Review Harga Paket Internet & Tes Kecepatan Internet Switch Mobile

Switch-Mobile-Starter-Pack

Provider digital mulai bermunculan di Indonesia, setelah Telkomsel meluncurkan By.U, kini giliran Smartfren yang mengeluarkan provider digital bernama Switch Mobile. Buat yang belum tau apa itu provider digital. Jadi provider ini seperti provider pada umumnya (Telkomsel, Indosat, 3, dll). Hanya saja proses pembelian kartu SIM hingga pembelian kuota internet dilakukan secara digital melalui aplikasi mobile.

Sayang sekali untuk provider digital By.U dari Telkomsel dulu saya tidak sempat buatkan ulasannya. Tapi saya sudah pernah mencobanya dan masih saya pakai di salah satu perangkat mobile saya.

Nah sekarang saya baru bisa mencoba Switch Mobile, jadi saya bisa sedikit membandingkannya.

Unboxing Switch Mobile by Smartfren

Beberapa hari yang lalu saya sudah memesan kartu SIM Switch melalui aplikasinya. Aplikasi itu bernama Switch, cari saja di Play Store atau App Store.

Cara pesannya tinggal buka aplikasinya terus pilih menu Get SIM. Nanti akan diminta mengisi nomor ponsel kamu, untuk dikirim kode OTP, terus isi data diri dan buat PIN.

Setelah di halaman Home klik ‘mulai’, nanti tinggal pilih nomor favoritmu. Nah uniknya, kita bisa mencoba memilih nomor sendiri, maksudnya misalnya kamu ingin punya nomor 088906112233, yang unik yang sesuka kamu, nanti bisa. Asal nomor tersebut belum ada yang pakai. hehe.

Kemarin saya coba buat nomor dengan tanggal dan bulan lahir saya di belakangnya, eh untung masih tersedia. Pokoknya gitu, cara ordernya ngikut arahan saja. Gampang kok, jangan lupa isi alamat pengiriman soalnya nanti kartu SIM nya akan dikirim ke alamat kamu.

Harga Starter Pack SIM Card Switch Mobile ini kemarin Rp 50.000 belum ongkir ya. Sayangnya dengan harga segitu belum dapat kuota.

Ini Starter Pack Switch Mobile.

Starter Pack Switch Mobile
Bahannya dari karton yang ramah lingkungan
Starter Pack Switch Mobile
Di dalamnya terdapat Simcard nya + SIM ejector (yang biru), Pandungan Penggunaan, dan sticker switch.

Packaging nya saya suka, karena terbuat dari karton yang ramah lingkungan. Di dalamnya terdapat unit SIM Card + SIM ejector, Panduan penggunaan dan sticker switch.

Starter Pack Switch Mobile

Cara Aktivasi Kartu SIM Switch Mobile

Sebelum digunakan, SIM Card harus diaktifkan dulu. Untuk mengaktifkannya pun tidak perlu dipasang dulu di perangkat ponsel. Yang perlu dilakukan adalah cukup membuka aplikasi switch kemudian klik menu yang ada tulisannya “Got your SIM Card? Activate it now or order one if you haven’t! START NOW

Daftar Kartu SIM

Nah nanti kamu akan diminta untuk scan SIM ICCID yang ada kartu SIM nya.

Scan SIM ICCID

Scan saja barcode ICCID itu, nanti otomatis akan ke langkah selanjutnya.

Identitas KTP

Kemudian di langkah selanjutnya kamu diminta untuk mengisi nomor ID KTP dan KK seperti biasa ketika mendaftarkan kartu SIM baru. Setelah itu kartu SIM switch bisa digunakan.

Tapi sebelum yang sudah saya bilang di atas, di pembelian perdana seharga Rp 50 ribu ini belum mendapatkan kuota sedikitpun. Sayang sekali.

