Cara Bypass MiFi Supaya Bisa Digunakan Tanpa Baterai

Baterai Mifi

Cara Bypass MiFi Supaya Bisa Digunakan Tanpa Baterai - Sekarang ini hotspot berjalan sudah ada dimana-mana. Salah satunya adalah yang menggunakan mifi untuk kebutuhan jaringan internet yang bisa mobile. Wajar dong kalau penggunaan mifi yang rutin ini akan menyebabkan mifi menjadi tidak awet, terutama dari sisi baterainya.

Apalagi buat yang menggunakan mifi untuk kebutuhan jaringan internet di rumah, pastinya akan lebih sering mencolokkan mifi langsung ke sumber listrik (charging) supaya tidak perlu ngecek baterainya. Akan tetapi yang seperti ini tidak baik untuk mifi itu sendiri. Karena akan membuat baterai mifi menjadi cepat kembung dan ngedrop.

Saya pun mengalaminya, karena penggunaan internet di rumah mengandalkan mifi, alhasilnya seharian digunakan sembari dicharge. Baterai mifi saya pun langsung kembung, dan hanya mampu bertahan 1 jam saja. Padahal baterainya baru beli dua bulan.

Beruntung ada cara yang namanya bypass. Mungkin kamu pernah dengar.

Bypass ini adalah cara agar mifi dapat digunakan tanpa harus menggunakan baterai. Sehingga baterai dilepas dan mifi langsung dicolokan ke charger/adaptor/powerbank. Otomatis baterai akan lebih awet karena jarang digunakan.

Untuk saat ini ada 3 cara melakukan bypass mifi. Ini tergantung juga dari tipe dan fitur mifi yang kamu miliki. Berikut caranya :

Menggunakan Baterai Dummy

Baterai Dummy Mifi

Cara ini dengan memasangkan sebuah rangkaian yang menyerupai baterai tetapi bukan baterai. Rangkaian ini terdiri dari kapasitor, dan rangkaian lain kemudian dibuat menyerupai baterai agar dapat dipasang di slot baterai mifi. Sehingga nanti mifi bisa dinyalakan langsung dengan bantuan charger.

Cara seperti ini terbilang aman, karena tidak mempengaruhi garansi mifi. Soalnya ya tidak mengubah fisik dari perangkat mifi itu sendiri.

Rangkai baterai dummy seperti ini sudah banyak dijual di marketplace, harganya kisaran Rp 20.000 - Rp 50.000.

Menggunakan Jasa Bypass

Cara lain bisa menggunakan jasa bypass. Ada orang yang menyediakan jasa untuk oprek software mifi, sehingga mifi tersebut langsung bisa digunakan tanpa menggunakan baterai.

Tentunya cara seperti ini beresiko terhadap garansi mifi karena mengubah software mifi. Lagi pula kalau gagal, kadang bisa membuat mifi menjadi mati total.

Lebih baik hati-hati jika ingin menggunakan jasa ini.

Menggunakan Fitur Bawaan Pabrik

Hal yang paling mudah adalah menggunakan fitur bawaan pabrik. Ini tidak berlaku untuk semua mifi, hanya beberapa mifi saja yang memang sudah didesain oleh produsennya agar bisa digunakan tanpa harus memasang baterai.

Sebagai contoh adalah MiFi Alcatel MW40, dimana mifi ini sudah punya fitur bypass. Langsung colok charger dengan baterai dilepas pun bisa digunakan.

Cara ini tentu lebih aman dan paling aman, karena memang sudah bawaan pabriknya. Nah, buat kamu yang lagi mau cari mifi, mending cari yang seperti ini.

Artikel terkait : Spesifikasi MiFi Alcatel MW40

***

Oke itu saja tips yang bisa saya tulis, semoga Cara Bypass MiFi Supaya Bisa Digunakan Tanpa Baterai ini bisa kamu coba sendiri dan bermanfaat untuk kamu. Terima kasih sudah membaca.



Baca juga :



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *