Pertanyaan Seputar Windows 11 yang Perlu Kamu Tahu

  • Whatsapp

Pertanyaan Seputar Windows 11 yang Perlu Kamu Tahu | Akhirnya Microsoft melakukan pembaharuan dari produk sistem operasinya, Windows. Setelah Windows 10 sukses menyedot pengguna baru, kini hadir pembaharuan yakni Windows 11. Yang katanya datang dengan gaya visual yang lebih fresh dan sistem keamanan yang lebih baik.

Tentu munculnya pembaharuan ini dinanti banyak pengguna Windows. Karena dari beberapa preview yang telah beredar, Windows 11 ini memiliki tampilan antar muka yang berbeda dari Windows 10. Khususnya dalam hal manajemen menu dan beberapa ikonnya.

Pihak Microsoft juga sudah merilis persyaratan sistem minimum agar bisa menginstall Windows 11. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Pertanyaan Seputar Windows 11
  • Prosesor minimal 1 GHz, akan lebih baik jika > 2 core
  • RAM minimal 4 GB
  • Ruang penyimpanan minimal 64 GB
  • Firmware sistem UEFI, dan Secure Boot dalam kondisi aktif
  • Memiliki TPM (Trusted Platform Module) versi 2.0
  • Graphics card minimal DirectX 12 atau WDDM 2.x
  • Display di atas 9″ dengan resolusi HD (720p)

Nah kalau laptop atau komputer PC kamu tidak memenuhi persyaratan minimum di atas, maka tidak akan bisa menggunakan Windows 11. Untungnya Microsoft memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengecek apakah komputernya sudah mendukung Windows 11 atau belum. Caranya dengan menginstall software PC Health Check.

Secure Boot dan TPM 2.0 Menjadi Kendala

Ternyata beberapa pengguna Windows 10 ke bawah ketika mengecek PC nya, mereka mengalami kendala kalau PC nya tidak atau belum support Windows 11. Dan penyebab yang sering muncul adalah belum mendukung Secure Boot dan TPM 2.0.

Biasanya masalah ini akan dialami oleh pengguna dengan PC spesifikasi lama. Saya memiliki laptop lama, ASUS A455LD dengan RAM 10GB, tetapi setelah dicek ternyata tidak mendukung Windows 11. Masalahnya ya di bagian Secure Boot yang tidak aktif. Setelah saya coba aktifkan atau atur di BIOS, ternyata tidak bisa. Dan laptop ini juga tidak mendukung TPM 2.0.

Windows-11-PC-cant-run

Sebenarnya soal TPM 2.0 masih jadi pro kontra. Ada yang banyak pengguna yang menginginkan agar persyaratan yang ini dihilangkan. Tetapi pihak Microsoft telah menguji bahwa dengan mengaktifkan TPM 2.0 ini akan memberikan peningkatan keamanan sebesar 60% untuk sistem Windows 11. Jadi ini masih dilema dan terus jadi bahan uji coba pihak Microsoft.

Baca juga : Jenis-Jenis Lisensi Windows 10 yang Perlu Kamu Tahu

Pertanyaan Seputar Windows 11

Windows 11

Karena Windows 11 ini masih perkenalan dan baru akan dirilis final pada akhir 2021 ini, maka banyak sekali pertanyaan seputar Windows 11 ini. Karena banyak pengguna yang penasaran seperti apa Windows 11 itu. Maka dari itu, berikut ini beberapa pertanyaan yang mungkin saat ini membuat kamu bertanya-tanya.

Apa perbedaan mendasar dari Windows 10 dengan Windows 11?

Windows 11 diklaim memiliki sistem keamanan yang lebih kuat dibanding Windows 10. Hal ini dikarenakan adanya persyaratan untuk mengaktifkan TPM 2.0 dan Secure Boot. Selain itu dari sisi desain tampilan juga ditata ulang dengan paduan audio maupun aplikasi yang baru. Beberapa ikon termasuk ikon Windows juga mengalami perubahan. Kali ini dari sisi desain lebih detail.

Kapan Windows 10 dapat diupgrade ke Windows 11?

Windows 10 yang kamu miliki bisa diupgrade ke Windows 11 ketika kamu sudah memperbaharui Windows 10 ke versi terbaru. Dan pastinya sudah memenuhi persyaratan sistem minimum. Windows 11 saat ini masih dalam tahap penyelesaian, dan akan mulai dirilis ke pengguna mulai awal 2022. Jika komputer kamu sudah memenuhi syarat, nanti akan mendapatkan “Free upgrade to Windows 11“.

Jika laptop/komputer kamu telah memenuhi syarat, dan waktu perilisan sudah tiba, nanti kamu bisa cek di Windows Update untuk melihat apakah kamu sudah mendapatkan jatah untuk upgrade ke Windows 11.

Sampai kapan Windows 10 mendapatkan dukungan update dari Microsoft?

Buat yang laptop/PC nya tidak memenuhi persyaratan sistem minimum, maka masih tetap bisa menggunakan Windows 10. Nantinya pihak Microsoft, akan terus berkomitmen untuk memberikan pembaruan sistem Windows 10 hingga 14 Oktober 2025. Jadi masih sangat lama.

Apakah upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 gratis?

Iya gratis. Asalkan kamu sudah menjalankan Windows 10 versi terbaru dan tentunya sudah memiliki spesifikasi mininum Windows 11 untuk bisa mendapatkan upgrade.

Apakah Windows 11 akan menggantikan Windows 10 selamanya?

Windows 11 adalah versi terbaru dari Windows, seperti layaknya Windows 10 menggantikan Windows 8. Tetapi kamu masih bisa menggunakan Windows 10 hingga Oktober 2025.

Apakah upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 akan menghilangkan file?

Tidak. Nantinya secara default file dan data kamu akan ditransfer juga, jadi tetap aman. Tetapi sebaiknya untuk berjaga-jaga kamu bisa membackup dulu.

Setelah upgrade ke Windows 11 ternyata tidak suka, apakah bisa kembali ke Windows 10?

Pengguna Windows yang sudah melakukan upgrade ke Windows 11 bisa kembali ke Windows 10. Akan tetapi pihak Windows memberikan jangka waktu 10 hari setelah upgrade ke Windows 11. Jika nanti sudah lewat 10 hari tetapi kamu ingin kembali ke Windows 10, maka harus melakukan “clean install“.

Itu beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan, jika kamu punya pertanyaan lain seputar upgrade Windows 11, bisa tulis di kolom komentar, nanti akan kami balas jika tahu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *