Sama-Sama Mendukung VoLTE, Pilih Andromax R2 atau E2?

Smartfren Andromax R2 dan E2

Sudahkah memaksimal jaringan 4G LTE yang ada saat ini? Pastikan mulai saat ini harus mencoba merasakan menggunakan jaringan 4G LTE yang telah ditawarkan oleh beberapa operator seluler di Indonesia.

Tapi nampaknya belum semua operator seluler memberikan cakupan wilayah 4G LTE secara merata ke berbagai daerah. Hanya satu dua operator saja yang baru bisa memberikan jaringan 4G LTE hingga ke pelosok daerah. Dari hasil pengalaman saya, Indosat Ooredoo dan Smartfren 4G LTE Advanced lah yang berani memberikan jaringan 4G LTE hingga ke berbagai daerah.

Dan untuk Smartfren, saya akui yang paling merata. Saat ini telah ada 85 kota di Indonesia yang telah terjangkau oleh jaringan Smartfren 4G LTE. Ini menarik. Mengingat dulu, kita mengenal Smartfren sebagai operator seluler jaringan CDMA yang minoritas, atau tidak banyak digunakan oleh pengguna seluler. Tapi kini, Smartfren hadir dengan jaringan #4G LTE yang terbesar dan terluas di Indonesia.

Teknologi LTE ini juga telah digunakan Smartfren tidak hanya untuk memberikan layanan data (internet) yang cepat saja. Tapi baru-baru ini Smartfren telah meluncurkan layanan panggilan suara berbasis VoLTE.

Lalu apa bedanya melakukan panggilan suara yang biasa dengan Voice over LTE (VoLTE) ini?

Yang jelas dengan melalukan panggilan melalui #VoLTE, pengguna bisa melakukan panggilan secara video call. Tidak hanya suara saja, tapi juga bisa menampilan video dari orang yang ditelepon. Menarik!

Kelebihan lain juga membuat kualitas suara telepon lebih jernih, karena telah berada di jaringan LTE. Sehingga ketika telepon tidak lagi terkendala kualitas suara yang putus-putus.

Untuk mendukung layanan VoLTE ini, tentunya harus ada device yang support. Dan Smartfren pun telah merilis dua produk handset Andromax yang telah mendukung VoLTE, yakni Andromax R2 dan Andromax E2.

Andromax R2

Andromax R2 sendiri adalah produk handset unggulan dari #Smartfren. Bisa dibilang, Andromax R2 ini yang terbaik. Spesifikasinya dengan layar IPS reolusi HD, dengan prosesor Snapdragon 415 (Octa-core 1,4 GHz, Adreno 405), didukung RAM 2 GB membuat smartphone ini mampu menghasilkan energi yang sempurna.

Andromax R2 ini memang berbeda dari Andromax tipe sebelumnya. Selain diproduksi oleh Hisense, beberapa spek telah diganti ke hardware yang lebih sempurna. Misalnya saja dari sisi kamera, di #Andromax R2 ini telah dibekali kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Meski kamera utama masih kurang sempurna jika digunakan dalam kondisi low light, tapi hasil foto kamera ini di kondisi terang sudah sangat bagus.

Baterai yang digunakan berkapasitas 2320 mAh.

Andromax E2

Sedangkan untuk Andromax E2, spesifikasinya lebih rendah. Dari layarnya saja hanya 4,5 inci, dengan prosesor Snapdragon 212 (Quad-core 1,3 GHz), GPU Adreno 304. RAM nya pun cuma 1 GB.

Dari sisi kamera, Andromax E2 hanya dibekali kamera utama sebesar 5 MP saja, sama dengan kamera depan. Baterai yang digunakan juga berkapasitas lebih rendah dari Andromax R2, yakni 2000 mAh.

Kedua ponsel ini sama-sama telah mendukung layanan VoLTE Smartfren. Jadi kalau ditanya pilih Andromax R2 atau E2 jawabannya sesuai kebutuhan.

Andromax R2 memang menyasar kalangan menengah ke atas. Karena dari harga yang ditawarkan sebesar Rp 1.699.000. Sedangkan untuk #Andromax E2 untuk kalangan menengah ke bawah, harganya pun cuma Rp 899.000.

So, lebih baik disesuaikan budget yang dimiliki jika hanya ingin sekedar merasakan layanan VoLTE Smartfren.

Produk Andromax R2 (Hisense) Andromax E2 (Haier)
Layar 5.0″ IPS + OGS LCD Display with HD Resolution (720 x 1280) dengan Dragon Trail Glass 4.5″ LCD Display dengan FWVGA Resolution
Prosesor Snapdragon 415 Octa Core 1,4 GHz Cortex A53 Snapdragon 212 Quad Core 1,3 GHz Cortex A7
RAM 2 GB 1 GB
Kamera Kamera Utama: 13 MPix AF BSI dengan Dual LED FlashKamera Depan:  5 MPix FF Wide Angle dengan LED Flash Kamera Utama: 5 MPix AF BSI dengan LED FlashKamera Depan:  5 MPix FF Wide Angle dengan LED Flash
Internal Memori 16 GB + MicroSD 8 GB + Micro SD
Baterai 2320mAh 2000mAh
Harga Rp. 1.699.000 Rp. 899.000

Atau jika telah menggunakan Andromax tipe lain, seperti Andromax Q, Qi, jangan khawatir. Tunggu saja upgrade firmware terbaru yang akan diluncurkan oleh Smartfren. Upgrade ini nanti akan memberikan dukungan untuk layanan VoLTE.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG