VGA Card
Image via pcgamer.com

Salah satu kelebihan memiliki komputer PC dibanding laptop adalah bisa kita upgrade perangkat kerasnya. Kalau di laptop, paling cuma RAM dan HDD saja yang bisa kita upgrade. Nah, karena bisa leluasa untuk diupgrade, kadang malah membuat kita bingung. Selain itu juga membuat kantong jadi jebol. 😀

Biasanya yang sering pengguna komputer lakukan adalah upgrade VGA Card atau Graphic Card. Karena pengguna kadang ketika membeli atau merakit komputer merasa belum butuh VGA Card eksternal. Jadi hanya menggunakan graphic card yang on board miliknya Intel HD.

Lalu kalau mau upgrade VGA Card, sebaiknya kapan waktu yang tepat?

Kali ini LhaGeek ingin memberikan beberapa tipsnya.

#1 Ketika Kamu Butuh Spesifikasi Komputer untuk Multimedia

Ketika kamu sering menggunakan untuk kebutuhan multimedia seperti desain grafis, render video, gaming, dan aktifitas multimedia yang butuh resource grafis besar, maka sudah saatnya untuk segera upgrade VGA Card.

Karena kalau dipaksakan tentu tidak akan baik. Kasihan prosesornya melakukan tugasnya sendiri. Kalau sudah ada VGA Card eksternal kan untuk urusan grafis ditangani sama VGA Card.

#2 Ketika Spesifikasi Komputer Kamu Seimbang

Ada beberapa VGA card yang hanya bisa digunakan di beberapa spesifikasi tertentu. Misalnya harus menggunakan mobo yang seperti ini, prosesornya seperti itu, dan lain-lain. Jadi semuanya harus seimbang dulu.

Kalau belum nanti malah akan sia-sia ketika di upgrade VGA cardnya.

Sebaiknya kamu baca referensi tentang produk-produk VGA Card. Dia cocoknya digunakan untuk spesifikasi komputer yang bagaimana.

#3 Ketika Kamu Punya Uang

Ini sudah jelas, kalau kamu punya uang maksudnya budget untuk upgrade komputer, maka cobalah untuk membeli VGA Card. Karena cukup penting juga perangkat yang satu ini, terlebih jika aktifitas kamu membutuhkan perangkat ini.

Jadi itu saja waktu yang tepat untuk kamu upgrade VGA card. 😀 Nampaknya artikel kali ini singkat dulu saja ya. Edisi singkat ceritanya. Yang penting kamu bisa tahu kapan harus ganti kartu grafis.

Owh ya, buat yang belum kartu grafis atau VGA Card atau Graphic Card, ini merupakan perangkat keras yang fungsinya untuk memproses tugas-tugas yang berhubungan dengan grafis. Sehingga beban prosesor akan berkurang jika sudah ada graphic card. Secara default (jika belum dipasang VGA Card eksternal), kartu grafis yang digunakan ada Intel HD, itu bawaan dari prosesornya.

Untuk kemampuan Intel HD sendiri ya sangat terbatas dan standar. Kalau untuk kebutuhan desain paling ya yang skala minor. Sedangkan jika digunakan untuk render video, wah kasian komputernya. Oke, segini dulu ya info kali ini. Semoga bisa menambah referensi di dunia komputer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here