Review Notebook Cooler DEEPCOOL N17

Pendingin Laptop

Pekerjaan sehari-hari saya yang menggunakan notebook untuk bekerja, membuat kinerja notebook harus tetap terjaga. Meskipun kebutuhannya untuk menulis dan browsing, tapi saya ingin notebook tetap memiliki performa yang cepat dan tidak bermasalah. Saya menggunakan notebook ASUS A455LD Core i3 yang sudah saya upgrade RAM menjadi 10GB dan sudah pakai SSD untuk sistemnya.

Notebook ini memang didesain untuk kebutuhan office dan desain ringan saja. Meskipun sudah beberapa tahun, notebook ini tidak ada masalah serius, terakhir hanya ganti baterai saja. Ya wajar, kalau baterai kan masalah umur pemakaian.

Tapi masalah-masalah ringan itu pasti ada, misalnya saja notebook agak panas karena digunakan berjam-jam. Apalagi ruangan saya bekerja tidak ada AC, sehingga membuat sirkulasi udara di dalam notebook kurang bagus.

Akhirnya saya coba beli notebook cooler atau kipas pendingin notebook. Kali ini saya mencoba produk notebook cooler dari DEEPCOOL dengan tipe N17.

Notebook Cooler DEEPCOOL N17

Apakah notebook cooler ini benar-benar bisa menurunkan temperatur suhu notebook?

Saya sudah mencobanya, dan hasilnya adalah ….

Tunggu dulu, sebelum melihat hasilnya, saya akan informasikan sedikit penggunaan notebook saya. Jadi 80% penggunaan laptop saya itu digunakan untuk online karena kerjaan saya memang 100% online. Saya menggunakan browser Chrome versi terbaru dan tab browser yang terbuka sangat banyak.

Selain browser, kadang juga membuka aplikasi Photoshop dan Office.

Dengan penggunaan seperti ini, temperatur suhu prosesor berkisar antara 60-65 derajat Celcius. Bahkan jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan kadang bisa menyentuh angka 68-70 derajat Celcius.

Data ini saya ukur melalui aplikasi CPUID HWMONITOR.

HWMonitor
Sebelum menggunakan Notebook Cooler

Notebook Cooler DEEPCOOL N17

Mengapa saya memilih produk atau tipe ini? Meskipun DEEPCOOL punya banyak varian tipe, akhirnya saya mencoba memilih tipe DEEPCOOL N17 ini. Ada beberapa alasan mengapa saya memilih tipe ini.

  • Karena desainnya slim dan ringkas sangat pas untuk laptop saya yang ukurannya 14″.
  • Harganya murah. Ya, ini adalah salah satu tipe notebook cooler dari DEEPCOOL yang harganya murah.

Notebook Cooler ini hanya memiliki satu kipas saja tapi ukurannya besar, yakni 140mm. Terus bagian atas, dudukan laptopnya ini ternyata dari Metal Mesh. Jadi sangat baik untuk menyebarkan hawa panas juga.

Notebook Cooler DEEPCOOL N17

Produk ini juga punya manajemen kabel yang bagus di bagian bawah, sehingga kalau pas tidak dipakai bisa dilipat. Dan memiliki USB pass-through connector. Jadi kalau nanti dicolok ke port USB di laptop, tidak akan terganggu, karena sudah ada konektornya.

Baca juga:  Alat Tracker Asing Bisa Terdeteksi dengan Aplikasi Apple Ini
Pendingin Laptop DEEPCOOL N17
USB Connector DEEPCOOL N17

Impresi Awal

Saya baru pertama kali ini menggunakan produk DEEPCOOL, jadi cukup tertarik untuk melihat performanya.

Untuk fisik produknya sendiri overall bagus, meskipun untuk cover bawah terbuat dari plastik, tapi sangat solid dan kuat untuk menahan beban laptop. Selain itu bagian kaki-kakinya memiliki kemiringan yang menurut saya pas. Jadi sangat nyaman ketika buat mengetik.

Kadang ada notebook cooler yang kaki-kakinya terlalu miring dan tidak bisa diatur, jadi sangat tidak nyaman. Kalau ini pas.

Pendingin Laptop Notebook Cooler

Selanjutnya bagian kipas yang langsung saya coba. Ketika kipas saya hidupin (tanpa ditaruh laptop di atasnya), saya akan kaget kok rasanya pelan hembusan udaranya. Owh ya, kipasnya ini membuang udara ke atas ya, jadi nanti menghembuskan udara ke bawah laptop.

Saya kira itu hembusan udara dari kipasnya bakal kenceng, secara kipasnya gede. Tapi.. setelah saya coba taruh laptop di atasnya, ternyata baru terasa kalau memang dikasih laptop.

Udaranya jadi adem, meskipun tidak kencang tetapi menurut saya ini sudah cukup efektif.karena ada laptop di atasnya.

Tangan saya yang di sebelah kanan kiri laptop pun terasa hembusan udaranya, adem.

Apakah Temperatur Suhunya Turun?

Nah ini yang terpenting bagi saya. Buat apa punya notebook cooler desain bagus tapi tidak berguna. Saya test langsung sembari bekerja seperti biasa, dengan membuka browser dan aplikasi-aplikasi yang biasa saya pakai.

Di atas sudah saya tampilkan temperatur suhu normal ketika tidak menggunakan notebook cooler. Dan setelah menggunakan notebook cooler ini temperatur suhu jadi segini :

HWMonitor

Kalau dilihat, ada penurunan suhu sekitar 5-6 derajat Celcius. Tapi tidak sampai turun hingga 10 derajat.

Menurut saya ini sudah cukup, dan bisa disimpulkan notebook cooler DEEPCOOL N17 ini bekerja dengan baik.

Tapi notebook cooler tipe ini menurut saya hanya pas digunakan untuk laptop-laptop yang jenisnya seperti milik saya itu. Laptop yang kebutuhannya hanya untuk browsing dan office saja. Kalau laptop multimedia dan gaming, sebaiknya pakai tipe yang lain yang memiliki kipas lebih dari satu.

Baca juga : Kipas Pendingin Laptop Efektifkah Untuk Mengatasi Laptop Panas?

Mungkin next time akan saya review juga perangkat yang itu.

Itu saja review notebook cooler DEEPCOOL N17 ini, semoga bermanfaat. Kalau ada yang mau ditanyakan langsung tulis di kolom komentar ya.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *