PhotoMath, Aplikasi Hitungan Yang Bisa Bikin Pinter Tapi Juga Bego

Aplikasi Photomath

LhaGeek.com – Di Google Play Store, kita bisa memilih berbagai aplikasi apa saja yang kita suka. Sayangnya masih banyak pengguna Android yang mengunduh aplikasi di Play Store berupa games saja. Padahal di Play Store itu ada aplikasi yang bisa membantu kerjaan kita.

Misalnya saja adalah aplikasi PhotoMath yang bakal aku ulas kali ini.

Aplikasi ini adalah aplikasi untuk membantu menyelesaikan hitungan matematika. Jadi ini cocok buat para orang tua atau pelajar yang kesulitan ngerjain tugas soal matematika. Menariknya adalah aplikasi ini akan menampilkan urutan cara menghitungnya jadi pengguna bisa tau asal usul jawabannya dan urutan langkah-langkah penyelesaiannya. Menarik…

Photomath - Camera Calculator
  • Photomath - Camera Calculator Screenshot
  • Photomath - Camera Calculator Screenshot
  • Photomath - Camera Calculator Screenshot
  • Photomath - Camera Calculator Screenshot
  • Photomath - Camera Calculator Screenshot
  • Photomath - Camera Calculator Screenshot
  • Photomath - Camera Calculator Screenshot
  • Photomath - Camera Calculator Screenshot
  • Photomath - Camera Calculator Screenshot

Cara Kerja PhotoMath…

Sesuai dengan namanya, aplikasi Photomath ini memiliki cara kerja yang unik dan menurut aku sangat mudah. Ketika membuka aplikasi ini, nantinya pengguna akan dihadapkan dengan tampilan kamera untuk menscan soal hitungan matematika yang ada di buku, seperti ini.

photomath

Ya, pengguna tinggal mengarahkannya ke soal atau hitungan matematika yang dianggap sulit. Secara otomatis aplikasi ini akan mendeteksi soal dan jika sudah pas akan menampilkan jawabannya langsung tanpa mikir bermenit-menit.

Selain menggunakan fitur kamera yang ada di aplikasi Photomath ini, pengguna juga bisa memilih fitur kalkulator.

Di fitur ini nantinya pengguna menuliskan sendiri soalnya, mulai dari hitungan akar, pangkat, trigonometri, pecahan, dan lainnya.

soal

Aku pun mencoba untuk untuk menghitung 20 soal seperti di atas dan bisa diselesaikan kurang dari 30 detik. Wow…

#Bikin Pinter, Soalnya Tahu Langkah Pengerjaan

Tentu nggak asik ketika ngerjain matematika cuma tahu jawabannya saja tanpa tahu langkahnya. Nah, dengan aplikasi ini selain bisa langsung tahu jawabannya, pengguna juga bisa melihat step by step langkah pengerjaannya. Sehingga pengguna khususnya para pelajar bisa memahami kenapa hasil hitungannya segitu.

photomath-step-by-step

Langkah-langkah ditampilkan pun sesuai dengan sistem hitungan yang sebenarnya. Jadi sangat valid dan memang bagus untuk digunakan referensi.

#Bikin Bego, Soalnya Jadi Males Mikir

Nah, kelebihan dari aplikasi ini yang bisa langsung menampilkan hasilnya justru menjadikan seseorang menjadi bego. Bego dalam artian malas untuk mikir dan mencari jawabannya secara manual sesuai dengan rumus yang sudah ada.

Oke, mungkin kalau untuk kebutuhan kerja (bukan pelajar) kecepatan hitungan seperti ini bisa diandalkan. Tapi jika aplikasi ini digunakan oleh pelajar? Bisa-bisa para pelajar jadi malas belajar dan cuma mengandalkan aplikasi yang cukup discan saja sudah muncul jawabannya.

Kelebihan dan Kekurangan…

Meski aplikasi ini bisa membantu menyelesaikan hitungan matematika, tetap saja masih memiliki kekurangan.

Untuk kekurangannya sebagai berikut :

  • Titik terdeteksi koma. Jadi misalnya ada soal seperti ini 8.769 – 8.560 + 2.345 = …. , jika hitungan ini discan menggunakan Photomath, maka ‘titik’ yang fungsi sebagai pemisah ribuan akan terdeteksi sebagai ‘koma’. Jadi angka 8.769 bukan nominal ribuan lagi tapi satuan, delapn koma tujuh enam sembilan. Solusinya adalah ketika sudah discan, maka harus diedit dulu dengan memilih ikon kalkulator lalu titiknya dihapus.

photomath-kekurangan

  • Tidak bisa menghitung waktu & sejenisnya. Kalau hitungannya berhubungan dengan waktu, atau paling mudahnya hitungan yang ada katanya, misalnya 1 tahun = …. minggu, 60 lustrum = …. tahun, soal-soal seperti ini tidak bisa diatasi dengan aplikasi Photomath. Yang bisa dihitung itu aplikasi yang berupa hitungan perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, trigonometri, pecahan, dan lainnya yang tidak dijelaskan di sini.

hitungan

Sedangkan untuk kelebihannya, aplikasi ini sangat cepat untuk melakukan pendeteksian soal. Proses scanning yang dilakukan sangat sensitif. Sehingga pengguna harus tepat dalam memilih soal. Dan hasil yang dikeluarkan langsung realtime. Artinya ketika selesai menscan, maka langsung muncul hasilnya dan pengguna bisa melihat alur hitungannya.

Aku sudah mencoba melakukan hitungan di soal yang berupa ketikan komputer, dan soal yang dibuat dengan manual (handwriting). Dan meskipun dari handwriting tetap saja aplikasi ini mampu mendeteksi dengan benar.

Pesan moralnya…

Aplikasi seperti ini adalah salah satunya dampak dari kemajuan teknologi. Dengan adanya aplikasi ini, maka semakin banyak orang yang dimudahkan untuk mempelajari proses hitungan yang benar sesuai dengan langkah-langkahnya. Tapi di lain sisi, aplikasi seperti ini juga menjadi petaka bagi para pelajar khususnya yang mana bisa menjadi malas belajar dan hanya mengandalkan aplikasi untuk mendapatkan hasil yang instant. Tentu ini tidak baik.

Untuk itu, pesan moral dari penggunaan aplikasi ini adalah sebaiknya dilakukan pendampingan ketika menggunakan aplikasi ini. Siapa yang harus mendampingi? Ya tentunya orang tua/guru.

Dengan dilakukan pendampingan maka fitur-fitur yang ada di aplikasi ini seperti Solving Steps, bisa dijabarkan bersama-sama dan manfaat dari aplikasi ini akan terasa.

Mari aplikasi ini kita gunakan untuk hal-hal yang positif yang membuat penggunanya semakin cerdas bukan malas!

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG

  • virmansyah

    Tapi jangan sampai dibodohi sama aplikasi ya 😀