fbpx

UPS APC by Schneider Electric Mengamankan Konsol Game & Perangkat Elektronik Berharga Anda

APC Back-UPS Pro BR Series

Saya pernah ada pengalaman tidak menyenangkan ketika sedang asik menulis artikel di blog. Waktu kondisi lagi sedang hujan dan mendung. Dan tiba-tiba ada petir menyambar rumah saya, ya persis di atas rumah, bekas petirnya pun sampai terlihat. Bersyukur tidak ada korban jiwa. Tetapi beberapa perangkat elektronik ada yang jebol. Salah satunya adalah perangkat router milik saya. Seketika itu tidak bisa digunakan. Masih hidup tetapi sudah tidak bisa memancarkan sinyal wireless.

Sedih rasanya, karena ini perangkat sangat vital sekali untuk pekerjaan saya sehari-hari sebagai blogger. Sempat mencoba untuk diperbaiki, tetapi ternyata tidak bisa. Sebenarnya bisa sih, tetapi biaya komponennya mahal, yang pada akhirnya saya mending beli perangkat baru saja.

Yang saya syukuri lagi adalah ketika itu laptop tidak sedang terhubung ke listrik. Saya tidak bisa bayangkan kalau laptop saya sampai kena, waduh tambah pusing. Dari pengalaman ini saya sadar kalau penggunaan perangkat UPS (Uninterruptible Power Supply) itu sangat vital. UPS tau kan?

UPS adalah perangkat fungsinya sebagai baterai cadangan atau catuan daya alternatif, agar perangkat elektronik tidak kehilangan daya ketika sumber daya listrik utama mati atau mengalami gangguan. Sehingga nantinya tidak akan merusak perangkat elektronik yang ada.

Saya rasa pengalaman seperti ini perlu disebarkan, karena ternyata masih banyak orang yang belum aware dengan keamanan perangkat elektroniknya. Apalagi kalau perangkat elektronik yang ada di rumahnya itu harganya mahal-mahal. Sayang banget kan kalau sampai rusak dan rusaknya itu bukan saja karena petir ya, kan kalau sambaran petir itu kan nggak selalu ada dan nggak bakal selalu nyamber rumah.

Tetapi yang lebih penting itu adalah keamanan perangkat elektronik dari arus listrik itu sendiri. Yang sering terjadi adalah arus listrik yang padam secara tiba-tiba entah karena ada maintenance dari pihak penyedia atau karena ada trouble. Selain itu juga karena arus listrik di rumah yang tidak stabil. Nah, ini yang juga sering terjadi dan jarang disadari. Arus listrik yang kurang stabil bisa membuat komponen perangkat elektronik kita jadi rusak.

Jadi memang sebaiknya harus ada perangkat tambahan yang bisa digunakan untuk mengamankan elektronik-elektronik di rumah kita. Khususnya perangkat komputer, laptop, router, modem, tv, dll. Apalagi kalau Anda atau anak Anda suka gaming dengan PC, jangan sampai aktivitasnya terganggu karena masalah kelistrikan.

Untuk itu sebaiknya perlu menggunakan UPS yang merupakan sebuah perangkat yang akan melindungi perangkat listrik anda baik dari arus listrik yang tidak stabil maupun sambaran petir. Tapi ya jangan asal kalau membeli UPS. Perlu dilihat dulu bagaimana kualitasnya, spesifikasinya dan fitur-fiturnya. Karena ya mohon maaf, sekarang ini banyak UPS yang ditawarkan dengan harga sangat murah, tetapi kualitasnya ya biasa saja. Yang sering terjadi biasanya performa tidak awet, dan gampang rusak. Jangan mending hati-hati.

Kalau urusan UPS, saya selalu merekomendasikan produk UPS APC by Schneider Electric. #SchneiderElectricID

Salah satu produk yang bisa digunakan adalah APC Back-UPS Pro BR Series. Produk ini memiliki beberapa seri berdasarkan voltasenya. Jadi nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

APC Back-UPS Pro BR Series

APC Back-UPS Pro BR Series

UPS APC by Schneider Electric ini bukanlah UPS biasa, selain sebagai perangkat untuk cadangan baterai otomatis, juga sebagai pelindung perangkat elektronik dari lonjakan arus listrik back-door. Perangkat UPS APC by Schneider Electric ini sangat cocok digunakan berbagai kebutuhan baik di perumahan, maupun perkantoran.

Apalagi buat Anda yang suka gaming, entah itu game di perangkat PC atau menggunakan console gaming , sangat perlu menggunakan UPS ini. Karena APC Back-UPS Pro BR Series ini juga direkomendasikan untuk para gamers. Tinggal letakkan UPS ini berdekatan dengan area konsol game Anda. #UPSforGaming

APC Back-UPS Pro BR Series

Karena ini urusannya untuk menjaga keamanan perangkat elektronik kita, jadi UPS yang kita gunakan pun juga perlu yang berkualitas. UPS APC by Schneider Electric ini memiliki berbagai fitur premium yang mampu meningkatkan durasi kerja dan daya perangkat elektronik kita.

Fitur-fitur lainnya seperti berikut iniā€¦.

Fitur APC Back-UPS Pro BR Series

APC Back-UPS Pro BR Series

UPS ini mampu melindungi perangkat elektronik saat kehilangan daya listrik secara mendadak dan mampu memberikan kualitas daya tanpa distorsi. Sehingga ini akan sangat aman untuk perangkat elektronik Anda.

Adanya layar LCD juga memudahkan Anda untuk memonitor UPS ini. Nantinya Anda bisa mengelola mode, melihat parameter sistem, dll.

Tersedia juga 2 USB Charging Port (type C + Type A), sehingga misal mati listrik kemudian baterai smartphone habis, bisa mengisinya dari UPS ini. 

Live On XL

Nah yang menarik juga adalah, baterai dari UPS ini termasuk Replaceable Batteries. Sehingga misal ketika sudah waktunya ganti baterai, ya tinggal diganti saja baterainya. Anda tidak perlu membeli seluruh perangkat UPS ini dalam keadaan baru semuanya.

Fitur teknologi lainnya adalah Active Power Factor Correction (PFC). Intinya ini akan membuat arus listrik yang masuk ke perangkat elektronik menjadi lebih stabil. Kemudian ada juga Powerchute Personal Edition, jadi ini merupakan firmware tambahan yang berupa software dan nantinya Anda bisa memonitor UPS ini via software. Menarik kan!

Untuk masalah garansi, tenang saja. Anda akan mendapatkan garansi resmi selama 3 tahun. Garansinya berupa rusak ganti baru, selama masa garansi 2-3 tahun. Dengan syarat harus membawa bukti transaksi pada saat pembelian produknya.

Pembelian produk APC Back-UPS Pro BR Series ini bisa dilakukan di APC Official Store di Tokopedia, atau bisa di toko-toko IT lainnya. Karena produk UPS APC by Schneider Electric ini sudah jadi salah satu top brand UPS, jadi sangat mudah menemukan produk ini di toko online maupun offline. 

Tapi ingat ya, ini adalah UPS, bukan genset atau perangkat pengganti sumber listrik utama. Jadi penggunaannya hanya sebagai baterai cadangan saja. Yang otomatis mempunyai waktu yang terbatas untuk bisa digunakan. Semua itu tergantung penggunaannya. Anda bisa lihat di tabel berikut.

Spesifikasi APC Back-UPS Pro BR Series

Di tabel itu ada beberapa nama BR650MI, BR900MI, dan seterusnya, itu adalah serinya. Jadi APC Back-UPS Pro BR Series ini memiliki beberapa seri yang berbeda voltasenya. Tinggal Anda sesuai saja dengan kebutuhan Anda kalau mau beli.

Spesifikasi APC Back-UPS Pro BR Series

Untuk melihat detail spesifikasi masing-masing sering, bisa dibaca di tabel berikut ini :

Spesifikasi APC Back-UPS Pro BR Series
Spesifikasi APC Back-UPS Pro BR Series

Kalau ingin tahu lebih jauh tentang produk UPS APC by Schneider Electric ini bisa langsung lihat saja di media sosialnya :

***

Jadi kesimpulannya, menurut saya pribadi penggunaan perangkat UPS itu sangat penting. Kalau Anda memang ingin melindungi dan sayang sama barang-barang elektronik Anda. Karena kita nggak pernah tahu apakah akan ada masalah di kelistrikan rumah atau kantor kita. Apalagi kalau kita memang menggunakan perangkat yang sifatnya untuk kerja.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.