Apakah Sinyal 4G Bikin Kuota Internet Cepat Habis?

4G LTE

Dalam beberapa waktu terakhir, teknologi jaringan 4G LTE telah beredar di Indonesia. Beberapa provider telepon selular lokal pun bersaing secara sehat menyediakan layanan 4G LTE. Sebut saja Telkomsel, XL, dan Indosat. Ketiganya sudah menyediakan layanan 4G LTE dengan kecepatan yang bisa dibilang cukup stabil di tanah air.

Namun sayangnya layanan ini baru tersedia di beberapa kota saja. Sinyal 4G LTE dari Telkomsel baru tersedia di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Medan. Sementara XL baru tersedia di Jakarta, Medan, Yogyakarta, dan Bogor. Dan Indosat tersedia di Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta. Operator CDMA seperti Smartfren juga berencana akan meluncurkan layanan tersebut.

Selain lokasi yang masih terbatas, perangkat yang digunakan untuk layanan ini juga harus sudah mendukung teknologi jaringan 4G LTE. Tidak semua smartphone mendukung layanan 4G. Bagi beberapa pengguna yang sudah menggunakan, apakah penggunaan data untuk sinyal 4G lebih boros apabila dibandingkan dengan sinyal 3G?

Banyak orang yang beranggapan bahwa penggunaan sinyal 4G akan membuat kuota paket data internet akan lebih boros. Sebenarnya pernyataan tersebut hanya sebuah mitos. Mengapa bisa demikian?

Ketika pengguna memakai jaringan generasi sebelumnya, yakni 3G atau HSDPA, biasanya koneksi internet belum bisa bekerja secara maksimal. Sehingga jaringan yang ada di ponsel tidak terlalu stabil. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna serta alokasi frekuensi yang digunakan. Misalnya saja saat membuka aplikasi atau gambar, pasti akan sangat lamban. Sementara jaringan 4G akan memberikan kecepatan yang lebih baik daripada 3G.

Teknologi generasi keempat ini membuat jaringan data yang dipakai akan lebih maksimal. Sehingga tak usah heran apabila kegiatan browsing akan lancar, streaming tidak terputus sama sekali, tidak ada log out secara tiba-tiba pada aplikasi maupun game. Tanpa disadari, keuntungan-keuntungan tersebut membuat pengguna betah berlama-lama memanfaat jaringan 4G ketika mengakses internet. Pemakaian dalam waktu yang lama tersebut membuat kuota internet terkuras banyak dan lebih cepat habis.

Dengan kecepatan yang diberikan oleh sinyal 4G, banyak pengguna yang akan memanfaatkan dengan cara streaming maupun mengunduh banyak aplikasi, terutama aplikasi yang tidak berbayar. Aplikasi gratis ini biasanya banyak memuat konten iklan tanpa seizin pengguna. Iklan tanpa izin tersebut juga bisa menguras banyak kuota internet.

Untuk mengantisipasi hal ini, pengguna bisa mengatur aplikasi mana saja yang diperbolehkan untuk terkoneksi internet, baik saat terkoneksi jaringan 4G atau Wi-Fi. Dengan pengaturan tersebut, kuota internet smartphone tidak akan termakan habis. Jadi jangan pernah salahkan sinyal 4G ketika kuota internet Anda cepat habis.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG