang menjadi nilai jual dari Seagate adalah Backup Plus dicitrakan untuk kebutuhan backup, wajar jika di dalamnya ada software untuk melakukan backup otomatis. Sedangkan yang Expansion ini hanya digunakan penyimpanan biasa.

Karena Backup Plus lebih ditujukan eh maksudnya lebih dicitrakan untuk keperluan backup, sehingga harganya lebih tinggi. Kalau Backup Plus bisa nyampai Rp 800ribuan, yang Expansion ini hanya Rp 600-700ribuan.

Kalau untuk masalah hardwarenya sama semua.

Baca juga : Review Seagate FireCuda 2TB 3.5″ Flash Accelerated Drive, Bukan Harddisk Biasa

5. Toshiba Canvio Ready 1TB

Toshiba Canvio Ready 1TB

Selain memiliki seri Basic, Toshiba Canvio juga punya seri Ready. Dari segi harga sendiri justru lebih murah yang seri Ready ini. Meskipun dari sisi spesifikasi hardware ya sama saja.

Jujur aku sendiri agak kurang paham apa perbedaannya, selain dari sisi desain fisik yang berbeda. Tapi ya semoga rekomendasi ini bisa kamu jadikan pilihan.


Baca juga : Bisa Jadi Penyebab Hard Disk Sering Rusak Gara-Gara Ini!

Itu saja yang bisa aku rekomendasikan. Silakan dijadikan pilihan kalau kamu saat ini sedang menjadi harddisk eksternal 1tb. Kalau kamu punya rekomendasi lain berdasarkan pengalaman kamu, bisa tulis di komentar.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.