Kipas Pendingin Laptop Efektifkah Untuk Mengatasi Laptop Panas?

Kipas Pendingin Laptop

LHAGEEK.com – Penggunaan laptop yang berlebih baik untuk melakukan multitasking maupun penggunaan dalam laptop waktu yang lama kadang membuat laptop menjadi panas.

Jelas itu tidak memberikan kenyamanan ketika digunakan. Selain suara kipas laptop (heatsink fan) menjadi berbunyi keras, tak jarang pula laptop jadi ngadat karena prosesor terlalu panas. Ini perlu diperhatikan supaya tidak mengakibatkan hal-hal yang tak diinginkan, misalnya laptop mati.

Baca juga : Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba? Tenang, Lakukan Ini Untuk Menyelamatkannya

Dari beberapa masalah laptop yang panas ini banyak yang mengatasinya dengan menggunakan kipas pendingan laptop. Kipas yang digunakan biasanya memang kipas eksternal yang tinggal ditaruh di bawah laptop atau ada model baru yang ditaruh dilubang pembuangan udara laptop.

Tapi apakah penggunaan kipas pendingan laptop seperti ini efektif untuk mengatasi laptop panas?

Kalau menurut Lha Geek, kurang efektif.

Iya, panas bisa berkurang tadi efeknya tidak bisa maksimal.

Karena banyak sekali faktor eksternal yang perlu diketahui ketika menggunakan kipas pendingin seperti ini. Misalnya saja kondisi ruangan. Cek apakah kondisi suhu ruangan itu cukup panas, karena jika panas dampaknya juga ke sirkulasi udara yang ada di laptop. Perlu jika pakai kipas pendingin tadi udara yang ada di dalam ruangan juga panas.

Lalu faktor lain juga bisa dipengaruhi oleh kondisi kebersihan laptop itu sendiri. Nah menurut Lha Geek ini yang penting. Laptop panas diakibatkan karena heatsink fan kotor dan thermal paste (pasta pendingin di prosesor sudah kering). Dua faktor internal ini adalah yang paling dominan menjadi penyebab laptop panas.

Jadi solusi apabila laptop panas adalah dengan membersihkan komponen dalam laptop itu sendiri. Laptop harus dibongkar dan dibersihkan setiap bagian, khususnya di heatsink fan dan mengganti Thermal Paste agar prosesor tidak cepat panas.

Setelah dibersihkan bagian dalamnya, barulah bisa memakai kipas pendingin laptop. Tapi perlu diingat juga, ketika menggunakan kipas pendingin, daerah sekitar harus bersih dari debu. Karena jika kotor bisa jadi debu-debu masuk dengan mudah ke dalam komponen laptop. Alhasil laptop pun menjadi panas lagi.

Jika ingin memakai kipas pendingin atau coolpad sebaiknya memperhatikan beberapa kriterian berikut :

#Letak Kipas

Pastikan letak kipas tepat dibawah lubang masuk udara laptop, jangan lupa pembuangan. Sekarang kan model coolpad bermacam-macam, tinggal pilih saja yang sesuai.

#Kecepatan Kipas

Biasanya coolpad yang murahan hanya memiliki daya kipas yang tidak begitu kencang, jadi kurang maksimal menghasilkan udara dingin.

#Teknologi

Ada beberapa coolpad yang memang di desain untuk mendingin laptop, tapi ada juga yang sekedar ditempel kipas. Sebaiknya cari kipas pendingin laptop terbaik. Atau coba pakai vacuum cooler. 

Kesimpulan.
Sebelum menggunakan kipas pendingin, sebaiknya bersihkan dulu komponen dalam laptop dari debu. Bersihkan heatsink dan ganti thermalpaste prosesor.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG