Pengguna komputer di Indonesia mayoritas menggunakan sistem operasi Windows. Setelah itu disusul dengan pengguna Linux OS. Tidak masalah ingin menggunakan sistem operasi Windowsn atau Linux, yang terpenting adalah sistem operasi yang digunakan harus dalam keadaan up to date.

Baik Windows OS maupun Linux OS, sudah pasti akan melakukan pembaharuan di sistemnya setiap waktu. Dan itu mengharuskan pengguna untuk melakukan update.

Sayangnya, tidak semua pengguna yang tahu soal hal ini. Mereka bahkan sekadar menggunakan saja tanpa tahu harus melakukan update di sistem operasinya. Nah semoga dengan artikel ini dapat memberikan informasi kepada kamu semua para pengguna komputer untuk melakukan pembaharuan di sistem operasinya.

Karena sangat penting untuk melakukan pembaharuan di sistem operasi komputer kamu. Berikut ini beberapa alasannya.

1. Menjaga Keamanan Komputer

Keamanan pada komputer kamu ini sangat vital,  apalagi jika kamu suka online dan pengguna Windows OS. Masalah seperti virus dan bugs lain tentu tidak ingin kamu alami kan, maka pihak pembuat sistem operasi selalu melakukan pembaharuan untuk menutup celah-celah keamanan yang muncul di sistem operasi.

Tidak hanya Windows OS, Linux pun juga kerap melakukan pembaharuan di sisi keamanannya.

Untuk itu kalau komputer kamu ingin aman, segera lakukan update sistem operasi. Tetapi bagi pengguna Windows “Bajakan” sepertinya tidak bisa melakukan update sistem operasi. Bisa saja sih, tetapi nanti Windowsnya akan perlu re-aktivasi lagi.

Maka dari itu kami sarankan untuk menggunakan sistem operasi Windows yang asli.

2. Kinerja Komputer Lebih Baik

Pihak pengembang sistem operasi melakukan pembaharuan dari segala hal. Tidak hanya masalah keamanan saja, tetapi juga membuat sistem operasi menjadi lebih baik lagi kinerjanya. Misalnya saja di versi sebelumnya ada kinerja yang membuat komputer menjadi lemot, maka dengan dilakukan pembaharuan kinerja bisa kembali normal.

Mungkin jika komputer kamu mulai lemot, bisa saja sistem operasinya masih menggunakan versi lama. Perlu kamu update agar mendapatkan performa yang lebih baik lagi.

3. Mencegah dari Berbagai Masalah

Di beberapa artikel yang saya tulis di blog ini, ada yang menanyakan mengapa laptopnya tiba-tiba mati sendiri padahal kondisi baterainya normal. Saya berasumsi itu dikarenakan ada masalah di sistem operasinya. Biasanya hal seperti ini akan ditemui di sistem operasi Windows ‘Bajakan’, dimana tidak pernah dilakukan pembaharuan.

Wajar jika laptop yang masih baru dan baterai normal, laptop tiba-tiba mati sendiri. Masalahnya adalah di sistem operasinya.

4. Mendapatkan Fitur Terbaru

Ya, salah satu keuntungan dengan melakukan pembaharuan yang rutin pada sistem operasi kamu adalah akan mendapatkan fitur terbaru. Mungkin dari pihak pengembang merasa perlu memberikan fitur terbaru di sistem operasi makanya mereka melakukan update.

Nah, kalau kamu tidak melakukan pembaharuan maka tidak akan pernah mendapatkan fitur terbaru.

Untuk melakukan update sistem operasi sangat mudah. Kamu tinggal masuk ke menu update di pengaturan sistem operasi kamu maka akan bisa langsung melakukan update. Tetapi siapkan dulu koneksi internet yang stabil dan cukup cepat. Karena jika kamu telah lama tidak melakukan update, maka akan membutuhkan waktu yang lama dan tentunya butuh kuota internet yang besar.

Jadi itu beberapa alasan mengapa kamu harus melakukan update pada sistem operasi secara rutin. Btw, kapan terakhir kamu melakukan pembaharuan di sistem operasi komputer yang kamu miliki?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here