fbpx

Pentingnya Menggunakan UPS di Komputer PC Kamu

APC Easy UPS 1 Ph BV Series

Pemadaman listrik yang akhir-akhir sering di terjadi di beberapa kota termasuk kota-kota besar seperti DKI Jakarta, membuat kita sebagai pengguna komputer apalagi yang memiliki bisnis kecil berbasis komputerisasi, haruslah mempersiapkan back up listrik untuk perangkat komputer maupun elektronik yang kita miliki. Karena apabila hanya mengandalkan listrik dari sumber tegangan utama itu akan membahayakan perangkat kita. Terutama data komputer yang bisa bermasalah bahkan hilang seketika itu juga.

Apalagi buat kamu yang suka game online di rumah atau yang sekarang ini masih Work From Home, tentunya tidak mau pekerjaan kacau balau karena listrik tiba-tiba mati. Belum sempat menyimpan atau backup data, eh yang ada datanya malah hilang. Tentu ini bakal bikin sedih dan stress.

Untuk itu lah perlunya di setiap rumah atau perkantoran memiliki perangkat bernama UPS atau Uninterruptible Power Supply di masing-masing perangkat komputer.

UPS adalah perangkat yang memberikan suplai listrik ke perangkat komputer/elektronik ketika sumber tegangan utama padam atau tidak berfungsi dengan baik. Di dalam UPS ini memiliki komponen berupa baterai yang ketika dialiri listrik, baterai ini akan selalu terisi penuh. Dan ketika terjadi kerusakan listrik atau pemadaman secara tiba-tiba dari sumber tegangan utama, maka listrik dari baterai UPS ini bisa menjadi cadangan sementara.

Perangkat UPS ini tidak bisa menjadi cadangan listrik selama berjam-jam, biasanya hanya beberapa menit saja, karena kapasitas baterainya juga terbatas. Tetapi daya tahan baterai UPS yang bisa digunakan untuk menjaga komputer tetap menyala beberapa menit saja ini sangatlah penting.

Bayangkan saja jika kamu bekerja yang mengharuskan suatu data harus tetap real-time dan up to date, kalau tanpa menggunakan UPS mungkin ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, data terbaru tidak akan tersimpan dan itu sangat merugikan.

Pentingnya Menggunakan UPS

Keberadaan UPS tidak hanya untuk menjaga data saja, tetapi juga banyak manfaatnya untuk perangkat elektronik yang lain, seperti :

  1. Mencegah terjadinya kerusakan hardware. Pemadaman listrik secara tiba-tiba membuat perangkat elektronik yang dalam kondisi menyala bisa mengalami kerusakan dari sisi hardware nya. Karena terjadi arus listrik yang berhenti secara tiba-tiba, tidak sesuai dengan prosedur mematikannya.
  2. Menjaga perangkat elektronik pada lift tetap berjalan. Lift yang ada di dalam gedung juga membutuhkan UPS untuk menjaga agar tetap berjalan ketika ada pemadaman listrik secara tiba-tiba.
  3. Menjaga data komputer dan server tidak hilang. Kalau komputer PC mungkin permasalahannya ada pada data, tetapi untuk komputer server kalau mati mendadak tanpa UPS itu bisa memengaruhi banyak data dan komputer klien lainnya. Tentu ini akan membuat bisnis bisa rugi banyak jika tanpa memiliki cadangan listrik.
  4. Sebagai jembatan antara perangkat elektronik dan genset. Untuk menghidupkan genset ketika mati listrik itu perlu waktu, nah jangan sampai ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, ada jeda bahkan perangkat ikut mati. Untuk itu dengan menggunakan UPS bisa menjadi jembatan agar perangkat elektronik tetap menyala kemudian listrik dialihkan dari sumber tegangan listrik utama ke generator set.

Itulah mengapa UPS sangatlah penting baik untuk kebutuhan perangkat elektronik perumahan maupun perkantoran. Dan ketika memilih menggunakan UPS jangan asal membelinya. Karena banyak produk UPS yang kadang memiliki kualitas tidak bagus terutama dari sisi baterainya. Kadang ada yang tidak awet, atau daya outputnya tidak bagus.

Untuk urusan perangkat UPS, kami rekomendasi untuk mencoba APC Easy UPS 1 Ph BV Series.

APC Easy UPS 1 Ph BV Series

Apa itu APC Easy UPS 1 Ph BV Series?

UPS ini merupakan produk UPS dari APC by Schneider Electric. Sebuah brand UPS dari Schneider Electric, khususnya power protection/perlindungan daya listrik/power back-up/ekuivalen-nya.

APC Easy UPS 1 Ph BV Series ini merupakan salah satu produk unggulannya yang dikhususkan untuk kebutuhan rumahan dan bisnis kecil, jadi sangat cocok buat kamu nih yang di rumah sukanya ngegame atau bekerja di rumah mengandalkan komputer. Ukurannya yang sangat compact sekitar 9.25 cm x 16.05 cm x 30.5 cm, tentu tidak akan memakan banyak ruang.

Tapi meskipun ukurannya compact, kualitas dari UPS ini tidak perlu diragukan lagi. Karena sudah digunakan oleh jutaan profesional IT di seluruh dunia.

APC Easy UPS 1 Ph BV Series ini tidak hanya digunakan untuk mem-backup listrik jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik. Tapi juga bisa menjaga arus daya listrik yang masuk ke perangkat elektronik lebih stabil. Apabila kalau listrik perumahan, biasanya daya listriknya tidak konsisten, naik turun. Dan ini bisa berpengaruh buruk ke perangkat elektronik kita.

Mengapa Harus Menggunakan APC Easy UPS 1 Ph BV Series?

Ada banyak sekali produk UPS dipasaran, tetapi banyak juga yang kualitasnya tidak bisa diandalkan. APC Easy UPS 1 Ph BV Series dengan teknologi baterainya, memberikan jaminan garansi selama 2 tahun. Tidak hanya itu, dari sisi fitur dan teknologinya pun juga sangat worth it untuk kebutuhan saat ini, diantaranya :

1.Bisa untuk berbagai perangkat

UPS ini bisa digunakan untuk perangkat yang membutuhkan daya tinggi maupun rendah. Mau buat modem, router, atau perangkat dengan daya tinggi seperti PC, game console, sangatlah bisa. Jadi UPS ini tidak akan merusak meskipun digunakan untuk perangkat berdaya rendah.

2. Melindungi Perangkat dari Lonjakan Listrik

Kita tidak akan tahu apakah aliran listrik dari sumber tegangan listrik utama itu selalu stabil atau tidak. Kadang terjadi lonjakan arus yang bisa merusak perangkat elektronik kita. Atau apalagi kalau sampai terkena sambaran petir, itu jelas akan bisa merusak perangkat elektronik di rumah kita. Tapi dengan menggunakan APC Easy UPS 1 Ph BV Series semua perangkat yang terhubung ke UPS ini akan terlindungi dengan aman.

3. Adanya Fitur Automatic Voltage Regulation (AVR)

Teknologi ini bisa memperbaiki penurunan dan lonjakan tegangan ke tingkat yang aman. Di kota-kota besar padat penduduk, biasanya sering terjadi tegangan yang tidak stabil. Nah kalau UPS yang biasa-biasa saja, adanya fluktuasi tegangan seperti ini bisa merusak daya baterai UPS itu sendiri. Tapi di APC Easy UPS 1 Ph BV Series semua sudah terkontrol dengan baik.

Live On XL

4. Terus Mengisi Baterai Meski UPS Mati

Teknologi Intelligent off-mode charging yang ada di UPS ini memungkian untuk kamu bisa tetap mengisi baterai meskipun UPS ini dalam keadaan mati. Canggih kan?

5. Cold start function

Fitur yang ada di APC Easy UPS 1 Ph BV Series ini juga memungkinkan kamu untuk bisa menyalakan ulang UPS ini walaupun sedang tidak tersedia aliran listrik.

6. Battery self diagnosis

Tidak perlu khawatir untuk mengecek kondisi baterai dari UPS ini, karena sudah ada alarm yang akan menandakan kondisi baterainya. 

7. Memiliki Banyak Model

Untuk tipe APC Easy UPS 1 Ph BV Series ini memiliki banyak model yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan maupun kondisi daya listrik rumah atau tempat kerja kamu. Di bawah akan kami berikan deskripsi spesifikasi masing-masing modelnya.

***

Itu beberapa keunggulan dari APC Easy UPS 1 Ph BV Series, sebenarnya masih banyak lagi, seperti adanya lubang soket yang memudahkan UPS ini bisa ditaruh di berbagai tempat seperti belakang meja, ruang bawah tanah, dalam lemari, dll. Dan yang jelas pengoperasiannya juga sangat mudah.

Spesifikasi APC Easy UPS 1 Ph BV Series

Berikut ini spesifikasi APC Easy UPS 1 Ph BV Series berdasarkan masing-masing model yang ada.

Spesifikasi APC Easy UPS 1 Ph BV Series
Spesifikasi APC Easy UPS 1 Ph BV Series
Spesifikasi APC Easy UPS 1 Ph BV Series

APC Easy UPS 1 Ph BV Series merupakan UPS dengan desain yang compact tetapi memiliki kualitas dan performa baterai yang bagus. Jaga perangkat komputer dan elektronik yang kamu miliki dari kerusakan yang diakibatkan oleh daya listrik yang tidak stabil atau pemadaman listrik secara tiba-tiba. Ingat, meskipun UPS hanya bisa digunakan untuk menjaga perangkat untuk tetap menyala dalam beberapa menit saja di kondisi seperti itu, tetapi waktu yang singkat ini sangat krusial untuk kamu.

Kamu bisa menyimpan data, melakukan backup data, mematikan perangkat sesuai prosedur dan memastikan semua perangkat dalam keadaan baik-baik saja.

Untuk pembelian APC Easy UPS 1 Ph BV Series, bisa dilakukan di : 

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.