Ini Manfaatnya Kalau Kamu Punya Modem MiFi

Modem MiFi 4G

Masih pakai modem usb untuk internetan? Ah sudah nggak jaman. Sekarang itu jamannya pakai Modem MiFi 4G.

Aku sendiri sudah beberapa bulan ini menggunakan modem MiFi 4G dan ternyata banyak sekali manfaatnya daripada pakai modem usb yang harus dicolok ke laptop itu.

Tapi, kamu sudah tahu modem MiFi itu kan? Itu lho modem yang pakai baterai, nanti konektivitasnya pakai jaringan wifi. Jadi semacam wifi berjalan gitu deh nantinya. Tapi kalau mau dicolok ke laptop juga bisa kok. Ya memang bisa sih, soalnya kalau baterainya dah habis ya perlu dicolok ke laptop untuk di charger ulang.

Nah, pakai modem MiFi itu banyak sekali manfaatnya. Dari pengalaman ku, ada beberapa manfaat yang bisa didapat setelah menggunakan modem MiFi.

1. Satu Alat Bisa Untuk Banyak Device

Iya, pakai modem MiFi ini bisa digunakan untuk banyak device. Karena internetnya dipancarkan melalui jaringan wifi. Mifi tinggal dihidupkan dan bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat, seperti laptop, tablet, dan tentunya smartphone. Jadi lebih efisien kan.

2. Hemat Biaya Internet

Bayangkan jika koneksi untuk laptop menggunakan modem usb, berarti harus ada kartu untuk internet sendiri. Karena nggak bisa dishare otomatis smartphone juga harus didaftarin paket internet sendiri juga. Belum lagi kalau punya pakai smartphone. Pastinya bikin boros biaya internet. Nah kalau sudah punya modem MiFi, pakai satu modem saja sudah bisa berbagai perangkat. Toh tidak semua perangkat kadang dipakai bersamaan. Jadinya lebih hebat biaya internet.

Aku sendiri sekarang cuma isi paket internet yang ada di modem MiFi saja. Kalau dulu sebelum pakai MiFi, tiap perangkat aku isi paket data sendiri-sendiri, boros deh.

3. Hemat Baterai Smartphone

Nah, karena smartphone ku sekarang pakai internet dari MiFi, otomatis pakainya jaringan wifi terus. Efeknya sangat terasa dikonsumsi baterai. Internetan pakai jaringan wifi lebih hemat baterai katimbang pakai jaringan mobile. Dan smartphone juga nggak panas. Biasanya kalau pakai jaringan mobile , baterai malah jadi panas, soalnya nyari penggunaan sinyal meningkat.

4. Lebih Mobile dan Nggak Ribet

Aku kalau kemana gitu, pas bawa laptop, kalau butuh internet ya tinggal nyalain laptop koneksikan dengan jaringan internet mifi. Intinya lebih praktis dan nggak ribet. Kalau pakai modem usb itu harus nancepin modem, dan nggak nyaman malahan.

5. Bisa Berbagi

Modem MiFi ini bisa digunakan untuk banyak user. Ada yang bisa sampai 32 user, keren kan. Jadi kalau aku pas maen ke mana gitu, terus ada temen yang butuh koneksi ya tinggal pakai koneksi ku saja. Kita pun bisa saling berbagi koneksi dengan mudah kalau pakai MiFi.

Sekarang ini pun sudah banyak produk modem MiFi yang tersebar dipasaran. Saran aku kalau mau nyari, carilah yang sudah support 4G LTE. Soalnya kan sekarang jamannya juga sudah 4G.

Baca juga : Apakah Sinyal 4G Bikin Kuota Internet Cepat Habis?

Sebagai informasi saja, biasanya modem MiFi bisa digunakan selama kurang lebih 5-6 jam. Tapi ya tergantung kapasitas baterai masing-masing mifi nya. Kalau mifi yang aku punya, bisa sampai segitu. Nanti kalau habis ya tinggal colok ke laptop saja atau powerbank. 🙂

Gimana? Sudah pakai Modem MiFi? Banyak kan manfaatnya.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

  • Mustofa Hafidz Al Hamid

    berapa harganya itu ?

    • virmansyah

      Relatif mas, trgantung merk dan provider, ada yang Rp 300rb, ada yang 400rb, ada yang 600rb 🙂

      • Mustofa Hafidz Al Hamid

        oh… kalau kualitas terbaik seperti 4G berapa harganya?

        • virmansyah

          mulai Rp 300ribuan….

          • Mustofa Hafidz Al Hamid

            Oke