Review Harga Paket Kuota Internet Switch Mobile

Akhirnya saya mencoba melihat daftar harga paket kuota internet Switch Mobile. Di sana ada pilihan Promo dan Base Plan. Di menu Promo itu adalah harga paket yang sedang promo, sedang di Base Plan itu harga normalnya.

Baca juga:  Registrasi Kartu SIM Kini Harus Dilakukan Penjual Kartu SIM (RO) Resmi

Dan ketika saya coba lihat-lihat, hmm, ternyata mahal juga. Kita coba bandingin sama By.U ya, di By.U itu paket kuota internet 23 GB (30 hari) harganya Rp 100.000. Sedangkan Switch Mobile kuota internet terbesar (Base Plan) 22 GB harganya Rp 200.000, kalau yang harga Promo kuota 20GB harganya Rp 110.000.

Kuota paling kecil di Switch Mobile adalah 3GB (Base Plan) harganya Rp 50.000, kalau di halaman Promo 6GB harganya Rp 60.000.

Harga Kuota Switch Mobile

Menurut saya ini tergolong mahal sih. Padahal dulu waktu By.U hadir pertama kali sebagai provider digital, dia menawarkan harga yang lebih murah. Tapi giliran Switch Mobile hadir, rasanya justru mending pilih provider biasa saja.

Tapi ya mungkin segmen penggunanya berbeda. Lalu bagaimana kecepatan internetnya?

Tes Kecepatan Internet Switch Mobile

Saya pasang Switch Mobile ini di perangkat ponsel yang sudah support 4G LTE (VoLTE). Owh ya, sekedar informasi saja kalau provider digital baik By.U maupun Switch Mobile ini tidak bisa digunakan di perangkat mifi/modem. Hanya bisa digunakan di perangkat ponsel saja.

Padahal saya sehari-hari menggunakan mifi untuk kebutuhan internet. Sangat jarang mengaktifkan paket data di ponsel.

Karena saya hanya ingin menggunakan provider ini untuk review saja, akhirnya saya coba beli paket yang paling kecil 6GB harga Rp 60ribu dengan masa aktif 28 hari (tanggung banget, kenapa nggak 30 hari sekalian).

Kemudian saya coba tes kecepatan internet Switch Mobile ini. Lokasi pengetesan di Kabupaten Klaten, mungkin beda daerah akan berbeda hasilnya. Pengetesan dilakukan menggunakan aplikasi Speedtest by Ookla.

tes kecepatan internet Switch Mobile

Baca juga : Pengalaman Beli Voucher Data 4G Smartfren Kuota 60GB

Kesimpulan

Untuk saya pribadi, melihat daftar harga kuota internet Switch Mobile, rasanya tidak cocok untuk saya gunakan sebagai pilihan internet di ponsel saya. Karena saya sendiri mencari layanan internet yang bisa digunakan di perangkat mifi.

Selain itu masih banyak kompetitor provider lain baik yang digital maupun biasa, yang memiliki harga lebih bervariatif dan lebih murah. Saya sendiri tidak terlalu mencari provider yang kecepatannya sangat cepat. Mungkin kecepatan segitu sudah cukup, yang penting harga kuota lebih masuk saja.

Baca juga : Test Kecepatan Internet Live.On Digital Provider dari XL

Tapi kalau memang kamu suka dengan pilihan harga kuota yang ditawarkan, ya silakan coba saja. Atau mungkin yang di daerah kamu sinyal provider-provider besar kurang baik, mungkin bisa coba Switch Mobile by Smartfren ini. Ya kalau mau cek apakah di daerah mu ada sinyal Switch atau nggak, tinggal cari tahu saja apakah di sana ada sinyal Smartfren atau tidak dan bagus atau tidak. Karena Switch Mobile ini menggunakan jaringan milik Smartfren.

Itu saja yang bisa saya informasikan, kalau nanti ada update terbaru soal provider yang satu ini akan saya update secara berkala. Terima kasih!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *