Cara Mendeteksi Spyware di Ponsel 

Sebelum mengetahui cara mendeteksi Spyware, tahukah kamu apa sebenarnya Spyware itu? Spyware berasal dari dua kata yakni Spy yang berarti mata – mata dan software yang berarti aplikasi. Sehingga Spyware adalah aplikasi yang tertanam tanpa sengaja atau tanpa diketahui oleh penggunanya di ponsel mereka. Mereka bisa mengetahui pembicaraan kita melalui telepon, obrolan di sosial media atau messenger, hingga memiliki akses ke password yang kita masukkan atau foto – foto dan dokumen pribadi. 

Spyware melakukan aktivitas di belakang layar yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi penting yang terdapat di dalam ponsel yang nantinya akan dikirimkan ke oknum/orang/organisasi tertentu untuk digunakan. Biasanya pengumpul informasi menggunakan informasi tersebut untuk tujuan negatif atau kejahatan yang membahayakan penggunanya. 

Cara Mendeteksi Spyware, Bagaimana rasanya ada mata-mata di ponsel kita?

Cara mendeteksi spyware

Sebelum bisa mengetahui cara mendeteksi Spyware di ponsel kita, kira – kira bagaimana rasanya jika ada Spyware di telepon genggam kita. Apakah biasa saja, atau ada perbedaan – perbedaan tertentu? 

Secara garis besar, terdapat dua jenis Spyware yang bisa kita temukan di dunia. Pertama adalah Commercial Spyware yang biasa dipasang secara ilegal pada perangkat atau ponsel seseorang. Untuk menginstalasi Spyware ini, kamu harus melakukan kontak langsung dengan perangkat. Misalnya, kamu harus memegang ponsel tersebut, memasukkan chip, atau menginstall melalui kabel USB. Kedua, ada Spyware  yang bisa langsung diaktifkan secara remote (tanpa kontak fisik dengan perangkat). 

Begitu kita menjadi korban Spyware, kita tidak bisa mengetahui dan merasakan perbedaan apapun. Dari sisi pelaku, mereka bisa memantau kita 24 jam selama ponsel kita terkoneksi dengan internet. Mereka bisa melihat apa yang kita lakukan di setiap aplikasi. Bahkan mereka bisa mengakses kamera kita dan melihat apa yang sedang kita lakukan. Mereka bisa tahu kita di mana karena GPS kita menyala. 

Baca juga:  Memainkan Game Rules of Survival di Laptop ASUS A455LD Core i3

Cara Mudah Mendeteksi Spyware untuk Orang Awam 

Lalu bagaimana kita sebagai orang awam mengetahui cara mendeteksi Spyware dan terlepas dari aplikasi tersebut? Pertama, kita harus mendeteksi adanya aplikasi yang berjalan di belakang layar dengan melihat beberapa indikator seperti baterai ponsel, kecepatan internet, dan kecepatan aplikasi lain yang kita gunakan sehari – hari. 

Aplikasi Spyware jika dilihat secara umum juga merupakan aplikasi ponsel. Dia membutuhkan daya ponsel, internet, dan bandwidth untuk berjalan meskipun di belakang layar. Jadi, jika kita mendeteksi baterai cepat habis, koneksi internet lambat di area yang biasanya kita gunakan, hingga ponsel lag, kita harus mencurigai adanya Spyware di ponsel kita. 

Cara mendeteksi spyware kedua adalah melihat penggunaan data. Kita harus memeriksa penggunaan data saat kita tidak membuka atau menjalankan aplikasi apapun. Jika ponsel mendeteksi penggunaan data yang tinggi padahal kita tidak menjalankan apa pun, kita patut curiga ada Spyware di ponsel kita. 

Selanjutnya, kembali cek ponsel dan aktivitasnya. Apakah belakangan kamu sering menerima pesan yang tidak jelas? Atau mendengar suara – suara aneh saat menerima atau membuat panggilan telepon. Jika kamu mengalami satu antara dua hal tersebut bersamaan dengan indikator lainnya, kamu mungkin sedang diawasi. Backup Data dan segera Reset ponsel kamu untuk membersihkan segala jenis Spyware di ponsel. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *