Menjaga Keamanan Wanita di Dunia Luar Dengan Teknologi

Keamanan Wanita di Dunia Luar | Kekerasan pada wanita terutama di dunia luar atau jalanan terus ada sepanjang tahun. Meskipun pihak berwenang sudah meningkatkan penjagaan dan memberikan berbagai penyuluhan, namun kejahatan serupa seperti terus mendapatkan celahnya dan terjadi lagi. 

Para wanita merasa tidak nyaman dan insecure setiap berjalan keluar sendirian, terutama di tempat – tempat yang sepi dan minim penerangan. Bahkan bagi mereka yang memiliki paranoia berjalan di tempat asing sendirian, mereka menjadi tidak leluasa. 

Beberapa wanita menggunakan berbagai jenis aplikasi untuk bisa melindungi mereka atau setidaknya membuat mereka lebih percaya diri dan yakin saat bepergian keluar. Diantaranya, mengaktifkan shareloc di aplikasi WhatsApp dan mengirimkannya kepada teman terdekat. Sehingga jika terjadi sesuatu pada mereka, teman tahu harus mencari dimana dan mudah juga bagi pihak berwenang untuk membantu. 

Keamanan wanita di dunia luar
Image by Hashim Abdullah from Pixabay

Dari sisi teknologi, para pakar ternyata banyak yang tergerak untuk mengembangkan alat bantu yang bisa mengatasi kasus ini terjadi pada wanita. Salah satunya adalah Emma Kaye, Founder WalkSafe App, sebuah aplikasi yang sedang tumbuh pesat di Inggris. 

Aplikasi ini akan memiliki fitur dimana kamu sebagai pengguna bisa mengirimkan lokasi kamu kepada orang terdekat mulai dari keluarga dan teman. Mereka bisa tahu dan melacak keberadaan kamu. Secara real-time. Hampir mirip dengan penggunaan WhatsApp tadi, tetapi disini lebih canggih. Karena melalui Aplikasi ini, kamu bisa menemukan rute teraman untuk pergi dari kembali dari suatu tempat ke rumah. 

Selain bisa melacak, mereka juga bisa berbagi pesan dan kabar denganmu. Sehingga, meskipun kamu sedang berada di luar sendirian, kamu merasa ada yang membersamai kamu dan memberitahumu jika ada kekeliruan di perjalanan. Misalnya, salah arah dan sebagainya. 

Baca juga:  5 Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi yang Cepat Update

Founder tergerak untuk mengembangkan aplikasi ini setelah ia juga pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan di perjalanan. Aplikasi ini dikembangkan untuk bisa memberikan kemudahan bagi para pengguna terutama wanita untuk bisa memperkirakan keamanan perjalanan mereka dan menghindari kejahatan. 

Aplikasi ini juga mengkombinasikan data analisa dari para detektif. Jika smartwatch bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung, mengapa kita tidak membuat aplikasi yang bisa memberikan extra keamanan bagi para perempuan? Begitu kira – kira ide awal dari aplikasi ini menurut Co-Founder WalkSafe. 

Saat ini data yang dimiliki oleh WalkSafe memang masih sedikit. Namun mereka juga memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) untuk bisa memperkirakan berbagai kemungkinan – kemungkinan lain yang bisa terjadi di perjalanan dan bagaimana cara mengatasinya. Ibarat manusia yang terus belajar dari pengalaman, mesin atau teknologi juga bisa melakukannya dan menjadi lebih baik lagi dari awal peluncurannya.

Baca juga : Tips Aman Menjaga Data di Server Hosting

Aplikasi seperti WalkSafe sebenarnya tidak hanya berguna nantinya untuk para wanita, tetapi mungkin juga bisa dikembangkan untuk anak – anak. Terutama mereka yang tidak dalam 24 jam mendapatkan pengawasan dan bersama orang tua mereka. Aplikasi seperti ini juga berguna bagi para lansia. Tentu, kedepannya kita akan melihat berbagai perkembangan – perkembangan dalam aplikasi ini dan mengharapkan fitur yang terbaik serta terupdate. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *