3 Cara Membersihkan Sampah di Laptop, Ini Mudah!

Sudah tahu cara membersihkan sampah di laptop? Iya, kamu tidak perlu kaget. Di laptop itu ada sampahnya. Tapi bukan sampah rumah tangga atau kotoran seperti debu, melainkan sampah yang berupa file-file yang tidak digunakan lagi.

Yang namanya sampah, sudah pasti akan mengganggu. Sampah yang ada di laptop ini bisa membuat kinerja laptop jadi terganggu. Apalagi kalau kamu masih menggunakan media penyimpanan berupa hard disk (HDD), bukan SSD.

Tapi tenang, ada banyak cara membersihkan laptop dari sampah-sampah yang tidak digunakan lagi. Simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu Junk Files dan Mengapa bisa Muncul di Laptop?

Junk files atau file sampah adalah file sementara (temporary files) yang dihasilkan dari aktivitas pengguna laptop atau PC.

Cara Membersihkan Sampah di Laptop

Sebenarnya junk files ini awalnya sangat membantu kinerja laptop. Misalnya saja ketika kamu baru pertama kali membuka aplikasi Office, dan kemudian beberapa saat membuka lagi, maka aplikasi itu terbuka dengan cepat. Karena sebelumnya sudah disimpan secara sementara di cache.

Tetapi cache ini kalau sudah lama ya tidak digunakan lagi, akhirnya jadi sampah.

Jadi ketika kita sudah lama menggunakan laptop, sudah pasti akan banyak junk files yang ada di laptop kita. Untuk itu agar laptop bisa terjaga performanya, sampah di laptop ini harus dihapus. Sebelum kita cari tahu cara menghapus sampah di laptop, sebaiknya kita pelajari dulu apa saja yang menyebabkan sampah ini bisa muncul.

Penyebab sampah (junk files) muncul di laptop :

  • Aktivitas membuka aplikasi
  • Aktivitas meng-install aplikasi
  • Aktivitas meng-uninstall aplikasi
  • Aktivitas menghapus data tidak permanen (masuk ke Recycle Bin)
  • Aktivitas browsing
  • Aktivitas update aplikasi atau sistem operasi
  • Aktivitas mengunduh data
  • dll

Jadi mayoritas penyebab sampah di laptop adalah dari aktivitas pengguna itu sendiri.

Pengaruh Junk Files Terhadap Laptop

Apa yang akan terjadi jika junk files dibiarkan dan tidak hapus?

  • Kapasitas Harddisk menjadi bertambah karena file-file sampah yang semakin menumpuk
  • Membuat laptop jadi lemot

Tipe-tipe File Sampah di Laptop

Supaya kamu lebih tahu lagi, berikut ini beberapa jenis atau tipe file sampah (junk files) yang ada di laptop atau komputer.

  • Temporary internet files. File ini juga disebut sebagai cache. File ini dibuat dan disimpan ketika kamu melakukan browsing membuat website satu dan lainnya. Nah ketika kamu membuka website itu lagi, maka file cache ini akan dimuat ulang. Jadi kalau kamu sadar, ketika membuka website yang sama untuk kedua kali dan seterusnya, pasti akan lebih cepat ketika membukanya pertama kali.
  • Temporary system files. File sampah ini dibuat dari aktivitas pengguna ketika menjalankan perintah-perintah di komputer dan tidak ada tujuannya. Misalnya ketika membuka fitur pengaturan kemudian menutupnya lagi.
  • Temporary program data. File ini dibuat ketika kamu menginstal aplikasi, tetapi tidak pernah digunakan setelah installasi selesai.
  • Recycle bin files. Ini adalah file data yang kamu hapus tetapi tidak dihapus secara permanen. Misalnya kamu menghapus file dengan cara klik Delete saja, maka itu akan masuk ke Recycle bin. Tetapi jika menghapusnya dengan cara menekan Ctrl + Del itu akan terhapus permanen.
  • Old program files. Ketika kamu tidak menghapus atau uninstall program dengan benar, maka file-file sementara itu akan tetap ada dan jadi file sampah.
  • Thumbnails. Ketika kamu membuka gambar di komputer, itu akan menghasilkan file cache thumbnail yang disimpan sementara agar gambar bisa dibuka dengan cepat. Tetapi jika sudah digunakan lagi itu akan menjadi file sampah.
Baca juga:  Penyebab Blank Screen Pada Windows 10 Setelah Update ke Versi 1803

Jadi itu beberapa tipe file sampah yang ada di komputer, semoga jadi informasi tambahan yang bermanfaat buat kamu. Lalu bagaimana cara menghapus file sampah di laptop?

Cara menghapus file sampah di laptop sebagai berikut :

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, silakan dicoba sesuai kebutuhan masing-masing.

Total time 10 menit

  1. Melalui Fitur Disk Cleanup

    Disk Cleanup

    Untuk pengguna Windows, sudah ada fitur untuk melakukan pembersihan file sampah ini. Caranya dengan klik kanan drive System (C:) kemudian pilih Properties lalu pilih Disk Cleanup. Tunggu sebentar maka nanti akan muncul daftar file yang perlu kamu hapus.

    Nah kamu tinggal centang saja tipe file sampah yang ingin kamu hapus. Kalau ingin mendapatkan file sampah yang lebih banyak lagi, kamu bisa pilih Clean up System File.

    Maka nanti akan muncul hasil yang lebih detail. Misalnya saja menghapus Windows Update Cleanup, Windows upgrade log files, dan lainnya. Kalau kamu rutin melakukan update Windows, biasanya nanti di pilihan Windows Update Cleanup akan memiliki ukuran junk files yang cukup banyak. Tapi terserah yang ini mau dihapus atau tidak.

  2. Menghapus Secara Manual

    Kamu juga bisa menghapus secara manual, tetapi ini perlu efford yang cukup tinggi. Misalnya saja kamu bisa membuka alamat drive ini Users > AppData > Local > Temp.

    Di drive ini ada banyak temporary junk files tersembunyi yang bisa kamu hapus. Itu baru temporary files, kalau untuk lainnya, nanti dicari sendiri.

  3. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

    Kalau pengen tidak ribet, kamu juga bisa menghapusnya melalui aplikasi pihak ketiga, seperti CCleaner, AVG TuneUp, dan masih banyak lagi.

    Dengan aplikasi pembersih PC, akan lebih memudahkan menghapus mana saja yang perlu dihapus. Selain itu biasanya aplikasi seperti itu juga ada fitur canggih yang melakukan scanning untuk memilih file sampah mana yang memang perlu untuk dihapus karena telah membebani laptop atau komputer.

Supply:

  • Skill
  • Waktu

Tools:

  • Laptop
  • Komputer PC
  • Aplikasi Pembersih PC

Materials: Tidak ada

Itu saja informasi yang bisa kami berikan. Semoga dengan adanya tips ini kamu bisa merawat dan menjaga laptop atau komputer kamu lebih baik lagi. Paling tidak dengan merawatnya secara rutin, performa laptop bisa selalu terjaga.

Jika kamu ada pertanyaan terkait masalah di atas, silakan tulis di kolom komentar. Kami akan balas jika kamu tahu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.