Review CCleaner, Software Yang Membuat Komputer Menjadi Cepat

CCleaner

LHAGEEK.com – Salah satu yang membuat komputer menjadi lambat adalah banyaknya junk files dan data-data sistem yang memang sudah tidak dibutuhkan lagi. Bahkan pengguna pun tak sadar karena banyaknya junk files ini membuat space harddisk menjadi menipis.

Nah, kali ini LhaGeek ingin sekali mereview salah satu software yang bisa digunakan untuk membuat komputer menjadi cepat. Ya tidak cepat-cepat amat, tapi maksudnya adalah bisa membersihkan segala macam file-file sampah yang mengendap di sistem. Sehingga kinerja OS pun menjadi lebih lancar.

Software ini bernama CCleaner. Jika ada yang sudah tahu dan kebetulan menggunakannya ya syukurlah. Tapi jika ada yang belum pernah pakai software ini, semoga bisa menambah referensi lagi setelah membaca review singkat ini.

Apa itu CCleaner?

CCleaner adalah software yang memiliki fungsi utama untuk membersihkan file-file sampah yang ada di sistem komputer. Selain itu juga berfungsi untuk memberisih registry yang tak terpakai dan juga memiliki beberapa fitur seperti untuk uninstall program, mengatur startup, dan lainnya.

CCleaner sendiri adalah salah satu merek dagang dari Piriform Ltd. Selain CCleaner juga ada yang lain lagi seperti Defraggler, Recuva dan Speccy.

Fitur CCleaner?

Langsung saja ke fitur yang ada di CCleaner ini ya. Ada beberapa fitur yang menurut saya cukup bisa dimaksimalkan untuk memaintenance komputer kita.

#Cleaner

Tentu yang pertama adalah fitur Cleaner. Ini adalah fitur utama dari software ini. Di dalam fitur Cleaner ini, pengguna bisa memilih bagian mana yang akan dibersihkan. Ada dua pilihan, yakni Windows dan Applications.

Di dalam Windows ada pilihan yang terkait dengan sistem Windows, seperti Windows Explorer, System, Internet Explore, dan Advanced.

CCleaner Apps

Sedangkan untuk Applications berisi pilihan dari aplikasi-aplikasi yang terinstall dan yang memungkinkan memiliki file sampah, seperti Mozilla Firefox, Multimedia dan Utilities lainnya.

Silahkan di ceklist jika ingin menghapus file-file sampah yang ada di bagian itu. Tapi perlu diingat, jangan sembarangnya ceklist, perhatian itu bagian apa, karena bisa saja nanti akan membuat data kalian hilang. Saya tak akan menjelaskan secara detail, silahkan nanti kalian yang memeriksanya sendiri di software tersebut.

#Registry

CCleaner Registry

Fitur ini juga berfungsi untuk membersihkan data registry yang missing dan tidak terpakai. Pengguna bisa scan regitry apa saja yang bisa dihapus, lalu jika sudah bisa menghapusnya. Pastikan pilih backup terlebih dahulu sebelum memastikan untuk menghapus registry yang missing.

#Tools

CCleaner Tools

Di dalam fitur ini ada beberapa fitur lagi seperti untuk Uninstall Program, mengatur Startup, mengatur plugin yang terinstall di browser, Disk Analyser, Duplicate Finder, System Restore dan Drive Wipe.

Nah itu beberapa fitur yang ada di CCleaner.

Sebenarnya CCleaner ada tiga pilihan, yakni yang gratis (CCleaner Free), berbayar (CCleaner Professional & CCleaner Professional Plus).

CCleaner Pro

Untuk CCleaner Pro Plus, pengguna bisa melakukan monitoring file sampah secara otomatis. Misalnya dengan mengatur jika file sampah juga mencapai ukuran 1 GB, maka secara otomatis akan dihapus. Pengguna pun tidak perlu melakukan scan manual.

Lalu yang versi Pro ini juga bisa digunakan untuk All User dan memilih diaktifkan untuk user siapa. Fitur Disk DefragmentationFile Recovery pun juga include di dalamnya. Dan yang terakhir adalah bisa melakukan update software CCleaner secara otomatis jika ada update terbaru.

Saya sendiri sudah menggunakan CCleaner Free ini sudah lama. Cukup lumayan untuk membantu mengatasi file-file sampah yang ada di sistem. Pernah suatu ketika, saat melakukan scan junk files dengan CCleaner ini mencapai 3 GB, saking lamanya tidak dihapus file sampahnya.

CCleaner Free

CCleaner Free hanya berukuran 6,57 MB saja, sangat kecil tapi fungsional.

Dari sisi User Interface, menurut saya cukup mudah dipahami oleh pengguna awam. Lagi pula ada pengaturan untuk Bahasa Indonesia, jadi cukup memudahkan.

CCleaner ini juga cukup rutin melakukan update. Dari data yang ada, update terakhir pada 24 Mei 2016 dengan versi update v5.18.5607. Sebelum tanggal ini juga ada update lagi pada 26 April 2016 dengan versi update v5.17.5590. Jadi bisa dikatakan software ini cukup fungsional apalagi mendapat dukungan update yang rutin.

  • System Requirements :
    – Windows 10, 8.1, 8, 7, Vista and XP. Including both 32-bit and 64-bit versions.
    – Requires an Apple Mac running 64-bit OS X 10.6 to 10.11 El Capitan.
  • Download : http://www.piriform.com/ccleaner/download

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG