Unboxing dan Review Modem Mifi Alcatel MW40 (Airtel)

Mifi Alcatel MW40 - Featured Image

Unboxing dan Review Modem Mifi Alcatel MW40 (Airtel) | Seperti janji saya dipostingan sebelumnya, kali ini saya ingin unboxing dan review pengalaman saya menggunakan modem mifi Alcatel MW40. Artikel ini murni review obyektif ya, tidak ada sponsor dari mana pun. Karena saya memang lagi butuh mifi baru pengganti Huawei E5573. Sebenarnya yang Huawei E5573 juga masih berfungsi, hanya saja baterainya sudah kembung.

Lhoh kok nggak beli baterai saja, malah beli modem mifi baru?

Nah ini yang mau saya bahas di sini juga. Jadi kalau nanti beli baterai baru, juga bakal kembung lagi. Soalnya penggunaan mifi saya selalu dicolok, malas sih kalau mau isi ulang terus baterai. hehehe. Karena alasan itulah saya beli Alcatel MW40.

Seperti yang sudah saya ulas singkat di postingan sebelumnya (Spesifikasi & Harga Modem Mifi Alcatel MW40, Bisa Nyala Tanpa Baterai), bahwa Alcatel MW40 ini punya fitur bypass. Yang artinya bisa digunakan tanpa baterai terpasang. Jadi langsung colok ke listrik. Ini yang menjadi alasan mengapa saya beli ini. Supaya nanti bisa awet mifinya, terutama baterainya. Baterai tak pakai kalau pas mau digunakan ke luar rumah atau yang tidak ada colokan saja. Begitu.

Unboxing Modem Mifi Alcatel MW40

Kemarin saya beli ini di marketplace dengan harga Rp 425.000. Harganya beragam sih, ada yang segitu ada pula yang sekitar Rp 500 ribu tapi nanti dapat bonus kartu Telkomsel plus kuota internet 14GB. Kalau kamu mau beli juga nanti saya kasih linknya di bawah. Lanjut baca dulu aja.

Dalam pembelian mifi ini kemarin saya mendapatkan yang versi Airtel.

Jadi di pasaran Indonesia itu, modem mifi ini ada juga jenis, yang satu adalah bundling Telkomsel dan yang satunya Airtel. Karena Airtel ini merek provider luar, jadi bisa dipastikan yang versi ini adalah import. Kalau yang Telkomsel memang dipasarkan untuk pasar Indonesia.

Dalam paket pembelian kemarin, saya hanya dapat : unit mifi, baterai dengan merek TCL - saya nggak tau ini memang baerai aslinya atau bukan, terus kabel chargernya.

Mifi Alcatel MW40 - 01

Dah itu saja yang saya dapatkan. Tidak ada kartu panduan penggunaan juga. Mungkin karena ini memang produk import yang sebenarnya tidak dipasarkan di Indonesia jadi dapatnya seperti itu.

Dan kemarin itu kardus sudah tidak tersegel, setelah saya konfirmasi ke penjualnya memang gitu karena untuk keperluan unlock. Jadi modem mifi ini sudah unlock, bisa dipakai semua provider di Indonesia. Sekarang saja saya pakai Smartfren.

Review Modem Mifi Alcatel MW40

Yang pertama saya lihat adalah boxnya. Di boxnya tertera beberapa informasi tentang modem mifi ini. Dari informasi yang ada, terlihat bahwa modem mifi ini buatan China. Saya kurang tahu apakah semua mifi Alcatel MW40 dibuat di China.

Mifi Alcatel MW40 - 02

Lalu ada juga informasi For Airtel Network Only. Yang artinya modem mifi ini awalnya dijual memang hanya untuk jaringan provider Airtel. Akan tetapi sudah diunlock sehingga bisa digunakan oleh semua operator. Dalam paket penjualan resminya pun juga tidak mendapatkan paket kartu SIM, hal ini bisa dilihat di bagian pojok kanan bawah ada logo SIM disilang.

Kemudian di sisi lain ada informasi mengenai pabrikan produk ini.

Kita bisa lihat kalau produk ini (yang merek Airtel ya) sebenarnya dipasarkan di India. Terlihat nama importirnya.

Itu kalau dari boxnya. Bagaimana jika dari kualitas produknya?

