Test Kecepatan Internet Live.On Digital Provider dari XL

Test Kecepatan Live On

Persaingan di dunia digital provider semakin menarik. Sebelumnya ada By.U dari Telkomsel, kemudian disusul Switch dari Smartfren, lalu kali ini ada Live.On dari XL Axiata. Ketiga digital provider ini sudah saya coba semua dan saya compare dari sisi kecepatan maupun harga paket datanya. Kira-kira siapa yang mampu memikat hati saya?

Sebenarnya saya ingin membuatkan artikel komparasi ketiganya, tetapi masih malas buat bikinnya. Jadi saya buatkan dulu review masing-masing digital provider nya, dan kali ini giliran Live.On, yang punya jargon Data On Power On.

Paket Penjualan Live.On

Live.On

Jadi waktu kemarin saya beli Live.On itu masih tahap Beta (Pengembangan). Jadi saya tidak bisa melakukan pesanan melalui website atau aplikasinya. Saya beli melalui Shopee setelah mendapatkan notifikasi dari Live.On, karena sebelumnya saya sudah berlangganan newsletter.

Jadi saya tidak bisa memilih nomor yang saya inginkan. Tetapi saat ini pembelian sudah bisa dilakukan melalui website.

Link pembelian kartu perdana Power On 25GB Live.On [Promo Diskon Rp 15.000] : https://pid-webfrontek.liveon.id/web/pre-checkout?reset=true&referral=MERDEKA75

Dalam paket penjualannya, saya mendapatkan 1 unit SIM Card Live.On, SIM Ejector, Panduan Cara Aktivasi Kartu SIM dan Sticker. Kemarin harganya Rp 80.000, sudah dapat Paket Data 25 GB (20GB data utama 24/7, 5GB data bonus 24/7), 20 Menit Gratis Nelpon ke semua operator, 20 gratis SMS ke semua operator, Unlimited Gratis SMS ke sesama pengguna XL.

Test Pertama Live.On

Setelah pesanan sampai, kemudian saya aktivasi sesuai petunjuk yang diberikan. Kemudian saya coba gunakan di perangkat MiFi saya. Owh ya, Live.On ini bisa digunakan juga di perangkat MiFi ya, tidak seperti Switch yang hanya bisa di smartphone. Kalau By.U juga bisa di MiFi.

Sebelumnya saya belum pernah pakai provider XL di daerah saya. Owh ya, lokasi saya di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jadi saya tidak tahu jaringan XL di sini bagus atau tidak.

Setelah saya pasang di MiFi, kemudian cek jaringan, sudah dapat 4G. Tetapi sinyalnya tidak stabil, mentok di 2 bar saja, malah sering pindah ke 3G/HSDPA. Akhirnya saya lock ke 4G LTE saja.

Pas saya coba, statusnya Connected tetapi tidak bisa buat akses internet. Saya coba berulang kali sampai restart modem mifi saya kok sama saja. Akhirnya setelah tidak ada perubahan, saya pasang ke perangkat tablet saja.

Ternyata di tablet pun sama, sudah dapat sinyal 4G tetapi tidak bisa digunakan akses internet. Terus iseng saja lock ke jaringan 3G/HSDPA, eh ternyata malah bisa. Saya test kecepatan internet melalui Speedtest bisa dapat di atas 10Mbps untuk Download Speed nya.

Karena di sinyal 3G malah bagus, ya sudah saya biarkan saja. Yang penting bisa untuk internet.

Beberapa hari kemudian, saya ingin pindah lagi ke perangkat mifi dan ingin cek kembali apakah kalau di jaringan 4G sudah bisa atau belum. Saya pikir mungkin karena ini masih beta, jadi ada perbaikan jaringan. Dan ternyata benar, setelah saya coba kembali lock ke 4G sinyalnya jadi full. Dan bisa digunakan untuk internet, baik di tablet maupun modem mifi.

Live On XL

Test Kecepatan Internet Live.On

Kemudian saya coba test kecepatan internet Live.On di jam yang berbeda, pengen tahu saja apakah kalau di jam-jam sibuk kecepatan akan turun atau tidak.

Live On Speedtest
Test Internet Live.On
Test Kecepatan Internet Live.On
Test Kecepatan Internet Live.On

Menurut saya ini sudah sangat stabil, tapi saya bisa klaim kalau di tempat kamu juga bisa dapat kecepatan sampai di tempat saya lho ya. Karena berbeda daerah pasti akan berbeda juga hasilnya. Lebih baik kamu coba sendiri saja.

Harga Paket Data Live.On

Untuk harga paket internetnya, menurut saya untuk saat ini Live.On yang paling terjangkau di antara digital provider lain. Berikut ini perbandingan harga paket data dengan kuota & harga yang hampir sama besarannya.

Digital ProviderKuotaHarga Paket
Live.On50 GBRp 125.000
By.U23 GBRp 100.000
Switch.
(Base Plan)
22 GBRp 200.000
Switch.
(Promo Plan)
44 GBRp 210.000
Harga per 20 Agustus 2020

Bisa dilihat kalau harga paket data Live.On lebih terjangkau dari lainnya.

Untuk saat ini Live.On hanya tersedia 2 piliha paket data.

Paket Data Live On

Keunggulan Live.On

Apa ya… menurut saya ya hampir sama dengan digital provider lainnya, yaitu :

  • Kuotanya 24 Jam. Tanpa ada pembagian jam dan jaringan
  • Dapat Emergency Quota 3GB. Jadi misalnya kuota utama sudah habis, kamu masih bisa internetan di speed 128kbps, jadi kamu masih bisa gunain untuk beli paket data baru atau lainnya.
  • Rollover sampai 1000GB. Jadi kalau masa aktif kuota sudah habis tapi kuota kamu masih banyak, sisa kuota tersebut tidak akan hangus, dan bakal terakumulasi dengan kuota baru. Kapasitasnya sampai 1000GB.

Cara Beli Perdana Live.ON

Karena ini digital provider jadi pembelian dan aktivasinya secara digital. Kamu bisa melakukan pembelian perdana Live.On ini di link di bawah ini untuk mendapatkan diskon Rp 15.000 eksklusif untuk kamu.

Kalau kamu sudah mencobanya, silakan berikan reviewmu di kolom komentar ini, biar yang lain tahu kecepatan internet Live.On di daerahmu.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.