WiFi dengan MiFi itu Beda, Jangan Dibandingkan Lebih Bagus Mana

WiFi vs MiFi

Ternyata masih banyak yang belum tahu perbedaan antara WiFi dengan MiFi. Bahkan ada yang ingin membandingkan lebih bagu WiFi atau MiFi. Padahal keduanya ini berbeda. Di artikel kali ini LhaGeek ingin mencoba memberikan informasinya agar kamu bisa lebih tahu.

Daftar Isi hide

WiFi

Pastinya kamu sudah tahu apa itu WiFi. Ini singkatan dari Wireless Fidelity yang artinya sebuah jaringan internet yang mampu diakses secara wireless atau nirkabel (tanpa menggunakan kabel). WiFi ini tidak terlihat karena berupa jaringan.

Jaringan WiFi ini dipancarkan dari sebuah router dan diterima melalui wireless adapter yang ada di berbagai perangkat seperti laptop, smartphone, komputer PC, dan perangkat yang ada wireless adapternya, dll.

MiFi

Sedangkan MiFi itu adalah sebuah perangkat. Singkatan dari Mini WiFi, ada juga yang menyebutnya My WiFi. MiFi sebuah perangkat yang berfungsi sebagai wireless router (pemancar jaringan internet). Nah, bedanya dengan router pada umumnya adalah, MiFi ini di dalamnya ada slot simcard yang digunakan untuk sumber datanya. Jadi jaringan internetnya didapatkan dari jaringan provider operator seluler baik itu 3G maupun 4G.

Fungsi dari MiFi ini adalah memancarkan paket data internet dari provider yang digunakan secara wireless atau WiFi. Kemudian untuk bisa menggunakan mifi ini tentu perangkat kita (smartphone, laptop, PC, dll) harus ada WiFi-nya. Jadi kalau kamu mau internetan pakai MiFi, menu WiFi di ponsel kamu harus diaktifkan.

Karena MiFi ini dipancarkan secara wireless / wifi, maka memungkinkan bisa digunakan oleh lebih dari satu pengguna.

mifi schema

Dari sini sudah paham ya gaes mifi itu apa? Mifi itu sebagai Mini WiFi Router.

Baca juga : Pilih Beli Mifi 4G atau Router 4G?

Baca juga:  4 Keunggulan Acer Nitro XV252Q_F, Monitor Penunjang Rutinitas Konten Kreator dan Gamers

***

Semoga dengan informasi singkat ini kamu tidak lagi membandingkan WiFi dengan MiFi, karena keduanya beda. Mungkin karena namanya hampir sama jadi banyak yang mengartikan sama.

Jadi kalau kamu ingin punya jaringan internet dengan WiFi di rumah, sekarang tidak perlu lagi memasang tower dari ISP atau berlangganan internet dari ISP besar. Kamu cukup beli perangkat MiFi kemudian pasang kartu simcard dari operator seluler entah itu Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, dll. Kamu pun sudah bisa punya akses WiFi di rumah.

Dan perangkat MiFi ini ukurannya kecil, jadi kamu bisa bawa ke mana-mana. Power dayanya hanya menggunakan baterai, kalau habis tinggal dicharging.

Artikel rekomendasi : Spesifikasi & Harga Modem Mifi Alcatel MW40, Bisa Nyala Tanpa Baterai

Kemudian banyak yang nanya lagi soal kecepatan MiFi. Nah, karena sumber internet dari MiFi berasal dari kartu SIM provider seluler, artinya kecepatan internet bergantung pada sinyal operator yang kamu pakai. Jadi kalau kamu mau pakai MiFi, pastikan pakai operator yang punya sinyal dan koneksi internet bagus.

Sebagus apapun MiFi yang kamu pakai, kalau operator seluler yang kamu pasang di MiFi sinyalnya jelek, ya kualitas internetnya juga jelek. Sekian, semoga bermanfaat.

Similar Posts

6 Comments

  1. Izin bertanya KK / bg..
    Jadi kalau WiFi kita GK perlu beli kartu paket. Karna udh bisa internetan dgn WiFi itu sendiri. Sedangkan MIFI kita tatap beli kartu paket. Dan fungsi MIFI hanya untuk menambah kekuatan sinyal jaringan serta bisa di pakai banyak org?
    Tlg d jwb KK / bg..
    Terimakasih.

    1. MiFi itu tidak menambah kekuatan sinyal.

      Mifi itu fungsinya untuk menyebarkan sinyal dari provider seluler (Indosat, Tsel, 3, XL, dll) melalui jaringan Wi-Fi. Mending dibaca lagi deh biar paham. :)

      1. Kak sim card mifi sama sim car hp itu beda ta?
        Apakah ada sim card khusus dari provider?

  2. Apakah kecepatan internet dari indihome bisa di tambah hanya dengan mengganti modem router atau harus bagaimana….?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *