Bagaimana Spesifikasi Notebook ASUS X450JB Seharga Rp 10 Juta?

ASUS X450JB

Untuk produk notebook, Asus memang cukup kaya akan variannya. Mulai dari notebook kelas biasa, menengah atas hingga notebook khusus gaming yakni ROG series.

Tapi kali ini saya tidak akan membahas mengenai ASUS ROG, melainkan notebook Asus yang menurut saya bisa diandalkan untuk kebutuhan mulai dari office hingga game standart. Notebook ini adalah ASUS X450JByang dihargai sekitar Rp 10 Juta. Dengan harga yang cukup berkelas ini apakah spesifikasi yang ditawarkan juga seimbang?

Mari kita kupas…

Tapi kalau dilihat dari segi fisik notebook ini hampir sama dengan seri lainnya. Karena notebook ASUS sendiri memang memiliki desain fisik yang hampir sama. Salah satu yang menjadi daya tariknya dari sisi fisik adalah ketebalan dari notebooknya. ASUS memang menawarkan desain notebook yang tipis tapi tidak mengurangi performa yang ada.

Di X450JB ini juga memiliki desain konsentris lingkaran di bagian cover depannya. Sedangkan untuk bagian body keyboard memiliki tekstur garis yang menawan. Untuk notebook X Series yang sekarang ini memiliki ketipisan 5% dibanding seri X sebelumnya.

Layarnya berukuran 14.0″ 16:9 HD (1366×768) dan sudah tersedia fitur Splendid. Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur komposisi warna yang sesuai dan nyaman untuk dilihat. Ya hampir sama dengan fitur Splendid yang ada di smartphone ASUS.

ASUS X450JB Splendid

 

Kinerja

ASUS X450JB ini ditenagai prosesor Intel Core i7-4720HQ Quad-core berkecepatan 2.6 GHz yang sudah dilengkapi Turbo Boost untuk meningkatkan kecepatan sampai 3.6 GHz. Untuk varian X450JB yang lain menggunakan prosesor Intel Core i5-4200H dual-core 2.8GHz dan juga sudah dilengkapi Turbo guna meningkatkan kecepatan hingga 3.4GHz.

Tentu dengan prosesor seperti itu sudah sangat lancar apabila digunakan untuk kegiatan multitasking dan multimedia.

Karena juga sudah didukung RAM DDR3L (Low Voltage) 1600 MHz SDRAM sebesar 4 GB onboard tapi bisa diupgrade.

Masalah grafis sudah terbenam kartu grafis dari NVIDIA GeForce GT 940M sebesar 2GB DDR3.

Penyimpanan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ASUS X450JB ini memiliki beberapa varian. Setiap varian hanya dibedakan dengan prosesor, RAM dan kapasitas HDD nya.

Ada tiga varian yang ada, yakni X450JB dengan 500GB HDD (5400/7200 RPM), 750GB HDD (5400/7200 RPM), dan 1TB HDD (5400 RPM).

Sangat disayangkan belum disediakan SSD jadi murni 100% HDD. Tapi kalau ingin menggunakan SSD tetap bisa, tinggal ganti DVD-ROM dengan HDD Candy. Googling saja caranya, tapi ingat, kalau masih garansi, perubahan seperti itu bisa menghanguskan garansi.

Fitur & Kelebihan

Notebook dari ASUS ini memang beda dengan yang lainnya. Karena fitur yang diberikannya cukup membantu pengguna, misalnya seperti fitur Instant-On.

Fitur ini menggunakan teknologi ASUS Super Hybrid Engine II yang membuat respon lebih cepat dan notebook siap digunakan dalam 2 detik ketika tombol daya ditekan. Teknologi ini juga berpengaruh pada penggunaan baterai, dimana dapat memilih mode daya yang diinginkan. Misalnya saja menggunakan mode standby selama 2 minggu.

Untuk kualitas suara, notebook ASUS juga cukup mumpuni. Hasil kualitas suara yang didapatkan cukup nyaring dan bening. Hal ini dikarenakan adanya teknologi SonicMaster yang mengoptimalkan kualitas suara. Jadi meskipun mendengarkan lagu langsung dari speaker notebook, hasilnya tetap nyaman untuk didengar.

Adanya fasilitas AudioWizard juga memudahkan pengguna untuk memilih mode suara yang diinginkan dan kebutuhan.

Masalah kelengkapan lainnya, ASUS X450JB ini memiliki beberapa dukungan port seperti COMBO Audio Jack, VGA Port/Mini D-sub 15-pin untuk external monitor, 1 x USB 3.0, 2 x USB 2.0, RJ45 LAN, HDMI dan SD card reader. Sayangnya belum tersedia slot USB type-C.

ASUS X450JB USB 3.0

Nah yang kadang menjadi kekurangan setiap notebook itu adalah kameranya (web cam). Banyak notebook yang kurang memperhatikan kualitas dari web camera, padahal ini cukup penting khususnya di era online sekarang ini.

Tapi di X450JB ini memiliki kualitas web camera yang cukup mumpuni yakni kualitas HD.

ASUS X450JB Web Camera HD

Kenyamanan Mengetik

Desain keyboard yang ada pada notebook ASUS sekarang ini memang cukup baik. Dengan desain yang tidak terlalu menonjol, tapi mampu memberikan akurasi yang tinggi ketika digunakan untuk mengetik.

Ketika digunakan pun rasanya cukup responsif dan tetap nyaman jika digunakan untuk mengetik cepat. Karena tidak perlu penekanan yang tinggi ketika mengetik.

Kesimpulan

Dengan harga sekitar Rp 10 Juta, ASUS X450JB memang sudah memberikan spesifikasi yang mumpuni. Tapi sayangnya belum disediakan beberapa perangkat yang kekinian seperti SSD dan USB type-C.

Jadi antara harga dan spesifikasi yang didapatkan, LhaGeek menilai sudah cukup pas tapi masih kurang sempurna.

sumber Asus

Post Author: S Adi Firmansyah

Selain mengelola blog ini, pria single yang satu ini juga mengelola beberapa blog lainnya, seperti EtalaseBisnis.com - RuangPegawai.com // #TechBlogger

Website - - Twitter - Facebook - LinkedIn - IG