Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengurangi Penggunaan RAM Pada Google Chrome

Penggunaan RAM Google Chrome

Salah satu browser yang banyak digunaka pengguna komputer adalah Google Chrome. Browser yang dikembangkan oleh Google ini memang memiliki pesaing berat yakni Mozilla Firefox. Di Chrome sendiri menawarkan berbagai extensions untuk melengkapi kebutuhan pengguna saat menggunakan Chrome. Browser ini juga bisa diintegrasikan dengan akun Google.

Google Chrome sendiri menawarkan antar muka yang simple, pengalaman browsing yang aman dan cepat. Itu yang dikatakan Google.

"Now more simple, secure, and faster than ever - with Google’s smarts built-in."

Tetapi dibalik kesederhaan, keamanan dan kecepatan itu, penggunaan Google Chrome ini sangat menghabiskan banyak RAM. Dan ini dikeluhkan oleh banyak pengguna. Meskipun pernah dipembaharuan versi terdahulu Google pernah menjanjikan kalau penggunaan RAM pada Google Chrome akan berkurang, tapi faktanya tetap saja tinggi.

Buat pengguna yang di komputer/laptopnya punya kapasitas RAM besar mungkin tidak masalah. Tapi yang kapasitas RAM nya tanggung, akan sangat terasa.

Saya sendiri juga menggunakan Google Chrome meskipun kadang gantian dengan Firefox. Dan memang penggunaan RAM saat dicek melalui Task Manager sungguh luar biasa. Saat menulis artikel ini saja, Saya coba cek penggunaan RAM Google Chrome dan seperti ini :

Task Manager - Lhageek

Ya, kaget kan kok bisa sampai 2 GB penggunaan RAM nya. Tapi sebenarnya saya tidak kaget, karena itu juga kesalahan saya sendiri.

Nah di artikel kali ini saya ingin berikan beberapa cara mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome. Semoga nanti membantu.

1. Kurangi Tab Aktif

Siapa yang suka browsing terus membuka banyak tab? Kalau saya sih sering. Maklum, blogger memang kadang seperti itu. Perlu membuka banyak halaman web untuk mencari referensi dan membaca banyak informasi. Ada tab yang wajib dibuka seperti tab email, tab dashboard blog, dll.

Bahkan ketika menulis artikel ini tab di browser Google Chrome saya bisa lebih dari 10 tab.

Jumlah Tab - Google Chrome

Kalau ingin penggunaan RAM menurun, cobalah mengurangi jumlah tab. Saya akan coba kurangi ya, dan lihat penggunaannya apakah bisa menurun atau tidak. Dan ternyata sangat berpengaruh. Coba lihat...

Jumlah Tab Chrome

Awalnya lebih dari 2GB setelah tab dikurangi jadi 1,2GB saja.

Mengapa jumlah tab yang banyak membuat penggunaan RAM menjadi banyak juga?

Karena Google Chrome ini adalah web browser yang mana di setiap tab itu melalukan prosesnya sendiri. Inilah juga yang menyebab browser ini memiliki akselerasi kecepatan browsing yang baik. Dan ternyata dibalik kecepatannya itu ada yang dikorbankan. :)

2. Kurangi Penggunaan Extensions

Selain tab, penggunaan extensions juga berpengaruh. Semakin banyak kamu menginstall extension dan aktif semua, maka semakin besar penggunaan RAM nya.

Kalau masalah extentions ini saya rekomendasikan untuk hapus saja yang memang tidak diperlukan. Yang jarang dipakai itu dihapus saja. Atau kalau memang ada yang diperlukan tapi jarang digunakan mending dinonaktifkan. Aktifkan kembali pas lagi pengen dipakai.

Baca juga : Jangan Upgrade RAM Dulu, Baca Ini Agar RAM Cocok dengan Laptop Mu

3. Cek Task Manager di Google Chrome

Google Chrome itu punya fitur Task Manager sendiri. Kamu bisa melihatnya dengan membuka pilihan More (ikon titik tiga di pojok kanan browser), terus pilih More tools kemudian Task manager. Atau kalau pengen lebih cepat bisa tekan Shift + Esc.

Task Manager - Chrome

Dengan melihat di Task manager Google Chrome ini kamu bisa memilih tab atau extensions mana saja yang perlu dimatikan. Kalau ada yang memakan RAM tinggi dan tab atau ekstensinya tidak begitu penting bisa di End process.

Dengan ketiga cara mengurangi penggunaan RAM di Google Chrome tersebut, saya kira sudah bisa sangat membantu.

Jadi bisa disimpulkan bahwa peningkatkan penggunaan RAM Google Chrome ini sebenarnya diakibatkan dari faktor pengguna itu sendiri. Ya saya rasa dengan membaca ini banyak yang baru menyadarinya. Kalau memang penggunaan RAM oleh Google Chrome bisa lebih rendah, sebaiknya kita sebagai pengguna harus lebih bijak dalam browsing.

Misalnya saja dengan membuka tab yang diperlukan saja, menginstall extensions yang penting saja. Mungkin itu yang bisa saya berikan semoga bisa membantu.



Baca juga :



Lhageek Merchandise



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *