Cara Memperbaiki “Windows Script Host Access Is Disabled On This Machine”

Windows Script Host disabled

LhaGeek.com – Beberapa waktu yang lalu, notebook saya yang terinstall sistem operasi Windows 10 tiba-tiba muncul message box, yang bunyinya “Windows Script Host access is disabled on this machine. Contact your administrator for details.

Jelas, karena sebelumnya saya tidak pernah ngoprek sistem operasi dan tidak install aplikasi yang neko-neko, melihat notif itu jadi ribet sendiri. Karena setelah saya close ternyata tidak lama muncul lagi notif itu.

Awalnya sih ini cuma masalah di registry-nya saja, lalu saya coba bersihkan masalah yang ada di Registry dengan CCleaner. Kali saja nanti setelah dibersihkan bisa hilang dan tidak muncul lagi. Tapi ternyata tetap sama saja, masih muncul.

Akhirnya saya coba browsing dan cari tutorial cara memperbaiki “Windows Script Host access is disabled on this machine” di Windows 10. Dapatkan situs blog yang mayoritas memberikan cara yang sama, yaitu seperti ini.

  • Masuk ke Registry Editor
  • Lalu ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings
  • Dan meng-enabled-kan Windows Script Host dengan memberinya nilai 1.

Registry Editor

Setelah itu restart komputer/notebook.

Tapi setelah saya melakukan itu semua akhirnya masih muncul juga notif Windows Script Host tersebut.

Akhirnya karena sudah mencoba berulang-ulang dan hasilnya sama, terpaksa saya biarkan saja. Toh tidak mengganggu kinerja sistem operasi. Cuma ya itu tadi, risih saja muncul notif seperti itu. Apalagi ketika lagi ngegame, tiba-tiba terhenti dan harus menutup notif tersebut.

Dapat Solusi Yang Tidak Disengaja

Setelah beberapa minggu saya biarkan, hari ini akhirnya saya mendapatkan solusi yang tidak disengaja. Jadi di notebook saya dengan Windows 10 ini terinstall anti virus lokal, Smadav.

Nah, tadinya mau mematikan sebentar anti virus ini karena saya harus menginstall sebuah aplikasi. Soalnya kalau tidak dimatikan nanti terdeteksi virus.

Masuklah saya ke tray icon Smadav lalu klik kanan, dan mata saya tertuju pada pilihan “Allow Windows Script & Macro….”

Ada dua pilihan, yakni :

  • Allow Windows Script & Macro (Until Restart)
  • Allow Windows Script & Macro (Forever)

Dan pilihan itu tidak ter-checklist.

Seketika itu juga saya ingat akan masalah di Windows 10 saya ini yang muncul “Windows Script Host Access Is Disabled On This Machine“. Ini dia masalahnya, saya tidak mencentang pilihan ini.

Akhirnya saya coba untuk memilihnya dengan mencetang Allow Windows Script & Macro (Forever).

Allow Windows Script & Macro

Dan setelah itu saya coba pakai notebook seperti biasa, syukurnya tidak muncul lagi message box “Windows Script Host access is disabled…”

Jadi kesimpulannya adalah jika kamu mengalami masalah yang sama dan sudah pakai cara melalui Registry Editor tidak berhasil dan ternyata kamu juga menginstall Smadav Anti Virus, coba cek di tray icon Smadav, apakah salah satu dari pilihan itu sudah tercentang. Jika belum segera centang yang forever.

Sangat simple sekali ternyata cara memperbaikinya.

Owh ya, sekedar informasi saja, mungkin ada diantara dari kalian yang bertanya, kok hari gini masih saja install Smadav Anti Virus?

Iya sih, saya memang masih menginstallnya. Sebenarnya pun juga tidak begitu bagus dampaknya. Tapi Smadav ini cukup membantu untuk mendeteksi virus-virus lokal dan jika ada registry yang terinfeksi atau file yang ter-hidden oleh virus. Saat ini pun saya kolaborasikan dengan Avast Anti Virus. Dan sudah bertahun-tahun saya tidak ada masalah dengan virus, apalagi harus install ulang OS gara-gara virus.

Itu saja tips dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

  • Willy Oktora

    keren bro, terimakasih solusinya

  • Rochmany

    Thanks kak atas infonya

  • Riche

    thanks infonya sangat bermanfaat 🙂