Penyebab Blank Screen Pada Windows 10 Setelah Update ke Versi 1803

Windows 10 Blank Screen

Sistem operasi Windows 10 telah mengeluarkan versi terbarunya, yakni versi 1803. Di versi ini ada beberapa fitur baru yang disematkan. Buat yang pengen update ke versi ini mending tunggu update selanjutnya saja, soalnya di versi ini masih ada bugs yang menyebabkan blank screen pada Windows 10.

Blank screen yang dimaksud adalah ketika laptop/pc kamu dihidupkan maka setelah muncul logo Windows akan menampilkan layar hitam kosong saja. Tidak mau booting dengan sempurna. Sehingga kamu tidak bisa masuk ke desktop.

Saya pun kemarin mengalami hal ini. Sempat ditunggu lama, ternyata tidak ada perubahan, dan akhirnya terpaksa dimatikan melalui tombol powernya.

Setelah saya coba beberapa kali kemudian coba masuk ke Safe mode ternyata bisa. Kesimpulan pertama saya asumsikan di bagian driver VGA nya. Entah versi 1803 ini yang belum bisa mendukung driver VGA versi lama, atau memang driver VGA nya yang tidak up to date.

Itu kesimpulan pertama.

Jadi ketika saya coba masuk ke Safe mode, dan lancar jaya, akhirnya saja coba mematikan driver VGA Intel dan NVIDIA di laptop saya. Kemudian restart kembali, dan ternyata bisa masuk. Berarti asumsi saya benar, masalahnya ada di driver VGA.

Tapi masa iya saya menggunakan laptop yang VGA nya tidak maksimal? Lantas saya coba atasi dengan melakukan update driver VGA nya.

Nah kalau kamu ternyata sudah terlanjur melakukan update Windows 10 ke versi 1803, dan kemudian mengalami masalah yang sama. Bisa jadi masalah itu disebabkan oleh driver VGA nya. Kamu tinggal masuk ke Safe mode kemudian pergi ke Device manager, dan di bagian Display adapters coba kamu disable saja driver VGAnya.

Kemudian restart laptop/pc kamu dan lihat apa yang terjadi.

Bagaimana masuk ke Safe mode di Windows 10?

Ada banyak cara, akan tetapi saya akan berikan cara yang bisa dilakukan tanpa menyiapkan bootable Windows 10 baik via USB atau DVD. Caranya sebagai berikut :

#1. Matikan laptop/pc kamu melalui tombol power.

#2. Hidupkan laptop/pc kamu melalui tombol power, dan ketika muncul logo Windows 10, langsung tekan dan tahan tombol power. Maka laptop/pc kamu akan mati. Ulangi sekali lagi. Dan ketika kamu menghidupkan laptop/pc kamu yang ketiga kalinya, jangan dimatikan lagi. Karena nanti akan muncul Preparing Automatic Repair seperti di gambar ini.

Preparing Automatic Repair

#3. Tunggu saja prosesnya, sampai kamu mendapati layar berubah biru dengan tulisan Automatic Repair dengan pilihan Restart atau Advanced options. Nah di sini kamu pilih Advanced options.

Automatic Repair

#4. Setelah dipilih Advanced options, kemudian pilih Troubleshoot dan di sana akan muncul beberapa menu pilihan. Seperti System Restore, Startup repair, Command prompt, Go Back to Previous Version, dll.

Kamu pilih Command Prompt saja.

Advanced options

#5. Setelah Command prompt muncul, kamu ketik seperti ini : bcdedit /set {default} safeboot minimalIni perintah untuk membuat masuk ke Safe mode. Setelah diketik, langsung tekan Enter. Maka jika berhasil akan muncul tulisan : The operation completed successfully.

Command Prompt

Command Prompt

#6. Kemudian tutup jendela Command prompt dan pilih Continue untuk restart dan masuk ke Safe mode. Maka pc/laptop akan restart dan masuk ke Windows 10 Safe mode.

Choose an option

#7. Setelah masuk ke Safe mode, bukalah Device manager. Kemudian tinggal disable driver VGA nya. Sebelum direstart kembali, masuk dulu ke System Configuration, cari dan ketik saja di pencarian Windows. Lalu masuk ke menu Boot dan uncheck Safe boot. Apply > OK > Restart.

Maka kamu akan berhasil masuk ke Windows 10. Kamu tinggal lakukan update Driver VGA, jika sudah di update, aktifkan kembali driver VGA nya melalui Device Manager dan coba restart kembali.

***

Kalau kamu tidak mau ribet, dan ingin memutuskan untuk kembali ke versi sebelumnya, maka pada saat berjalan di langkah nomor.4 kamu pilih saja pilihan Go back to the previous version. Yang artinya nanti akan kembali ke versi sebelumnya yakni 1709. Dengan catatan, kamu belum menghapus installan sebelumnya (Windows Old).

Baca juga : Cara Mengembalikan Data yang Terhapus

Ada baiknya sebelum kamu melakukan update ke versi 1803, lakukan backup dulu Windows 10 versi 1709 kamu. Supaya kalau nanti ada masalah bisa direstore.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Kalau ada pertanyaan, bisa langsung tulis di komentar.



Baca juga :



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *