Tips Memilih Paket Data Internet yang Tepat untuk MiFi

Paket Internet

Sekarang ini pilihan paket data internet dan provider seluler semakin beragam. Selain muncul 3 provider seluler baru berbasis digital seperti (By.U, Switch Mobile, Live.On), semua provider yang ada pun sekarang juga punya pilihan paket data internet yang beragam. Aku yang notabene kerja mengandalkan internet pun cukup pusing memilih paket data yang tepat.

Buat kamu yang sehari-harinya juga mengandalkan internet dari provider seluler yang kemudian dipasang di modem USB maupun Modem Wifi (Mifi), sebaiknya perlu tahu tips memilih provider seluler yang tepat untuk perangkat modem kamu.

Baca juga : Ini Manfaatnya Kalau Kamu Punya Modem Wifi (MiFi)

Kita sebutkan saja provider yang ada di Indonesia saat ini : Smartfren, Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Axis, Three, By.U, Live.On, Switch Mobile.

Nah ada berapa tuh, banyak kan. Apalagi tiap provider itu juga punya pilihan paket data internet yang beragam. Tambah pusing lagi kan. Tapi tenang, sebenarnya mudah kok kalau mau pilih mana yang tepat untuk kamu. Simak tips berikut ini.

Memilih Paket Data Internet yang Tepat untuk MiFi

Paket Internet

Biasanya penggunaan mifi itu akan digunakan untuk lebih dari satu pengguna/perangkat. Misalnya saja bisa kamu pakai di smartphone, laptop/komputer, tablet, atau perangkat rumah lainnya seperti Smart TV, Printer, dll.

Otomatis perlu paket data yang memiliki kuota besar. Tetapi kuota besar itu relatif. Sebelum bicara soal kuota, sebaiknya lakukan tips berikut ini.

1. Urutkan Provider Mana yang Sinyalnya Paling Bagus

Menurutku, yang pertama perlu kita tahu itu adalah masalah sinyal, bukan harga paket datanya. Karena sinyal internet ini ya yang paling krusial. Buat apa kamu beli paket data dengan kuota yang besar harga murah, tapi sinyalnya lemot. Percuma kan…

Jadi yang perlu pertama kamu lakukan adalah mengurutkan provider mana yang sinyalnya paling bagus. Ya kamu perlu mencobanya seluruh provider seluler yang ada. Tidak perlu beli semua provider, cukup beli saja perdana dari provider ini Smartfren, Telkomsel, Indosat, XL, dan Three (3). Karena Axis dan Live.On itu pakai jaringannya XL Axiata, By.U pakai jaringannya Telkomsel, dan Switch Mobile pakai jaringannya Smartfren.

Kalau nggak mau beli perdananya, bisa tanya tetangga atau teman yang lokasinya sama dan pakai provider berbeda-beda. Tanyakan atau minta cek koneksi internetnya bagus atau tidak.

Kamu bisa cek kecepatan internetnya melalui situs speedtest.net.

Kalau sudah dicek semua, buatlah list provider mana yang paling cepat. Nanti yang urutan pertama itu jadi prioritas untuk memilih paket internet yang ada.

2. Cek Kebutuhan Kuota Internet per Bulan

Nah, sebelum memilih dan membeli paket data, sebaiknya cek dulu kebutuhan kuota internet per bulan mu berapa GB. Misalnya saja rata-rata per bulan kamu habis sekitar 35 GB.

Live On XL

35 GB ini mayoritas habis untuk apa? Apakah hanya sekedar browsing saja, atau lebih ke streaming YouTube, atau lainnya. Jadi perlu kamu cek dulu. Kamu bisa lihat penggunaan internet kamu 1-3 bulan sebelumnya kira-kira mayoritas untuk apa.

Karena ini nanti akan berpengaruh ke pemilihan paket internet. Ya kita tahu sendiri mayoritas provider seluler itu sekarang pilihan paket datanya dibagi-bagi. Selain dibagi per waktu (tidak 24 jam), juga dibagi berdasarkan kuota aplikasi. Misal total kuota provider A 50GB, ternyata yang kuota 24 jam cuma 20GB, 10GB untuk streaming Youtube, dll, sisanya untuk kuota malam.

Kayak gitu kan repot kalau kita nggak lihat dulu kebutuhan internet kita untuk apa. Yang ada nanti malah kuotanya sia-sia.

Jadi ya kamu perlu tahu dulu kebutuhan internet kamu untuk apa saja.

3. Pilih yang Sesuai

Kalau sudah tahu kebutuhannya, baru cari paket data yang sesuai. Caranya ya pilih dari provider seluler yang paling bagus sinyal dan kecepatan internetnya. Owh ya, perlu diingat ya, sinyal yang kuat tidak menjamin kecepatan internetnya cepat. Jadi untuk mengukur kecepatan internet tadi, ya harus dicek lewat speedtest.net.

Kalau di provider seluler urutan pertama tidak ada pilihan kuota yang sesuai dan harganya pun juga tidak masuk akal atau menurut kamu itu terlalu mahal, ya kamu bisa cari diurutan kedua. Lakukan seperti itu terus, sampai menemukan paket data yang sesuai.


Sekarang ini memilih paket internet memang memusingkan. Apalagi kalau kebutuhannya untuk internet bulanan di perangkat mifi atau untuk kerja. Kalau kamu pengen nyari paket internet dengan kuota 24 jam, kamu bisa pakai dgital provider seperti Live.On, By.U dan Switch Mobile.

Kalau provider seluler yang konvensional sangat jarang aku temui.

Mungkin itu saja yang bisa aku informasikan di tips memilih paket data internet yang tepat untuk mifi ini. Semoga saja bisa menjadi referensi untuk kamu. Kalau mau tanya-tanya silakan langsung tulis di kolom komentar saja, nanti aku balas, kalau aku tau ya.

Kamu mungkin juga suka :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.