Mifi Alcatel MW40 ini ternyata cukup simple. Bagian depannya ada 4 lampu indikator yang masing-masing memberikan informasi tentang : Sinyal jaringan provider, WiFi, SMS, dan Baterai.

Semua indikator di atas akan berfungsi normal jika kita menggunakannya dengan baterai. Tetapi jika digunakan secara bypass, ternyata hanya indikator baterai saja yang menyala kedip-kedip warna merah. Ini tidak masalah sih.

Mifi Alcatel MW40 - 03

Kemudian di sisi atasnya hanya ada dua tombol, yakni Power dan WPS. Dan di sisi bawah ada port micro USB untuk powernya.

Jika buka bagian dalamnya ada slot micro SIM Card dan micro SD.

Mifi Alcatel MW40 - 04

Buat yang suka pakai mifi dengan antena, rasanya kalian tidak akan mendapatkannya di modem mifi ini. Karena memang tidak ada slot antenanya. Konektivitas cuma itu saja di modem mifi ini.

Mencoba bypass di MiFi Alcatel MW40

Kemarin ketika modem mifi datang, saya langsung coba semuanya apakah berfungsi normal, seperti baterainya dan lain-lain. Semua berfungsi termasuk fitur bypass, saya bisa menghidupkan mifi ini tanpa baterai terpasang. Akan tetapi kita butuh kepala charger yang bagus. Karena dipembelian modem mifi ini kita tidak dapat kepala charger, jadi kita harus cari sendiri.

Mifi Alcatel MW40 - 06

Kebetulan di rumah ada kepada charger bekas salah satu merek ponsel, jadi saya pakai itu. Yang penting punya output 5V 1A.

Kalau digunakan melalui bypass kita nggak butuh tekan tombol powernya. Jadi ketika dicolok ke listrik, otomatis akan menyala sendiri, tinggal tunggu saja beberapa detik. Tetapi jika kamu mau pakai baterai, ya harus ditekan tombol powernya.

Aplikasi Pendukung

Untuk mengatur mifi ini, kamu bisa mengaksesnya melalui browser dengan alamat 192.168.1.1, atau jika tidak mau repot, bisa install aplikasi Alcatel Link App di Play Store.

Alcatel

Dengan aplikasi ini kita bisa mengatur modem mifi ini meliputi : Informasi SSID termasuk passwordnya, Network Mode (Auto, 4G Only, 3G Only), Network Selection (Auto, Manual), Block User, Usage Information, SMS, dll.

Sayangnya nggak ada fitur untuk pengaturan DNS tidak ada dan DHCP hanya bisa dibuka lewat panel browser. Jadi cuma itu saja, cukup simple sih. Tidak seperti Huawei yang pengaturannya banyak.

User Interfacenya pun mudah dipahami pengguna awam.

Kesimpulan

Modem Mifi Alcatel MW40 ini adalah salah satu modem mifi 4G All Operator dengan harga yang relatif murah dibanding lainnya. Dengan adanya fitur bypass tentu merupakan kelebihan tersendiri dari modem mifi ini, karena pengguna bisa bebas menggunakan terus tanpa harus khawatir baterai kembung.

Untuk daya tahan baterai yang berkapasitas 1800 mAh ini bisa sampai kurang lebih 6-7 jam. Tergantung jumlah pengguna, dan kondisi sinyal providernya. Kalau sinyal providernya kurang bagus, biasanya akan menguras baterai.

Mifi Alcatel MW40 ini bisa digunakan untuk 15 pengguna secara langsung.

Kekurangan modem mifi ini adalah tidak ada slot antena. Tapi buat saya ini nggak masalah sih. Soalnya juga tidak pernah pakai antena mifi. Kekurangan lain adalah dipaket pembelian tidak disertakan kepala charger lagi. Untuk versi lama katanya dulu ada kepala chargernya, tetapi untuk yang sekarang ini tidak ada.

Itu saja sih review mifi Alcatel MW40 ini. Kalau kiranya ada yang masih ingin kamu tanyakan, bisa langsung tulis di komentar. Nanti akan saya jawab. Mohon maaf jika reviewnya kurang detail, tapi semoga ini bermanfaat.

Link pembelian Mifi Alcatel MW40 :

Owh ya lupa, mifi ini garansinya 1 tahun ya.



Baca juga :



4 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *