DJI Spark
image via DJI Store

LHAGEEK.com – Per 7 Juni 2017 kemarin, DJI Spark telah resmi dirilis di Indonesia. Harga yang ditawarkannya pun cukup menggona yakni kisaran Rp 7 jutaan saja. Dengan harga segitu, kita sudah mendapatkan drone DJI dengan ukuran yang kecil. Bisa ditaruh tas slempang, atau bahkan dikantong.

Meski ukurannya kecil, nyatanya DJI memberikan fitur yang beragam di drone ini. Dan yang menarik lagi, DJI Spark ini telah disetel untuk Ready to go. Yang artinya tanpa menggunakan remote control, DJI Spark bisa terbang langsung dengan bantuan aplikasi DJI GO 4 di smartphone.

DJI-SPARK-intelligent-flight-mode-spark

Seperti yang sudah saya katakan, di DJI Spark ini kaya akan fitur. Terdapat 4 mode terbang yang bisa dicoba di drone mungil ini, berikut mode-mode yang tersedia di DJI Spark.

1QuickShot

Ini adalah mode yang akan memudahkan pengguna dalam merekam video dengan komposisi dan angle yang keren. Di dalam mode ini ada 4 pilihan mode lain, yaitu :

  • Rocket. Pilihan ini akan membuat drone terbang naik namun posisi kamera mengarah ke bawah.
  • Dronie. Pilihan ini akan membuat drone terbang ke belakang dan ke atas sedangkan posisi kamera akan berada pada subjek yang telah ditentukan.
  • Circle. Pilihan ini akan membuat drone terbang mengelilingi subjek (memutar).
  • Helix. Pilihan ini akan membuat drone terbang ke atas dan mengelilingi subjek.

Dari pilihan mode terbang ini saja sudah bisa membuat video footage yang menarik. Apalagi didukung kamera 12 MP yang merekam video kualitas 1080p dan telah dilengkapi 2-axis mechanical gimbal berteknologi UltraSmooth yang akan membuat video tidak goyang.

2TapFly

Kalau ingin terbang sesuai dengan yang pengguna inginkan, maka bisa mengaktifkan mode ini. Keunggulan mode ini adalah drone akan terbang ke tempat yang telah kita tentukan targetnya. Di mode ini ada 2 pilihan, yaitu :

  • Direction. Pilihan ini membuat drone terus terbang ke arah yang pengguna sentuh di layar.
  • Coordinate. Pilihan ini membuat drone akan terbang ke tempat telah ditentukan targetnya. Cukup ketuk di layar maka drone akan menuju titik tersebut.

Apabila menggunakan mode ini sebaiknya perlu melihat posisi drone terutama masalah jarak dan ketinggiannya.

3ActiveTrack

Nah buat yang suka beraktifitas seperti olahraga dan ingin direkam menggunakan drone supaya keren, bisa mengaktifkan mode ini. Di mode ini DJI Spark akan otomatis mengenali objek sesuai dengan gerakannya. Ada dua pilihan di mode ini, yaitu :

  • Trace. Pilihan ini akan membuat drone melakukan pelacakan secara otomatis dari depan maupun belakang objek. Bisa juga mengelilinginya.
  • Profile. Pilihan ini akan membuat drone mengikuti objek namun dari sudut pandang yang sama.

Mode ini cocok digunakan untuk yang suka berolahraga, semisal jogging atau bersepeda.

4Gesture

Ini mode cukup keren. Karena hanya menggunakan telapak tangan saja sudah bisa menggerakan drone ini. Ada dua pilihan di mode ini.

  • Selfies. Pilihan ini cocok untuk yang ingin selfie lewat DJI Spark. Cukup dengan menggerakan kedua tangan dengan bentuk bingkai, maka drone akan melakukan siap memotret pengguna.
  • PalmControl. Pilihan ini akan membuat drone bergerak mengikuti gerakan telapak tangan. Selain itu juga bisa digunakan untuk melakukan lepas landas maupun mendarat di telapak tangan.

Bagaimana cukup keren kan? 😀 Saya saja terpukau melihat mode-mode terbangnya itu.

Fitur Teknologi DJI Spark

Itu tadi mode-mode terbang yang ada di DJI Spark. Lalu mari coba kita lihat fitur dan kelebihan apa saja yang ada di drone mini ini. Berikut diantaranya.

#Mechanical Gimbal Stabilization

DJI spark gimbal-stabilization

Meski drone ini kecil, tetapi untuk masalah kestabilan kamera tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya DJI telah memberikan 2-axis mechanical gimbal berteknologi UltraSmooth yang bakal meminimalisir guncangan yang diakibatkan oleh tekanan angin saat mengudara.

Sehingga kualitas foto dan video akan jauh dari shake atau tremor. 😀

#1/2.3″ Sensor

DJI Spark - sensor

Dari segi kamera, memang bukanlah yang terbaik jika digunakan untuk kebutuhan videografi. Akan tetapi dengan adanya sensor CMOS 1/2.3″ dengan resolusi kamera 12 MP, hasil foto dan video yang sangat mencukupi untuk kebutuhan personal. Apalagi kualitas video sudah 1080p, ya sudah bagus lah untuk sekedar membuat video footage.

#Multiple Shooting Modes

DJI Spark - shooting-mode

Nah untuk mode pemotretan, di DJI Spark ini juga memiliki dua mode foto yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Seperti mode :

  • Pano. Ini mode berfungsi untuk pemotretan panorama baik horizontal maupun vertikal. Jadi sangat cocok untuk memotret landscape atau sekedar foto bersama.
  • ShallowFocus. Berkat teknologi 3D vision, mode ini akan membuat foto dengan efek latar belakang blur (bokeh). Sehingga hasil foto lebih keren lagi.

#Powerful Propulsion

DJI Spark - powerful-propulsion

Pihak DJI sudah mendesain drone mini ini secara matang. Meski ukurannya kecil, tetapi dari desain nya sudah dibuat sedemikian rupa dengan mengutamakan unsur aerodinamis, ringan tetapi mampu stabil di kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Jika kondisi cuaca tiba-tiba berangin kencang, drone ini pun bisa tetap mengudara dengan kecepatan sampai 50 kph di mode Sport.

#HD Wi-Fi Video Transmission

DJI Spark - hd-transmission

Apabila menggunakan remote control, tidak perlu khawatir masalah video yang ditampilkan di layar ponsel. Karena dengan adanya teknologi HD Wi-Fi Video Transmission ini memungkinkan hasil video yang ada di layar bisa menampilkan secara real-time, meskipun drone berada di jarak 2 km.

Akan tetapi jika jarak terlalu jauh seperti itu, kualitas video yang ditampilkan berkualitas 720p. But, it not bad…

Owh ya, yang perlu kalian tahu, untuk paket pembelian drone DJI Spark ini tidak include dengan remote control-nya. Jika ingin mendapatkan remote control, bisa membeli DJI SPARK Fly More Combo.

Untuk paket tersebut, nanti akan mendapatkan :

ITEMDJI SparkDJI Spark Combo
 Remote ControllerNoYes
 Propeller (8 pcs)YesYes
 Propeller Guard (4pcs)NoYes
 Intelligent Flight BatteryYes (1 pcs)Yes (2 pcs)
 ChargerYesYes
 Power CableYesYes
Battery Charging HubNoYes
Micro USB CableYesYes
StorageYesYes
Shouldar BagNoYes
Price Rp 7 jutaanRp 10 jutaan

Itu sekedar informasi saja.

#Stay in the Air

DJI Spark - stay-in-the-air

Mungkin bagi penerbang drone yang baru belajar akan takut jika drone ini menabrak bangunan atau pohon. Jangan khawatir, karena DJI Spark sudah dibekali teknologi fitur Spark Intelligent yang akan menghindari halangan yang ada di depannya dan bisa terus terbang tanpa ada gangguan.

#FlightAutonomy

DJI Spark - FlightAutonomy

Berkat adanya sistem FlightAutonomy, DJI Spark akan terbang dengan aman dan pengguna dapat mendapatkan data yang akurat seperti posisi, ketinggian, dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya Vision Positioning System (VPS), 3D Sensing System, Dual-band GPS, High-precision inertial measurement unit, serta 24 powerfull computing core.

So, ini drone sudah disetel dengan pintar untuk mendapatkan pengalaman yang memudahkan.

#Return to Home

DJI Spark - Return to Home

Seperti pada produk drone DJI yang lain, di Spark ini juga diberikan fitur Return to Home. Fitur ini akan memudahkan drone untuk kembali ke titik awal ketika kondisi baterai sangat rendah, kehilangan sinyal, atau memang pengguna menginginkan untuk kembali dengan menekan tombol Return to home.

***

Jadi itulah beberapa mode terbang dan fitur teknologi yang ada di drone mini DJI Spark. Overall, drone ini bisa dikatakan layak untuk dimiliki melihat dari harga dan fitur yang diberikan. Apalagi ukurannya yang mini membuat kelebihan tersendiri bagi pengguna khususnya yang suka traveling atau sekedar menggunakan drone untuk kebutuhan personal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here