Laptop Untuk Mahasiswa

Sekarang ini mau tidak mau kalau kuliah ya harus punya laptop. Eh bukan keharusan sih, tetapi alangkah baiknya jika punya laptop. Karena mahasiswa sekarang ini tugasnya banyak dan pasti menggunakan laptop untuk mengerjakannya.

Alasan memiliki laptop adalah selain ringkas, juga bisa dibawa kemana-mana. Kalau komputer PC kan paling ya cuma ditaruh di rumah atau kost. Nah, kalau punya laptop bisa buat ngerjain tugas dimana-mana.

Tapi kadang pihak orang tua bingung mau membelikan laptop yang bagaimana. Apalagi jika orang tua tidak paham soal dunia per-laptop-an. Akhirnya cuma nurut sama anak saja. Lhah anak mah pastinya pengen laptop yang keren, yang berujung pada harga laptop mencekik dompet orang tua.

Sebenarnya kalau buat mahasiswa, sekadar untuk mengerjakan tugas, browsing, bikin paper makalah dan lainnya, laptop harga Rp 4 – 5 jutaan sudah cukup.

Nah kali ini LhaGeek ingin berbagi informasi mengenai beberapa laptop Asus harga Rp 5 jutaan yang cocok untuk anak kuliahan.

Lhoh kok Asus min? Pasti di endorse ya sama Asus?

Diendorse Asus? Amiin, semoga ya? Tapi ini bukan kok, ini murni hanya ingin berbagi informasi saja. Pilih Asus soalnya mimin pakai Asus juga, dan memang harga laptop ini yang Rp 5 jutaan banyak. Jadi cocok untuk bahan tulisan ini. hehehe. Next time bakal merek lain kok, tenang saja kalau kamu nggak suka sama Asus.

Ya udah, nggak usah banyak cang cing men, berikut ini beberapa laptop rekomendasi versi LhaGeek.

1. Asus X454YA-BX801T

Asus X454YA

Laptop Asus yang satu ini harganya cukup murah di kelasnya. Hanya sekitar Rp 4 jutaan. Murah kan? Meski murah, tapi spesifikasi yang diberikan sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan anak kuliahan.

Prosesornya menggunakan AMD Quad Core A8-7410 2.2 GHz (2M Cache, up to 2.5 GHz), didukung dengan RAM sebesar 4 GB, bisa diupgrade. Untuk ruang penyimpanan (HDD) sebesar 500 GB saja, udah cukup sih segini. Karena anak kuliahan umum nggak butuh desain-desain (ini yang saya bahas anak kuliahan yang bukan jurusan grafis atau multimedia ya), jadi tidak perlu laptop yang pakai Graphic Card tinggi.

Laptop Asus X454YA ini pakainya VGA bawaan motherboard. Sedangkan sistem operasi sudah menggunakan Windows 10. Ukuran laptop ini 14 inci ya, dan bobotnya sekitar 1.7kg.

Setiap pembelian Asus tipe ini, akan mendapatkan garansi 2 tahun dan bonus tas backpack. Lumayan buat ganti tas kuliah kalau lagi kehujanan.

  • Link pembelian Asus X454YA di sini.

2. Asus X441UV

ASUS X441UV

Kalau Asus X454YA dirasa kurang cocok karena menggunakan prosesor AMD, Asus X441UV ini bisa jadi pilihan lain. Karena prosesornya menggunakan Intel Core i3-6006U dengan RAM 4GB dan kapasitas HDD 500 GB.

Bedanya ini sudah dilengkap VGA Card dari NVIDIA GeForce GT920M dengan memori 2GB. Adanya VGA Card ini sudah mencukupi untuk kebutuhan grafis kecil-kecilan. Biasanya kan mahasiswa suka bikin brosur, banner, dll untuk acara kampus. Lumayan laptop ini.

Karena menggunakan prosesor Intel dan sudah ada VGA Card, wajar jika harganya agak sedikit mahal. Tetapi masih tergolong harga Rp 5 jutaan. Kalau ketika tulisan ini diterbitkan pada Desember 2017, harganya sekitar Rp 5,7 jutaan. Coba cek harganya di link pembelian di bawah.

  • Link pembelian Asus X441UV di sini.

3. Asus X441UA-WX095T

ASUS X441UA

Nah ini laptop sama seperti yang nomor 2. Bedanya yang X441UA ini tidak ada VGA Card. VGA nya pakai Intel HD Graphics. Kalau soal prosesor tetep menggunakan Intel Core i3-6006U (3M Cache, 2.0 GHz) dan RAM 4GB bisa diupgrade (ada 2 slot RAM). Kapasitas harddisk pun juga 500GB.

Ini solusi kalau pengen laptop Asus yang pakai prosesor Intel tapi budget cuma Rp 5 juta lebih dikit. Karena harganya sekitar Rp 5,3 juta saja.

  • Link pembelian Asus X441UA di sini.

Bagaimana, rekomendasikan 3 laptop dulu saja ya. Nanti kalau banyak-banyak dikira promosiin Asus. :D Yang penting kalau cari laptop buat kuliah, yang RAM nya gede, minimal 4 GB. Masalah prosesor mah kalau cuma buat ngetik, browsing, Dual Core udah cukup.

Jadi semoga artikel ini bisa jadi referensi buat kamu yang lagi nyari laptop buat kuliah ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here