Kelebihan dan Kekurangan Printer Laser Jet Yang Harus Kamu Tahu

Printer Laser jet

LhaGeek.com – Printer itu memiliki beberapa jenis, ada printer inkjet yakni printer yang menggunakan tinta sebagai media cetaknya, ada juga printer laser jet yang kali ini akan kita bahas di artikel ini.

Tentunya jika kamu saat ini sedang membutuhkan printer dan akan memilih printer laser jet sebagai pilihannya, mengetahui kelebihan dan kekurangannya adalah hal yang perlu kamu tahu. Karena dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka akan bisa membandingkan dengan jenis printer yang lain. Selain itu apabila suatu saat ada masalah, maka tidak salah. Bisa jadi itu masuk dalam kekurangannya.

Baiklah, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di jenis printer yang satu ini.

Kelebihan Printer Laser Jet

Kita masuk dulu ke kelebihannya. Secara umum, printer laser jet menawarkan hasil yang lebih baik dibanding printer inkjet. Printer laser jet ini dapat melakukan pencetakan dalam waktu yang lebih cepat dibanding printer inkjet. Ya seperti mesin photo copy lah.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, printer ini tidak menggunakan tinta cair sebagai untuk mencetaknya. Tapi menggunakan tinta bubuk atau biasanya disebuat “toner“. Untuk mencetaknya menggunakan media infra merah. Kalau yang inkjet kan pakai tinta cair yang ada di head print lalu geser kanan kiri untuk mencetaknya.

Copier_Toner_Cartridges

Yang jadi kelebihan lain, dengan menggunakan printer laser jet kamu bisa mencetak dokumen ke dalam berbagai media atau kertas, seperti kertas art paper, label sticker, paper plate, kertas plain, termasuk photo paper.

Meski bisa digunakan untuk berbagai media, hasilnya pun tetap sama dan awet. Hasil cetakan printer laser jet lebih awet dan tidak mudah luncur layaknya printer inkjet.

Jadi, kelebihan dari Printer Laser Jet ini adalah :

  • Kualitas Cetakan bagus
  • Mampu mencetak dalam waktu yang cepat
  • Awet, tidak mudah luncur dan tahan air
  • Bisa untuk mencetak berbagai jenis kertas

Kekurangan Printer Laser Jet

Itu beberapa kelebihannya, sekarang kita lanjut ke kekurangan dari Printer Laser Jet.

Yang pertama adalah soal harga. Sebenarnya ini bukan kekurangan sih, karena harga juga mencerminkan kualitasnya. Tapi jika dibandingkan dengan printer inkjet, harga dari printer laser jet jauh lebih mahal. Karena memang dari teknologinya sendiri juga berbeda. Meski tergolong mahal, kualitas dan hasil yang didapatkan setara dengan harganya.

Meski bisa untuk cetak foto, tapi beberapa printer laser jet kualitas standart tidak bisa menghasilkan kualitas foto yang maksimal. Banyak yang mendapatkan kualitas foto kurang memuaskan. Hal ini dikarenakan penggunakan tinta bubuk atau toner dalam pencetakannya.

Kadang hasil cetakan berwarna kabur dikarenakan tidak pas pada printer LED. Ya, sebenarnya memang printer laser jet ini sangat cocok untuk kebutuhan cetak dokumen yang membutuhkan warna hitam atau gelap saja. Untuk mencetak foto tidak bisa maksimal.

Kemungkinan terjadi paper jam tinggi, apalagi untuk printer all in oneprint, scan, copy ).

Jadi itu beberapa kekurangannya.

Jika melihat kelebihan dan kekurangannya, printer laser jet ini memang sangat direkomendasikan untuk kebutuhan perkantoran yang membutuhkan cetak dokumen yang cepat. Untuk personal atau rumahan juga bisa, tapi dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan printer inkjet dan kebutuhan cetak yang tidak terlalu banyak, mending untuk rumahan beli yang printer inkjet saja.

Untuk printer laser jet yang sering digunakan diantara Canon MP258, Epson L200, dan HP F2476.

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG