Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tinta Printer

Ink Printer

LhaGeek.com – Apabila kamu sekarang lagi nyari tinta printer, sebaiknya jangan buru-buru. Karena saat ini dipasaran banyak sekali yang jual tinta printer. Itu artinya tiap tinta punya kelebihan dan kekurangan masing-masing meski dalam satu jenis yang sama.

Owh ya, pastikan kamu sudah tahu jenis printer apa yang cocok untuk printer kamu. Coba baca artikel ini untuk mengetahui apa saja jenis tinta printer inkjet itu (baca : Jenis-Jenis Tinta Printer Inkjet).

Sekarang ini yang banyak dijual di pasaran itu tinta jenis Dye Based. Karena jenis tinta ini banyak dipakai oleh personal dan printer-printer pada umumnya. Karena tinta dye based ini bahannya dari air, untuk itu banyak sekali produk tinta yang abal-abal atau palsu. Jadinya malah membuat printer jadi rusak dan kualitas cetak tidak memuaskan.

Untuk itu ada baiknya sebelum membeli tinta printer perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

#Merek

Salah satu cara membeli produk yang berkualitas adalah dengan melihat mereknya. Kalau merek tinta itu kurang familiar, sebaiknya perlu diteliti lebih jauh soal kualitas dan bahan pembuatnya. Tapi jika kamu tak mau ribet, ya beli saja tinta yang sudah bermerek. Dengan resiko harga lebih mahal tentunya. Meski mahal kamu tetap akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

#Bahan Pendukung

Tiap produsen tinta pasti punya komposisi tersendiri untuk produk tintanya. Carilah tahu apa saja bahan-bahannya. Ini sangat penting agar tinta yang kamu beli nanti tidak merusak printer dan tentunya aman dari segi kesehatan.

#Karakteristik Tinta

Ini ada hubungannya dengan bahan racikan tinta tersebut. Jika tinta murahan, pasti akan berdampak pada kualitasnya yang tidak sempurna. Kadang meski berbahan air, akan cepat kering meski baru beberapa hari tidak dipakai. Sehingga ini cepat merusak head print.

#Garansi

Pastikan membeli tinta printer yang memberikan garansi. Garansi bisa berupa ketika tinta tidak mampu menghasilkan warna yang sempurna, cepat kering, atau yang lainnya.

#Kredibilitas Perusahaan

Yang lebih penting lagi adalah soal kredibilitas perusahaan pembuat tinta tersebut. Kamu wajib hati-hati jika membeli produk tinta yang dibuat oleh sebuah toko kecil. Bukan masalah percaya atau tidak percaya, tapi jika nanti tiba-tiba toko atau produsen tersebut tutup maka kamu tidak bisa membeli tinta tersebut lagi. Padahal jika gonta-ganti tinta dengan merek yang beda akan membuat rusak head print. Karena karakteristik tiap merek tinta beda-beda.

#Harga

Pastikan masalah harga sesuai dengan kualitasnya. Jangan sampai hanya tertarik dengan harga tinta printer yang murah lantas mengabaikan kualitasnya. Yang penting adalah utamakan kualitas, masalah harga nanti bisa mengikuti.

Saran saya adalah, beli saja tinta printer yang memang sudah bermerek dan mudah didapatkan dipasaran. Soalnya kalau membeli tinta printer yang produksi toko, ya bisanya ditemukan di toko tersebut. Beda jika tinta printer yang memang sudah dibuat dari perusahaan besar, pasti akan mudah ditemukan dimana-mana. Kualitasnya pun juga tak diragukan lagi.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG