Pilih Beli Mifi 4G atau Router 4G?

Mifi 4G atau Router 4G

Mifi 4G atau Router 4G? Kedua perangkat ini sebenarnya punya fungsi yang sama, tetapi berbeda. Tidak perlu bingung memang begitu adanya, nanti kami jelaskan. Baca sampai selesai, jika tidak ingin gagal paham. Tapi yang jelas di era sekarang ini dengan kebutuhan orang akan internet semakin tinggi, membuat perangkat seperti Mifi atau Router itu jadi hal yang perlu dimiliki.

Kan di masing-masing HP bisa data selulernya kak? Kenapa harus pakai mifi atau router?

Iya sih, kalau kamu cuma tinggal sendiri, hidup sendiri, dan kebanyakan akses internetnya cuma dari smartphone, ya cukuplah pakai data seluler yang ada di ponsel. Tapi beda lagi kalau kamu punya perangkat yang banyak semisal tablet, laptop, komputer PC, smart TV, dan perangkat lain yang butuh internet, maka kamu perlu menggunakan Mifi atau Router.

Apalagi kalau penggunanya banyak, pakai kedua perangkat itu bisa lebih efisien dalam hal kuota.

Apa itu Mifi 4G dan Router 4G?

Sebelum memilih lebih baik beli yang mana, sebaiknya kita pelajari dulu apa sih itu mifi 4G dan router 4G. Supaya kita nggak gagal paham. Jadi mohon dibaca sampai selesai, jangan sampai ada pertanyaan di kolom komentar yang jawabannya sebenarnya sudah ada di artikel ini.

# Mifi 4G

Mifi 4G
image via www.ifixit.com/

Mifi 4G adalah sebuah perangkat modem 4G yang menggunakan jaringan wifi (wireless) untuk memancarkan atau menyebarkan jaringan internetnya ke users. Jadi di perangkat mifi ini nanti kamu cukup pasang kartu SIM dari provider seluler seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel, XL, Live.On, Smartfren, dll yang sudah diisi kuota ke perangkat mifi ini.

Sehingga dari satu kartu SIM (paket data) bisa digunakan untuk banyak pengguna. Ya mudahnya ini seperti tethering menggunakan smartphone kamu. Tapi ini pakainya perangkat khusus, bernama mifi.

# Router 4G

Router 4G

Router adalah perangkat yang berfungsi untuk mengirimkan paket data lebih dari sumber jaringan dan diteruskan ke jaringan lain. Proses ini dinamakan routing.

Misalnya saja paket data dari sumber jaringan Wireless dan LAN digabungkan melalui router ini kemudian menjadi satu jaringan lain yang bisa diakses klien.

Nah, sedangkan Router 4G ini merupakan adaptasi router yang baru muncul beberapa tahun terakhir ini. Sesuai dengan namanya, Router 4G ini memiliki slot SIM Card yang bisa dikasih kartu SIM dari provider seluler. Jadi nanti sumber jaringannya selain bisa dari Wireless dan LAN, bisa juga dari provider seluler 4G.

Persamaan Mifi 4G dengan Router 4G

Kalau sudah paham penjelasan masing-masing di atas, pasti kamu sudah bisa menyimpulkan sendiri persamaannya apa. Yakni sama-sama bisa digunakan untuk meneruskan jaringan paket data dari provider seluler 4G ke jaringan lain melalui Wifi (Wireless).

Keduanya sama-sama memiliki slot SIM Card.

Perbedaan Mifi 4G dengan Router 4G

Kalau dilihat dari perbedaannya, kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang cukup banyak dan ini akan menjadi alasan pilihanmu apakah membeli Mifi 4G atau Router 4G.

Berikut perbedaaannya :

#Sumber Listrik

Mifi 4G menggunakan sumber listrik dari baterai yang bisa diisi ulang, meskipun ada juga mifi yang bisa dicolok langsung ke sumber listrik PLN tanpa menggunakan baterai.

Sedangkan Router 4G sumber listriknya ya harus dicolok langsung ke listrik PLN, tidak ada baterai.

Sehingga dari segi kepraktisan dan mobilitas, Mifi 4G bisa dibawa ke mana-mana.

#Fitur Manajemen Jaringan

Mifi 4G memiliki keterbatasan fitur menajemen jaringan. Fitur yang ada hanya sebatas pengaturan IP, DHCP Server (Enable/Disable), Wifi Setting.

Sedangkan Router 4G memiliki fitur yang cukup banyak seperti Port Forwarding, QoS, Parental Controls, Dynamic DNS, Firewall Security, Remote Management, Local Management, VPN Pass-Through, WAN Connection Backup, dll. Kalau kamu pernah menggunakan router, ya seperti itu fitur-fiturnya. Lebih komplek dan lebih fleksibel.

Live On XL

Jadi misalnya mau membatasi pengguna umum nanti kecepatannya hanya 128Kbps sedangkan pengguna utama bisa full speed, bisa diatur.

#Jangkauan Sinyal

Mifi 4G dengan keterbatasan daya dan antenanya, mungkin hanya bisa memancarkan sinyal wifinya beberapa meter saja.

Tapi kalau Router 4G karena ada dukungan antena, bisa lebih luas jangkauannya.

#Multi Connection

Maksudnya gini, kalau Mifi 4G itu sumber jaringan internetnya ya hanya mengandalkan dari paket data provider seluler (SIM Card), sedangkan Router 4G itu selain bisa dari SIM Card, juga bisa melalui LAN atau WAN.

Jadi misalnya di rumah kamu sudah ada jaringan ISP seperti Telkom Speedy atau Biznet atau lainnya, kamu tetap bisa memasang SIM Card ke router. Jadi nanti bisa buat backup. Misalnya tiba-tiba Telkom Speedy trouble, kan sering tuh trouble, haha, nanti bisa memanfaatkan paket data dari provider seluler. Seperti itu.

Ehm, apalagi ya perbedaannya. Mungkin dari segi ukuran kali ya, mifi ukurannya lebih kecil seukuran KTP, kalau router kan agak besar. Terus dari sisi harga juga beda. Mifi 4G harganya kisaran Rp 400rb-600rb tergantung merek. Sedangkan router 4G harganya di atas Rp 800ribu.

Jadi pilih Mifi 4G atau Router 4G?

Itu semua tergantung kebutuhan kamu. Melihat penjelasan di atas, tentu kamu sudah paham harus memilih yang mana. Silakan disesuaikan saja.

Kalau kamu tanya, “Berapa biaya internet per bulannya?

Berarti kamu belum paham!

Biaya internetnya ya tergantung paket data yang kamu beli. Ini untuk kasus kalau kedua perangkat di atas dipasangi provider seluler saja ya. Jadi biaya paket datanya ya tergantung kamu beli kuota yang mana dan dari provider apa, XL/Indosat/Tekomsel, atau lainya. Seperti itu. Paham ya.

Baca juga : Tips Memilih Paket Data Internet yang Tepat untuk MiFi

Semoga informasi ini bermanfaat.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.