Modem USB vs MiFi

Apakah kalian sedang bingung memilih membeli mifi atau modem USB? Jika iya, terus simak artikel ini sampai selesai. Semoga nantinya kamu bisa mendapatkan pertimbangan yang matang ketika akan membeli salah satu dari perangkat ini.

Dulu itu kalau kalau kita mau menghubungkan komputer/laptop ke internet, pasti solusinya kalau tidak mencari tempat yang ada WiFi-nya, ya pasang modem USB yang diisi kartu provider seluler. Modem USB ini pun sempat tren di eranya karena cukup praktis dalam penggunaannya. Cukup colok, dan koneksinya melalui UI yang ada, internet pun terhubung.

Tetapi sekarang sudah mulai muncul perangkat pembaharuan dari modem USB ini, yaitu MiFi. Secara cara kerja hampir sama, yaitu tetap menggunakan kartu SIM provider seluler. Bedanya adalah konektivitasnya ke user.

Baiklah, supaya kamu tidak bingung ingin membeli MiFi atau Modem USB, simak perbedaan antara keduanya ini.

Modem USB

Modem USB

Kita ke modem USB dulu. Meski sekarang sudah ada MiFi, tetapi Modem USB tetap banyak dipasaran dan banyak juga yang pakai. Dari segi kualitas jaringan, sekarang ini sudah banyak modem USB yang telah mendukung jaringan 4G. Modem-modem USB merek Huawei itu banyak yang sudah mendukung 4G.

Dari segi harga pun juga relatif terjangkau. Modem USB bisa didapatkan dengan harga kurang dari Rp 500ribu. Itu sudah dapat yang bagus dan support 4G LTE.

Sayangnya, modem USB ini hanya bisa digunakan untuk satu user saja. Karena konektivitasnya hanya di colok langsung ke perangkat laptop/pc melalui port USB. Bisa sih buat banyak user, tetapi, kamu mesti beli perangkat lain seperti 3G/4G Wireless N Router. Dan perangkat ini pun harganya hampir sama dengan harga modem USB, bahkan ada yang lebih mahal. Selain itu ukurannya besar. Kalau mau di bawah kemana-mana kurang efektif.

Modem USB ini juga hanya bisa digunakan di perangkat laptop/pc. Kalau smartphone jelas tidak bisa, karena tidak ada port USB. Sumber powernya pun juga bergantung dari perangkat yang digunakan. Jadi modem USB tidak bisa hidup sendiri, karena tidak ada baterainya.

Dari sini kita bisa menyimpulkan kelebihan dan kekurangan dari Modem USB

Kelebihan : harganya murah, sudah mendukung 4G, ukuran kecil bisa dibawa kemana-mana
Kekurangan : hanya bisa untuk satu pengguna, kadang cepat panas kalau dicolok terus, tidak bisa untuk ponsel, tidak menggunakan baterai.

MiFi

Modem MiFi 4G

MiFi itu adalah Modem WiFi, yang artinya dari segi konektivitas ke pengguna jaringan internetnya disalurkan melalui wireless, bukan USB atau yang dicolok langsung ke perangkat. Karena penyebaran jaringannya melalui wireless, alhasil MiFi bisa digunakan untuk semua perangkat, baik itu laptop, personal computer, maupun smartphone.

Sumber internetnya ini juga mengandalkan dari kartu SIM provider seluler. Jadi cukup dipasang simcard yang sudah ada kuota internetnya, kemudian nyalakan mifi, dan hidupkan WiFi di perangkat, sudah bisa internetan.

Baca juga : Ini Manfaatnya Kalau Kamu Punya Modem MiFi

Karena menggunakan wireless, MiFi ini bisa digunakan lebih dari satu pengguna. Masing-masing produk mifi ada batasannya, tetapi mayoritas bisa digunakan hingga 10 pengguna, bahkan ada yang lebih.

Semua mifi yang ada saat ini telah menggunakan baterai. Kapasitasnya beda-beda, tetapi bisa bertahan hingga berjam-jam. Kalau habis, tinggal diisi ulang baterainya. Jadi tidak perlu mengandalkan perangkat lain untuk sumber powernya.

Namun, mifi ini memiliki harga yang lumayan mahal. Range harganya antara Rp 250 ribu – Rp 1 juta. Biasanya yang bisa digunakan untuk semua operator, harganya mahal. Tetapi yang dilock untuk satu operator, harganya murah.

Kelebihan : multi user, ukuran kecil, menggunakan baterai, lebih mobile, ukuran kecil
Kekurangan : harganya cukup mahal

***

Nah dari perbandingan di atas, tentu kamu sudah punya gambaran ingin beli MiFi atau Modem USB. Saran saya kalau punya dana lebih, lebih baik beli MiFi. Karena lebih leluasa digunakan. Kamu tidak perlu nyari colokan port USB untuk menghidupkan. Selain itu yang lebih menguntungkan adalah bisa digunakan untuk berbagai perangkat (lebih dari satu perangkat).

Baca juga : Modem MiFi 4G LTE All Operator Terbaik Yang Bisa Kamu Miliki

Saya menggunakan Mifi untuk kebutuhan koneksi internet di laptop, smartphone saya dan saudara-saudara saya di rumah. So, ini lebih efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here